Geliat Lamtim

Nelayan Lampung Timur Tetap Tolak PT. Sejati 555 Lakukan Penyedotan Pasir Laut


Lampung Timur www.lampungmediaonline.com Warga dan nelayan kuala penet Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur bersikeras menolak akan adanya penambangan pasir laut di areal pulau sekopong dan taman nasional Way Kambas Provinsi Lampung, Selasa 04/12/2018

Pernyataan itu tertuang dalam berita acara pertemuan masyarakat nelayan kabupaten Lampung Timur dengan forkompinda Kabupaten Lampung Timur dan Provinsi Lampung tertanggal 29/11/18.

Kepala Desa Margasari Wahyu Jaya yang sebagai wakil tokoh masyarakat dalam pertemuan tersebut mengatakan, hasil dari kesepakatan pertemuan itu menghasilkan tiga poin yakni 1. Menolak ekploitasi pasir laut di Lampung Timur karena menimbulkan kerusakan lingkungan yang berdampak pada hilangnya biota biota laut serta menimbulkan keresahan masyarakat, 2. Dalam peraturan Daerah Propinsi Lampung Nomor I Tahun 2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil (RZWP3K) Provinsi Lampung tahun 2018 – 2023, tidak mengakomodir kegiatan penambangan pasir laut di perairan Lampung, 3. Masyarakat sepakat meminta pemerintah Provinsi untuk meninjau ulang perizinan (IUP) PT. Sejati 555 Sampurna Nuswantara sesuai dengan kewenangannya.

“selama hasil pertemuan yang disepakati itu di laksanakan saya rasa masyarakat akan tenang” ujarnya.

Menurut Wahyu sejauh ini pihak pemerintah Desa sudah berusaha meredam agar tidak terjadi gejolak yang tidak di inginkan, seperti halnya yang terjadi pada tahun 2016 lalu.

“saya berharap semua pihak dapat menjalankan apa yang telah di sepakati sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat ” tambah dia.

Penolakan masyarakat terhadap penambangan pasir laut yang akan di lakukan oleh PT Sejati 555 Sampurna Nuswantara bukan kali ini saja, sebelumnya pada 11 Agustus 2016 ribuan masyarakat dan nelayan turun kelaut menghalau kapal tongkang yang hendak melakukan penyedotan pasir laut. tidak puas dengan aksi di laut ribuan masyarakat juga melakukan perusakan terhadap rumah milik Asep, Dori dan Kepala Desa Margasari Sunyoto karena dianggap berpihak kepada PT. Sejati 555 Sampurna Nuswantara. (Edi)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top