Pendidikan

UM Lampung Konsolidasi Jurnal Akademik

Suasana rapat konsolidasi penerbitan jurnal akademik UM Lampung, Selasa (2/10/2018). Foto: Muzzamil

Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung Dr. Dalman, M.Pd., membuka rapat konsolidasi penerbitan jurnal akademik bagi pemangku civitas akademika, di Meeting Room B2, lantai dua gedung utama kampus, Labuhanratu, Kedaton, Bandarlampung, Selasa (2/10/2018) lalu.

Dalman didampingi pimpinan rapat, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik Dr. Any Nurhayaty, M.Psi., dan Warek II, pada konsolidasi yang diikuti ketua program studi (prodi) 5 fakultas kampus yang terus berbenah menaja diri jadi enterpreneur university itu.

Terungkap sejumlah kendala, peluang, dan alur resolusi kebijakan kampus untuk mengejar target penerbitan jurnal akademik dan sistematika kerjanya.

Menurut Warek I UM Lampung, selain persentase komposisi 60:40 agar jurnal diakui, para dosen peneliti disarankan membangun, memfungsikan diri jadi komunikan aktif, serta memaksimalkan jejaring relasi untuk saling bertukar artikel jurnal internasional.

Terlebih, nyaris penerapan jurnal internasional, kini rerata telah berbasis online, misal yang diberlakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Juga, jurnal bagian syarat formil pemeringkatan akreditasi harus diterbitkan universitas, bukan oleh prodi. “Lebih bagus lagi, kalau penerbitnya itu langsung asosiasi profesi, malah poinnya 4,” timpal Muslim, dosen peneliti.

Secara bertahap, UM Lampung akan mengurai detail kendala penerbitan jurnal ini, dengan pelibatan tambahan masing-masing dua dosen peneliti dari seluruh prodi.

Untuk eksternal, Warek I secara bijak memberi assesment, upaya penerbitan dilakukan antarsesama prodi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia terlebih dulu.

Diwawancara usai rapat, Warek I menerangkan, pihaknya sudah punya jurnal OJS, dimana menjelang akhir tahun ini sudah terbit satu volume edisi.

“Kita akan push semua kaprodi untuk dalam akhir tahun ini telah memunyai jurnalnya sendiri. Kami optimis,” terang dosen psikologi terkemuka ini, ramah.

Selanjutnya, finalisasi hasil konsolidasi disepakati akan dibahas detailingnya pada rapat Senin, (8/10/2018) mendatang. [red/mzl]

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top