Pendidikan

Book Review Oleh Windasari


REVIEW BUKU PELAYANAN PUBLIK

Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Azaz-Azaz Manajemen Yang Dibina Oleh Hayat SAP, M.Si

Oleh: 2 C

Windasari 21701091103

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA

2018

 

REVIEW PELAYANAN PUBLIK

Judul  buku : Manajemen Pelayan Publik

Penulis : Hayat, S.AP., M.Si.

Penerbit : Rajawali Pers

Tahun Terbitan : 2017

Jumlah Halaman : 203

 

Buku ini terbit pertama kali pada tahun 2017. Dimana didalam buku ini sudah banyak  kata-kata yang masih sulit untuk dipahami sepertihalnya pada bab 1 di latar belakang ada kata sepertin” ada kolerasi dan kohesi yang saling berkaitan antara penyelenggaraan pemerintah dengan pelayanan yang diberikan” seperti kata kolerasi dan kohesi tak banyak orang yeng mengetahui artinya apalagi orang yang baru memulai membaca buku dan termasuk saya. dan masih banyak lagi kata-kata yang tidak saya pahami di dalam buku manajemen pelayanan publik ini.  Namun setelah saya baca-baca ternyata kata-kata asing yang saya tidak tau artinya itu di halaman belakang terdapat kata- kata tersebut beserta artinya.

Buku yang berhalaman 203 ini sangat menari untuk di baca apalagi buku ini menjelaskan tentang pelayanan pemerintah terhadap masyarakat. Bukuini juga bisa menjadi panduan para apratur negara untuk melayani masyarakatagar mereka tau apa fungsi dan tujuan dari pelayan publik tersebut. Buku ini menjelaskan pelanyanan publik secara jelas dan di jelaskan tentang per bab yang dapat mempermudah pembaca dalam memahaminya seperti halnya bab per bab  yang sedikit saya rangkum tentang penjelasan manajemen pelayanan publik

Pelayan publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggaraan pelayanan publik. Pelayanan publik dilakukan oleh apratur-apratur negara yang  bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan  meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Pada dasarnya apratur negara harus dapat memenuhi kebutuhan masyrakat bukan kebutuhan secara individual akan tetapi kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap masyrakat, dimana masyarakat berharap apratur negara bisa memenuhinya dan melayaninya dengan baik dan penuh tanggunga jawab, masyarakat akan merasapuas jiak pelayanan apratur negara yang diberikan dilakukan secara professional sesuai yang ada dalam undang-undang. Apratur merupakan pelaksana teknis yang mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan fungsi yang melekat pada dirinya, tetapi yang mempunyai wewenanglah yang dapat mempengaruhi perubahan atau perbaikan pelayanan itu sendiri.

Dalam mengoptimalkan pelayanan publik terdapat beberapa factor diantaranya kepemimpinan. Kepemimpinan merupakan penggerak dalam sebuah organisasi. sebuah organisasi tanpa seorang pemimpin tidak akan berjalan lanjar dimana pemimpin tersebut merupakan panutan bagi setiap bawahannya. sebuah pelayanan akan berjalan secara baik jika sistem kepemimpinannya dikelola secara baik oleh pemimpinnya. dimana seorang pemimpin mempunyai kewenangan penuh terhadap organisasi yang dipimpin. Seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi bawahannya agar melakukan sesuatu sesuai yang pemimpin inginkan. pemimpin tidak nya mempengaruhi bawahan tapi seorang pemimpin juga harus mampu memotivasi bawahannya agar memberikan pelayanan yang baik yang sesuai dengan yang diinginkan. Budaya organisasi, budaya organisasi merupakan kebiasaan kebiasaan yang dilakukan oleh organisasi dalam melakukan tugas dan fungsinya untuk membedakan dengan organisasi yang lain. sepertihalnya budaya kerja yang disiplin, tertib, sopan, akuntabel,berkarakter, trasparan, profisional dan bentuk budaya lainnya. Faktor kelembagaan, merupakan sebuah wadah dalam menjalankan pelayanan publik. Dimana kelembagaan menjadi sangat penting dalam pemeberian pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam kelembagaan biasanya disebut organisasi diamana organisasi merupakan suatu wadah yang dikelola oleh dua orang atau lebih yang dilakukan secara bekerjasama untuk mendapatkan tujuan yang di harapkan. Organisasi merupakan tempat dimana perpses pelayanan dilakukan, dimana di dalam organisasi terdapat visi, misi, tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tata kerja, merupakan pengatur jalannya proses pelayanan. Dimana setiap individu dalam organisasi tidak hanya mengetahui tugas dan fungsi dirinya mengerjakan apa, tetapi mengetahui tugas pokok dan fungsi sebuah organisasi agar saling bekerjasama dalam memberikan pelayanan secara baik dan professional, dengan demikina tatakerja menjadi sangat berpengaruh terhadap pelayanan publik. Standar pelayanan, merupakan kecepatan dan keprofesionalan  layanan yang diberikan. Hal ini diperlukan sebagai upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam menerima layanan. Dalam pelayan ini tidak ada yang namanya pilih kasih atau pilih pilih dalam melam melayani masyrakat, dimana dalam pandangan pelayanan masyrakat sama. Pengelolaan pengaduan masyarakat, merupakan laporan dari masyarakat terhadap layanan yang diberikan. yang berupa keluhan dan saran maupun keritikkan terhadap pelayanan yang diberikan oleh apratur. Pengendalian dan evaluasi merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk membangun sebuah organisasi agar lebih baik. Penilayan masyrakat merupakan bagian dari bentuk pengadilan dan evaluasi terhadap penlayanan publik. karna pelayanan publik merupakan pelayan untuk masyrakat maka dari itu masyrakatlah yang tau tentang bagaimana pelayan itu dibeerikan.

