Pendidikan

PERGUNU SAMPAIKAN GAGASAN STRATEGIS DIGELARAN INDONESIA STEAM WEEK


www.lampungmediaonline.com – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama bersama organisasi profesi guru lainnya hadir dalam forum Indonesia STEAM week. STEAM singkatan dari science tekhnology engineering art dan math merupakan pendekatan pembelajaran yang disiapkan untuk merespon perkembangan revolusi industri 4.0. STEAM berorientasi pada tingkat pembelajaran high order thinking skill, yang bertumpu pada penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran.

Pergunu sebagai salah satu support penyelenggaraan forum Indoensia STEAM week 2019 mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Eduspec Indoensia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dengan tetap memanfaatkan potensi lingkungan sekitar.

“Pergunu sangat mengapresiasi setiap program yang diupayakan untuk peningkatan mutu pendidikan Indoensia. Apalagi yang berhubungan dengan pengembangan media pembelajaran. Karena di beberapa daerah sarana pembelajaran yang responsif terhadap perkembangan abada 21”. Terang Aris Adi Leksono, Ketua Pimpinan Pusat Pergunu.

Dalam paparan materi yang disampaikan, Aris bependapat pentingnya menyiapkan generasi masa depan Indonesia yang memiliki kompetensi yang kompetitif, baik berbasis hard skill maupun soft skill. Menurutnya, kunci utamanya adalah pada perubahan mainsite guru dalam merima perubahan. Guru yang baik akan menghasilkan generasi masa depan yang baik pula.

“Kunci dari respon terhadap perubahan ini adalah guru. Jika gurunya baik, kompetensinya baik, respon terhadap perubahan pasti akan menghasilkan garasi yang baik pula untuk masa depan bangsa Indonesia. Perubahan adalah sunnatullah, maka merespon dengan mainsite yang positif adalah keharusan bagi guru dan penyelenggara pendidikan pada umumnya, terang Aris yang juga Guru di MTsN 34Jakarta.

Selebihnya, Pergunu berharap pemerintah memberikan perhatian terhadap peningkatan dan pengawalan realisasi anggaran pendidikan nasional secara utuh, sehingga akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan secara merata. “Meningkatkan mutu harus dibarengi dengan peningkatan akses dan sarana dengan mempergunakan anggaran pendidikan secara baik dan benar, serta sesuai sasaran”, papar Aris yang merupakan Dosen di UNU Indoensia

Berikutnya Pergunu berharap peningkatan kompetensi Guru juga harus selaras dengan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan Guru. Sehingga menjadi guru akan menjadi profesi mulia yang dibanggakan, bukan diabaikan.

Hadir bersama dalam kegiatan ini, sejumlah kepala sekolah dan madrasah serta wakil kepala sekolah dan madrasah se-DKI Jakarta. Oraganisasi Profesi Guru yang hadir bersama Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud adalah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Ikatan Guru Indoensia, dan Forum Guru Independen Indonesia.(lis)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top