politik

Partai Garuda Ajukan Sengketa Putusan KPU ke Bawaslu Lamsel “Right To Vote And Right To Be Candidate”

Foto:Ketua Pengurus Partai Garuda Lampung Selatan sedang upaya perjuangkan hak dipilih calegnya terhadap putusan KPU ke Bawaslu Lamsel,Senin (24/09).

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com-Pengurus Partai Garuda Kabupaten Lampung Selatan mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).Senin (24/09/2018) pagi.

Diketahui kedatangan pengurus DPC Partai Garuda Lampung Selatan tersebut berkonsultasi ke Bawaslu Lamsel,terkait belum menyerahkannya laporan awal dana kampaye (LADK) dan rekening khusus dana kampaye ke KPU Lampung Selatan hingga batas waktu yang telah ditetapkan pukul 18.00 Wib.Minggu (23/9/2018).

Ketua DPC Partai Garuda,Zulhaidir S.Pd mengatakan bahwa pihaknya sedang upaya perjuangkan hak dipilih calegnya terhadap putusan KPU Lamsel Nomor 127/BA/IX/2018 tentang penutupan penerimaan laporan awal dana kampaye pada pemilihan umum anggota DPRD danTim Kampaye Paslon Presiden serta Wakil Presiden tahun 2019.

“Kami akan ajukan sengketa atas putusan KPU Lamsel yang dinilai merugikan partai garuda serta meminta Bawaslu untuk memediasi atau mencari penyelesaian yang bijak melalui musyawarah antara Garuda dengan KPU atau Bawaslu mengambil keputusan sendiri”katanya.

Zulhaidri menuturkan, bahwa pihaknya sudah berupaya melengkapi berkas yang dimintakan KPU dan segera diserahkan.

“Sebetulnya semua berkas sudah beres semua,hanya waktu saja saat menyerahkan berkas ke KPU diperjalanan macet.Apalagi dengan jarak tempuh dari kecamatan katibung ke kalianda”tuturnya.

“Kami menyakini akan dapat mengikuti pemilu 2019 dan pengajuan sengketa ini akan beres”ujarnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Lamsel Fakharul Rozi SE mengatakan,pihaknya telah menerima dan akan dilakukan upaya- upaya hukum sebagaimana yang diatur oleh undang-undang.

“Dalam waktu dekat ini kita akan jadwalkan mediasi antara kpu dan partai garuda”katanya.

“Proses ini akan berhenti pada mediasi ketika kesepatan yang diambil tidak bertengangan dengan perundangan yang berlaku” tandas Rozi yang didampingi Komisioner Bawaslu Lamsel Iwan Hidayat.

Sebelumnya Komisioner KPU Lampung Selatan Mislamudin mengungkapkan,selain Partai Garuda terapat dua Parpol lagi yang belum menyerahkan LADK ke KPU.Yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP),Partai PKPI dan Partai Garuda.

“PPP dan Garuda belum menyerah LADK ke KPU,sementata PKPI, kan memang tidak mengajukan daftar caleg sama sekali,” ungkap Mislamudin. Minggu (23/9/2018).

Mislamudin menjelaskan bahwa parpol peserta pemilu 2019 bisa dibatalkan sebagai peserta pemilu diwilayah yang bersangkutan jika tidak menyerahkan LADK dan rekening khusus kampanye.

Sementara itu, sebanyak 13 parpol dinyatakan telah mendapat tanda terima penyerahan LADK dan rekening khusus dari KPU Lampung Selatan.

Ke-13 parpol itu antara lain Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Berkarya, Partai Gerindra, PDIP, PKB, Golkar, dan Perindo.
Lalu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Hanura.(Sior)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top