Geliat Tulang Bawang

Aliyanto: Tulangbawang Darurat Limbah B3


Tulangbawang, LM

Ketua (LSM) Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Peduli Pembngunan Daerah (LPPD) Tulangbawang menyatakan Tulang bawang berada dalam keadaan Darurat limbah B3  dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Menurut Aliyanto keadaan ini diperkuat saat ia investigasi di beberapa RS yang ada di Tulangbawang , beberapa bulan yang lalu,  seperti RS Mutiara Bunda dan RSUD Menggala  belum lama ini,  yang diketahui telah membuang limbah medis yang tidak sesuai dengan SOP .

” Belum lama ini juga saya melihat di beberapa Puskesmas  yang ada di Tulangbawang telah melakukan hal yang sama yaitu membuang sampah medis bukan pada tempatnya bahkan dibakar bersamaan dengan limbah rumahtangga,” ujarnya.

Ditambahknya, ” menurut saya sudah wajar jika saya nyatakan Tulangbawang darurat limbah B3, karena ini sesuai fakta dilapangan yang saya liat langsung,  bahkan pihak pihak terkaitpun ( Diskes dan DLHD)   sudah mengeluarkan surat teguran terhadap beberapa RS yang telah Melanggar SOP, ” ucapnya.

” Namun saya amat menyayangkan dinas dinas terkait yang hanya memberikan surat teguran tanpa ada sangsi yang tegas kepada RS dan Puskesmas yang melanggar SOP tersebut sehingga ini dapat menimbulkan persepsi negatif bagi masyarakat ,” ujarnya.

Menurut Aliyanto,  dia sangat berharap kepada Pemerintah Daerah agar dapat menyikapi persoalan ini dengan serius,  tuk memanggil dinas dinas terkait agar lebih peka karena limbah B3 ini sangat bercaun dan tidak baik bagi kesehatan  masyarakat ( Edy Kanter)

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top