Geliat Tanggamus

Lestarikan Kesenian Tradisional Lampung Pesisir


Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Hiburan pesta pernikahan masyarakat yang sangat ditunggu dan disambut penuh dengan suka cita, dari anak-anak hingga orang dewasa. Hiburan yang tersedia pun beragam mulai dari hiburan khas masyarakat setempat hingga hiburan yang modern, satu hal yang sama yakni tujuannya sang pemilik hajat ingin berbagi kebahagiaannya dengan membuat masyarakat terhibur.

Berbagai kesenian tradisional masyarakat Lampung,seperti tari tarian lampung, sampai saat ini masih tetap eksis khususnya di pekon Wayliwok.

Hal ini terbukti dengan pertunjukan beragam tari tarian yang berlangsung pada acara pernikahan di Dusun 2 gang telu muakhi Pekon Wayliwok kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus.

Ditengah-tengah gempuran hiburan modern lainnya, salah satunya orgen tunggal, namun persembahan tari tarian lampung tetap ada pada saat ini dan tidak kalah bersaing dengan beragam hiburan yang baru.

Salah satunya sanggar tari di pekon (desa) ini adalah sanggar tari kumbang dibbi, yang di dirikan pada tahun 2016 lalu, untuk membimbing dan mengajarkan kalangan anak anak tari tarian adat lampung dan tak jarang sanggar tari ini di undang oleh masyarakat sekitar bahkan pekon lain, beragam tari tarian lampung yang di suguhkan untuk menghibur para kuakhi (pihak besan) saat acara pesta pernikahan.

Sanggar tari kumbang dibbi di bawah asuhan ibu Masroh, sangat di gemari kalangan masyarakat sekitar, selain tari tariannya yang beragam serta kekompakan anak asuhnya yang penuh dengan semangat tak heran jika warga yang menonton berantusias untuk menyawer.

“Sanggar tari kumbang dibbi sudah 2 tahun berjalan,alhamdulillah walau fasilitas seadanya anak anak masih semangat untuk belajar demi memajukan sanggar tari ini, bsaya juga berusaha untuk menggali potensi anak anak agar kesenian tari lampung tidak punah” Ujar Masroh saat di wawancarai usai acara persembahan tari pulipang di pesta pernikahan warga.

Hal yang sama dikatakan Dedi yang sangat mendukung dengan melestarikan seni budaya Lampung demi mempertahankan seni budaya bangsa yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Kesenian tradisional yang ada di negara kita tetap dipertahankan dan dilestarikan, termasuk kesenian tari Lampung. Sebab, kesenian tradisional merupakan aset seni budaya bangsa Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia wajib melestarikan seni dan budaya yang telah diwariskan nenek moyang kita,” ujar Dedi selaku ketua pemuda karang taruna di Pekon Wayliwok kepada awak media saat menonton persembahan tari lampung di pesta pernikahan warga setempat.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, “Semoga hiburan tradisional tetap dilestarikan untuk menghibur masyarakat, sehingga anak cucu kelak tetap dapat turut terhibur dengan hiburan pesta rakyat dan seni budaya peninggalan nenek moyangnya, agar tidak hilang ditelan zaman serba canggih sekarang ini” Ujarnya

Dedi pun berharap, demi melestarikan kebudayaan seperti tari-tarian adat Lampung yang hampir punah seperti sekarang ini agar pemerintah setempat khususnya di Kabupaten Tanggamus memperhatikan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Tanggamus.(man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top