Geliat Tulang Bawang

Lagi…. RSUD Menggala Mendapatkan Teguran Keras


Tulangbawang, LM

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala lagi lagi mendapakan surat teguran keras dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah Tulangbawang,  terkait limbah B3 yang tidak dilakukan sesuai SOP.

Berbeda pada seminggu sebelumnya,  Dinas Kesehatan juga telah menayangkan surat teguran,  atas kelalaian pihak RS di dalam mengelola limbah medis dan limbah cair yang diketahui sangat melanggar SOP tentang Peraturan Pemerintah No 101 Tahun 2014 tentang pengelolaan Limbah B3.

Dalam surat edaran yang dilayangkan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD)  ke RSUD Menggala terdapat tiga point yang ditemukan dilokasi saat Tim melakukan pembinaan, ke RS pada beberapa hari yang lalu.

Adapun diantaranya 1, RSUD sudah mempunyai tempat penyimpanan sementara limbah (TPS) B3 dan sudah memiliki ijin tempat penyimpanan sementara limbah B3 yang akan habis masa berlakunya pada 14 Desember 2018.  Yang ke 2,. RSUD Menggala telah melakukan kelalaian dalam menjalankan SOP limbah B3, kemudian RSUD Menggala sudah mempunyai instalasi pengelolaan air limbah (IPAL)   akan tetapi berberjalan Optimal.

Ketua LSM LPPD Tulangbawang,  Aliyanto, ” jika Dua Dinas ini sudah nyatakan ada pelanggaran dan kelalaian yang dilakukan RSUD Menggala,  seharusnya ada sanksi tegas yang diberikan,  bukan sekedar teguran ataupun edaran,  yang diberikan kepada RSUD tersebut, ” ujarnya

” Didalam persoalan limbah ini,  sudah jelas UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mengatur rumah sakit yang tidak mengelola limbah sesuai ketentuan bisa terkena denda minimal Rp 1 miliar hingga Rp 3 miliar dan penjara minimal 1 tahun hingga 3 tahun.

Dan sebelum sanksi diterapkan harus ada teguran hingga pencabutan izin lingkungan yang bisa memberhentikan operasional rumah sakit, nah sudah jelas pidananya, “.cetusnya.

Menurut Aliyanto,  dalam waktu dekat ini jika dinas dinas terkait tidak memberikan sanksi tegas terhadap RSUD Menggala,  kmi akan segera mengadukan persoalan dan temuan ini ke ranah hukum,  khususnya ke pihak Kepolisian.

Ditempat terpisah,  Sekda Tulangbawang Antony menghimbau kepada Satker terkait agar dapat meningkatkan kinerjanya secara maksimal dan konstruktif agar kedepan jangan lagi ada kelalaian seperti ini,  dengan kejadian ini Antony meminta ,”Diskes dan DLHD, kedepan lebih peka dengan Tupoksinya,  karena ini merupakan amanah yang wajib di lakukan, dan saat diberikan jabatan itu di angkat sumpah, ” ungkapnya ( Edy Kanter)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top