Fungsi pelayan publik yaitu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pelayanan publik ini diberikan kepada masyrakat untuk menjamin kehidupan masyrakat sejahtera. kebutuhan apa yang diperlukan masyrakat dalam pelayanan publik sudah menjadi kewajiban apratur negara untuk melayaninya, sepertihalnya masyarakat membutuhkan kartu identitas sebagai waraga negara Indonesia atau kartu tanda penduduk maka hal itu apratur negaralah yang mempunyai kewajiban untuk melayaninya. Tujuan pelayanan publik yaitu melayani masyrakat sebaik-baiknya dalam rangka membantu masyarakat terkait dengan urusan administrasi kepemerintahan atau kebutuhan barang atau jasa publik.

Kinerja pelayanan publik merupakan konskuensin hukum dari pemberian pelayanan yang baik yang dilakukan secara baik pula. indicator kerja pelayanan publik sebagai ukuran bagi penyelenggara pelayanan publik dalam memberikan pelayanannya. Secara subtansi, kinerja pelayanan merupakan bentuk hasil pekerjaan yang telah dilakukan oleh apratur dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tugas dan fungsi pelayan adalah memberikan pelayanan publik secara baik dan optimal. secsrs prinsip sifat kinerja pelayanan publik adalah membantu masyarakat dalam menerima hak dan kewajiban, yaitu menerima pelayanan yang dibutuhkan secara baik. dalam kinerja perlayanan publik terdapat beberapa indicator yang harus dipenuhi diantaranya tujuan, yang merupakan suatu keadaan yang  lebih baik yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Standar, merupakan ukuran pencapaian terhadap suatu tujuan yang ingin di capai. Upah balik, merupakan hasil yang ditimbukan berbalik mengenai tujuan yang sudah dilakukan dan sebgai rangsangan untuk bertindak lebih lanjut.  Alat atau sarana, tanpa alat dan sarana kinerja suatu organisasi tidak maksimal. Terutama dalam kinerja pelayanan publik yang kebutuhan massyrakat semakin tinggi dalam penerimaan pelayanan. Kopentensi, tanpa kopentesi pekerjaan tidak akan dapat diselesaikan secara baik.

Kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjalankan pekerjaan yang diberikan kepadanya. Peluang, peluang adalah kesempatan bagi setiap pegawai untuk menunjukkan peresentasinya. Peluang dalam kajian administrasi publik adalah kesempatan yang diberikan kepada setiap apratur dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai apratur negara. Moti, motif adalah awalan darikata motivasi. Merupakan pendorong dari apa yang sudah dan akan dilakukan oleh seseorang. Pimpinan memberikan fasilitas motivasi bagi pegawai dengan berbagai bentuk dan model. Motivasi yang disediakan bagi apratur adalah dalam rangka untuk mendorong kinerja yang lebih baik dan berkualitas.

Sumber daya manusia atau sumberdaya apratur merupakan aspek utama untuk mencapai tujuan organisasi. Sebagai aspek utama yang mengatur dan menjalankan sistem atau manajemen dalam organisasi menjadi tumpuan utama organisasi terhadap prokduktifitas atau output yang diharapkan bersama. Aspek organisasi publik juga dituntut untuk terus mengembangkan potensi dan kualitas kinerja pelayanan publik. Olehhal itu, hal yang paling mendasar untuk memenuhi kualitas pelayanan publik adalah dengan memberikan penekanan terhadap kualitass sumberdaya manusia apratur melalui kualitass kinerja pelayanan publik. dalam melakukan pelayanan harus dilakukan dengan professional. Profesional berkaitan dengan profesi atau pekerjaan seseorang yang dilakukan secara professional.

Good goveremence adalah kaidah dasar yang menjadi tujuan utama dalam penyelenggaraan pemerintahan. good goveremence dalam pencapaiannya harus didukung oleh public service orientasi dalam penyelenggaraan pelayanan. Pelayanan publik berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Tujuan good goveremence yang menjadi harapan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan harus di dukung secara penuh dari semua stakeholders yang bekerjasama dalam ruang dan tanggung jawabnya masing-masin. Tatana pemerintahan yang baik adalah memberikan kepuasan dalam bidang pelayanan publik, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Penyelenggaraan pemerintahan yang baik sesuai dengan kepentingan masyarakat dan sistem pengelolaan yang refosional. Tujuan akhir dari sistem pemerintahan adalah good goveremence, yaitu tatanan pemerintah yang baik dalam segala aspek. Pencapaian tujuan good goveremence dalam undang-undang Nomer 34 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah mengatur tentang asas-asas umum menyelenggarakan pemerintahan yang baik yaitu, asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan pemerintahan, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asa profisionalitas, asas akuntabilitas, asas efisiensi dan efektivitas

 

Kelebihan

Buku manajemen pelayanan publik ini menjadi refrensi yang baik untuk dijadikan sebagai sumber pemerintah dalam melakukan pelayanan publik. Di buku ini sangat jelas dan sudah mencakup tentang pelayan publik dari pengertian, tugas dan fungsi pelayanan publik. bahasanya sangat rinci dan di buku ini dijelaskan bab perbab sehingga kita para pembacanya dapat mudah memahaminya.

Kekurangan

Di buki ini sering menggunakan bahasa yang sulit dipahami seperti yang sering di lontarkan di bab pendahuluan. Namun meskipun begitu buku ini juga menjelaskan artinya pada lembar-lembar terahirnya.

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top