Geliat Lampura

DPRD Lampura Gelar Rapat Paripurna Pembahasan RAPERDA 3 Usul Inisiatif


Lampung Utara, www.Lampungmediaonline.com-
Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Lampura gelar rapat paripurna pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) 3 (Tiga) Usul inisiatif di aula Dewan setempat. Selasa (04/12/18).
.
Hadir pada rapat tersebut, Bupati Lampura yang di wakili Plh. Sekdakab H. Sopyan, S.P., M.M, Ketua II Herwan Mega, Wakil Ketua III Arnold Alam dan 24 Anggota DPRD Kebupaten Lampung Utara, Forkopimda Lampung Utara atau yang mewakili, Asisten dan Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Kepala satuan Kerja Perangkat Daerah Se-Kabupaten Lampung Utara, Inspektur, Sekretaris DPRD Kab LU, Camat dan Lurah Se-Lampung Utara.
.
Rapat Paripurna Pembahasan RAPERDA Usul Inisiatif dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD Lampung Utara Herwan Mega, S.E. Penyampaian keterangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Utara, mengenai 3 (Tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara yakni :
.
1. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Tentang Penyelenggaraan   Penanganan
Fakir miskin dan anak telantar merupakan bentuk konkrit kemiskinan. Di Kabupaten Lampung Utara masalah fakir miskin dan anak telantar ini merupakan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh, dalam rangka mengurangi beban dan memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak melalui pembangunan inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan untuk mewujudkan kehidupan yang bermartabat.
.
Dibentuknya peraturan daerah tentang penyelenggaraan penanganan fakir miskin dan anak telantar ini selain untuk menjawab usaha menanggulangi dan mengentaskan kemiskinan, pada hakekatnya adalah memperbaiki taraf hidup mesyarakat miskin dengan tujuan menjamin perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar fakir miskin dan anak telantar, mempercepat penurunan jumlah warga miskin, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penangulangan fakir miskin dan anak telantar, menjamin konsistensi, intergrasi, sinkronisasi dan sinergi dalam penanganan fakir miskin dan anak telantar, menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan perpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.
.
Disamping itu dengan adanya peraturan daerah ini, menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat.
.
2. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen
Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum memberi perlindungan kepada konsumen, baik orang perseorangan atau badan usaha, dalam berbagai bidang ekonomi kehadiranya telah memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan kemudahan.
Secara umum.
.
Secara umum dan kebanyakan pelaku usaha saat ini memang telah berusaha memberikan pelayanan terbaik, akan tetapi disisi lain, tidak sedikit pula pelaku usaha yang beritikad kurang baik dalam melakukan kegiatan usahanya. Misalnya pelaku usaha memproduksi dan atau memperdagangkan barang atau jasa yang tidak memenuhi sesuai dengan standar dan persyaratan ketentuan peraturan Perundang-undangan. Tidak sesuai dengan berat bersih. Isi bersih atau netto dan jumlah dalam hitungan sebagaimana yang dinyatakan dalam label atau etiket barang tersebut tidak sesuai dengan ukuran, timbangan dan jumlah dalam hitungan menurut ukuran yang sebenarnya.
.
3. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Tentang Pedoman Pemberian Nama-Nama Jalan dan Sarana Umum
.
Nama jalan dan sarana umum mempunyai implikasi yang besar terhadap hak masyarakat. Nama jalan adalah identitas yang membedakan antara jalan yang satu dengan jalan yang lain. Sedangkan sarana umum adalah sarana yang dibangun dan memiliki atau dikuasai oleh pemerintah daerah yang dipergunakan untuk kepentingan masyarakat.
.
Pemberian nama jalan dan sarana umum di Kabupaten Lampung Utara pada hakekatnya untuk memberikan kemudahan memperoleh informasi dan transportasi dan mengidentifikasikan suatu jalan dan serana umum sehingga mudah untuk dikenali dan dicantumkan dalam peta jalan. Sebagai sarana penting dalam penulisan alamat surat, kartu tanda penduduk dan identifikasi atau keperluan lainya.(Ksf)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top