Geliat Lamsel

Salut.. Mahasiswa STAI Yasba Kalianda Sukses Helat Nikah Masal


Lampung Selatan, www.lampungmediaonline.com – Kegiatan sejumlah mahasiswa STAI Yasba Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) patut di apresiasi.

Bahkan, kegiatan yang hanya dilakukan oleh 7 mahasiswa ini dapat menjadi contoh bagi seluruh kalangan. Kegiatan itu yakni, mengadakan nikah isbat secara masal bagi masyarakat kurang mampu.

Siang tadi, Kamis (20/9), mereka dapat menikahkan 25 pasang perkawinan dari Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Lamsel di Pengadilan Agama (PA) Kalianda.

Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Herita Nurjanah menerangkan, kegiatan itu bermula dari pengeksplorasian sebagian masalah yang ada di pedesaan.

Ia menceritakan, saat pihaknya melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pulau Jaya beberapa waktu lalu, tim-7 KKN STAI Yasba Kalianda mendapat temuan persoalan pada masyarakat.

Yakni, di desa tersebut terdapat puluhan pasang suami istri yang telah puluhan tahun menikah namun tidak memiliki buku atau dokumen nikah.

“Mengingat pentingnya soal dokumen kependudukan, buku nikah adalah syarat utamanya. Karena itu, kami menanggapi persoalan ini sebagai kasus yang serius. Menurut kami, ini diperlukan adanya solusi,” ujar Herita, mahasiswi semester 8, jurusan managemen pendidikan islam ini.

Perempuan yang juga aktif dalam sejumlah organisasi ini juga mengatakan, permasalahan itu menjadi PR baginya dan rekan-rekan. Karenanya, hingga saat ini mereka dapat mewujudkan solusi bagi pasangan suami istri untuk mendapatkan surat nikah dengan gratis.

“Perjalanannya lumayan panjang dan dinamis. Ini memang kegiatan pertama kalinya kita lakukan, bahkan di Lamsel ini juga kegiatan perdana. Kami mengucap syukur, kegiatan ini dapat terlaksana, tentunya juga dengan dukungan dari sejumlah stakeholder. Terkhusus, kami ucapkan terimakasih untuk Pemerintah Desa Pulau Jaya, yang membantu dari proses hingga kegiatan yang sukses,” sambung gadis berkerudung ini.

Ia menambahkan, kegiatan nikah isbat masal ini juga dilakukan tidak juga dengan proses yang mulus. Bahkan, sejumlah permasalahan ditemukan dalam proses terlaksananya kegiatan ini. Diantaranya, kegiatan mereka ini dimanfaatkan sebagian oknum untuk mencari keuntungan.

“Ya, diantaranya untuk mengurus berkas masih ada pihak yang mempersulit jalannya proses untuk kegiatan ini. Bahkan, ada juga pihak yang meminta bayaran meski tujuan kami adalah membantu persoalan dikalangan masyarakat,” ketusnya.

Terlebih, ia tetap mengadakan kegiatan ini tanpa pungutan biaya dari peserta nikah. Caranya, 7 mahasiswa itu berusaha keras membuat proposal bantuan untuk diajukan ke sejumlah instansi, baik negeri ataupun swasta.

“Kami tetap menggratiskan, karena itu kami berupaya mengumpulkan dana dari proposal. Alhamdulillah, belasan juta dapat kami kumpulkan dan dapat mensukseskan kegiatan ini,” katanya seraya curhat.

Herita menegaskan, kegiatan ini bukan merupakan kegiatan pertama dan terakhir bagi para mahasiswa STAI Yasba Kalianda itu. Kedepan, mereka juga bakal mengadakan kegiatan yang sama dengan sekup yang lebih besar.

“Kalau yang sudah terlaksana ini hanya sekup satu desa. Kedepan kita upayakan untuk sekup kecamatan. Mungkin nanti kami bakal menggunakan suatu badan resmi agar kegiatan kita ini mempunyai landasan yang berlegalitas,” ucapnya.

Herita berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel dapat mendukung kegitan mereka. Sehingga, seluruh stakeholder dapat mempermudah proses.

“Yang kami harap, pemerintah memfasilitasi kegiatan kami ini. Agar, masyarakat Lamsel dapat mewujudkan tertib dokumen administratif,” tutupnya. (Doy)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top