Lampung Sai

PHK Sepihak, Ratusan Anggota FSBKU Demo PT. SBB dan Dealer Yamaha


Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Bela dua rekanya yang dinilai di PHK sepihak oleh Perusahan ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Karya Utama (FSBKU) Wilayah Lampung gelar Aksi Unjuk Rasa (Demo).

Aksi FSBKU ini mersepon persoalan dugaan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta intimidasi yang dilakukan oleh dua perusahaan terhadap ketua serikat pekerja yang dilakukan oleh PT. Sumber Batu Berkah (SBB) dan Dealer Yamaha di PT. Lautan Teduh.

“Pekerjakan Kembali Saudara Harun di PT. Sumber Batu Berkah, Perbaiki Sistem Kerja di PT. Sumber Batu Berkah, Berikan semua hak-hak pekerja di PT. Sumber Batu Berkah Sesuai Dengan Peraturan Perundang-Undangan yang Berlaku, Usut Tuntas Perbudakan Modern Di PT. Sumber Batu Berkah” kata Yohanes Joko Purwanto Koordinator Aksi dalam rilisnya Kamis (5/7)

“Pekerjakan Kembali Saudara Andri Meirdiyan di PT.Lautan Teduh, Hentikan Intervensi dan Kriminalisasi Kepada Pekerja Yang Berserikat, Hentikan Upaya Pemberangusan Serikat Pekerja /Union Busting, Boikot Produk Perusahaan Yang Memperbudak Pekerja, Hapuskan Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing, UMK dan UMP 100% KHL, Cabut PP No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, Cabut UU No.02 Tahun 2017 Tentang Organisasi Masyarakat” Tambahnya.

Aksi yang dimulai sejak pukul 09:00 wib ini menggeruduk tiga titik aksi yakni, PT. Sumber Batu Berkah (SBB) dan Dealer Yamaha di PT. Lautan Teduh dan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Lampung.

Sementara itu Ketua Divisi Advokasi FSBKU Provinsi Lampung, Reynaldo Sitanggang, yang dilangsir dari halaman kubaca.net menjelaskan bahwa pemecatan secara sepihak sebagai upaya pelemahan dan pemberangusan serikat.

“Pemecatan ketua serikat di dua perusahaan ini terindikasi untuk memberangus serikat pekerja, belum lagi intimidasi yang dilakukan oleh pihak management, semakin menguatkan dugaan kami dan tentunya melanggar undang-undang tentang serikat pekerja, tuturnya.”

Pemuda yang akrab disapa Aldo ini pun menjelaskan bahwa tindakan perusahaan tersebut merupakan tindakan pidana.

” Jika terbukti melakukan pemberangusan serikat, pimpinan perusahaan bisa terkena pidana 1 sampai 5 tahun atau denda Rp. 100.000.000 hingga Rp. 500.000.000, tutupnya.”

Dalam aksi massa ini turut bersolidaritas beberapa organisasi mahasiswa seperti Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Lampung, Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) dan Organisasi Buruh FSP2KI-Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI).(zul)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top