Ekonomi

TDM DIPONEGORO : “ Ayo Cintai & Kenakan Batik Dengan Bangga ”


Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN ataupun Non-BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik. Oleh karena itu TDM Diponegoro ikut serta dalam menjaga kelestarian Batik dengan mewajibkan karyawan mengenakan Batik di hari ini (2/10/2018).

“ Hari Batik Nasional sudah sepatutnya menjadi momentum untuk membudayakan dan melestarikan warisan budaya asli Indonesia” ungkap Anfauzi selaku Kepala Cabang. Berdasar informasi yang dilansir dari situs UNESCO, bahwa teknik, simbolisme dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

“Sekarang orang pakai batik hampir sama aja. Kalau dulu kan begitu orang memakai pakaian, pejabat dengan masyarakat itu kan beda. Kalau sekarang masyarakat ya pakai batik, pejabat pakai batik. Sehingga ini bagus untuk bangsa ini,” tambah Sisca selaku Admin Head. Dengan demikian, menurut Sisca, batik juga sudah menunjukkan identitas bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang sedang tumbuh menjadi bangsa yang besar dan tidak lagi terjebak sebagai bangsa kelas menengah. Dengan semakin mendunianya batik, kita tidak khawatir jika negara lain ikut menggunakan batik.

“Bagaimanapun kita sudah menjadi leader di dalam batik. Dan itu sudah diakui dunia bahwa batik milik kita. Kalau kemudian negara-negara lain menggunakan batik, ya bagus bagus aja, yang pasti ayo kita cintai dan kenakan batik dengan bangga” ujar Anfauzi saat mengakhiri wawancara.(lis/red)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top