Geliat Metro

Disdikbud : Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi


Metro, www.lampungmediaonline.com Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ria Andari melaporkan bahwasanya, penerimaan peserta didik baru di Kota Metro melalui tahun ini berdasarkan sistem zonasi.

Hal ini diungkapkan dalam rapat koordinasi pemerintah Kota Metro yang berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro,Senin (09/07/2018).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ria Andari menjelaskan bahwa penerimaan peserta didik baru tahun ini sesuai berdasarkan sistem zonasi.

“Dimana dari sistem ini, kita ingin meratakan pendidikan di Kota Metro, tidak hanya terpusat pada SD dan SMP favorit saja.  Sistem zonasi itu sendiri yaitu, lokasi tempat tinggal berdekatan dengan satuan pendidikan yang bersangkutan berdasarkan jarak, hal ini telah ditetapkan oleh kami,” ungkap Ria Andari.

Tambahnya, Ria Andari menegaskan bahwa, jika orang tua murid tetap ingin menyekolahkan anaknya ke sekolahan yang diinginkan, maka harus menggunakan sistem prestasi. “Berkenaan dengan ini, saya ingin informasi kan mengenai pendaftaran sekolah, untuk tingkat SD pada tanggal 5 – 9 Juli 2018 melalui sistem manual. Sementara tingkat SMP pada tanggal 7 – 12 Juli 2018 melalui sistem online,” paparnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan penerapan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru pada tahun ini menghadapi sejumlah hambatan.

“Hambatan yang mengemuka masih banyak daerah yang sepenuhnya belum mengadopsi peraturan menteri tentang zonasi,” kata dia di Padang, Sumatera Barat, Jumat (6/7) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan secara umum semua pihak relatif sudah menjalankan ketentuan tentang zonasi, kendati masih ada beberapa yang belum menerapkan.

“Ini yang perlu dibenahi karena masih ada yang belum bisa menafsirkan peraturan secara tepat dan ada juga kondisi daerah yang belum memungkinkan untuk diterapkan sistem zonasi secara penuh,” kata dia. (Rud/Put)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top