Geliat Tulang Bawang

DLHD Tuba Segera Tinjau Limbah Medis RSUD Menggala


Tulangbawang– (LM)

Setelah sebelumnya ditemukan dugaan penyalah kelolaan limbah bahan berbahaya beracun (B3) yang tidak sesuai SOP oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala, Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tulangbawang memberikan keterangan.

Melalui Sekertaris DLHD Kabupaten Tulangbawang, Restu, didampingi Kasi Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, menerangkan pihaknya akan melakukan cek ke lokasi RSUD Menggala serta mengecek lokasi penyimpanan limbah B3.

“Artinya, perlu dikaji baik dari Dinas Kesehatan dan DLHD atas ditemukannya tumpukan limbah medis tidak pada tempatnya bahkan terjadi pembakaran limbah medis RSUD Menggala yang disinyalir tidak sesuai dengan SOP,” jelasnya. (19/09/2018)

Lebih lanjut Restu mengatakan bilamana positif ada temuan kami tentang kesalahan fatal yang dilakukan pihak rumah sakit, dalam mengolah limbah medis yang tidak sesuai Permen LHK Nomor 56 Tahun 2015 tentang Tatacara dan Persyaratan Tehnis Pengolahan Limbah B3 dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan, yang jelas mengatur pengelolaan limbah medis.

“Kita akan koordinasi dengan RSUD dan Bupati Tulangbawang terkait adanya indikasi pengelolaan limbah medis yang tidak sesuai SOP apa petunjuk pimpinan,” terang Restu.

Restu menambahkan bila mengacu Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor 1204 Tahun 2004 yang menjelaskan persyaratan pengelolaan limbah medis seperti Limbah Medis Padat yang terdiri dari limbah infeksius, limbah patologi, limbah benda tajam, limbah farmasi, limbah sitotoksis, limbah kimiawi, limbah radioaktif, limbah kontainer bertekanan, dan limbah dengan kandungan logam berat yang tinggi harus dilakukan melalui proses mengurangi bahan (reduce), menggunakan kembali limbah (reuse), daur ulang limbah (recycle), serta pemusnahan limbah dengan menggunakan incenerator.

“Lebih lanjut, Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun menegaskan bahwasannya limbah medis merupakan salah satu limbah yang dikategorikan berbahaya dan beracun,” tutup Restu. (Edy Kanter)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top