Pendidikan

Book Review Oleh Sri Winarsih


Identits Buku

Judul              : Manajemen Pelayanan Publik

Penulis           : Bapak Hayat , S.Ap, M.Si

Penerbit          : PT. Raja Grafindo Persada, Depok

Tahun Terbit   : kedua,Desember 2017

Halaman          : Xviii/ 225 halaman

No. ISBN         : 9786024250805

Pereview          : Sri Winarsih

*Mahasiswa progam studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Islam Malang.

Regenerasi Manajamen Pelayanan Publik dalam mewujudkan  Good Governance

Dalam isi buku Manajemen Pelayanan Publik mempunyai beberapa materi yang akan dibahas menjadi, 6 bab yang memiliki keterkaitan pembahasannya, yang terdiri dari:

Pendahuluan

Pendahuluan dijabarkan menjadi dua permasalahan yaitu latar belakang dan manajemen dan pelayanan. Latar belakang memberikan informasi secara umum mengenai pemahaman dasar mengenai pelayanan publik yang harus diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintahan. Pelayanan yang baik dan berkualitas memberikan suatu implasi sebuah keputusan kepada masyarakat, karena itu masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan pemerintah. Pelaksanaan pelayanan publik yang sesuai dengan ketentuan dan memberikan kepuasan masyarakat juga dibahas dalam bab ini. Adanya pembahasan pengenalan singkat tentang judul buku yakni manajemen dengan pelayanan. Dua hal ini dijelaskan secara sederhana namun mudah dipahami. Dalam fokus di atas mengenal manajemen dalam pelayanan publik di ruang lingkup organi pemerintahan. Adapun Contoh dalam organisasi pemerintah  memberikan  pelayanan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kebutuhan administrasi, barang maupun jasa.

Konsep, fungsi dan tujuan pelayanan publik

Pembahasan diatas secara umum mengenai pemahaman secara sederhana mengenai mewujudkan pelayanan publik maupun manajemen. Dilihat secara sederhana pelayanan publik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jika dilihat secara sederhana konsep Pelayanan publik  yang maksimal dan  optimal menjadi rujukan bagi masyarakat dalam menerima pelayanan sesuai dengan standar dan ketetapan yang ada.  Dalam pelayanan publik yang diberikan pemerintah harus dioptimalkan berdasarkan pemberdayaan SDM ( sumber daya manusia) yang memberi pelayanan. Fungsi pelayanan publik memberikan pelayanan secara baik dan berkualitas dipengaruhi oleh konsep dasar yang dibangun dengan reformasi birokrasi menuju tatanan dan sistem pengelolaan secara professional. Fungsi secara umum pelayanan publik dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat, apa yang dibutuhkan masyarakat dalam hal pelayanan publik manjadi kewajiban bagi semua aparatur negara untuk melayani pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Tujuan  pelayanan publik sendiri semata-mata untuk kepentingan masyarakat yang menerima pelayanan. Tujuan pelayanan publik untuk Memaksimalkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakan sesuai yang diinginkan dan diperlukan masyarakat.

Penilaian kinerja pelayanan publik

Setelah diatas membahas berbagai macam dasar-dasar pelayanan publik, selanjutnya akan dibahas bagaimana penilaian kinerja atau pelaksanaan pelayanan publik. Penilaian kinerja salah satu bentuk pengevaluasi antara atasan dengan bawahan dimana memastikan bahwa tujuan organisasi dapat dicapai secara baik. Kinerja pelayanan publik memiliki hasil yang mengutamakan sebuah kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Tiga komponnen dalam pendorong penilaian kinerja yaitu perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja dan evaluasi kinerja. Hal ini berarti membentuk masyarakan dalam menerima hak dan kewajibannya untuk menerima pelayanan yang dibutuhkan secara  baik. Adapun komponen sudah dijalankan dengan baik maka penilaian dilakukan  untuk menilai bagaimana kinerja dan pelayanan publik dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Penilaian kinerja difokuskan pada tujuan pelayanan dan tingkat pelayanan publik.

Sumber daya aparatur pelayanan publik

Dalam menjalankan sebuah pelayanan publik hal yang dibahas aparatur memberikan pelayanan ialah sumber daya. Sumber daya aparatur yang disebut sebagai  aspek utama dalam mencapai tujuan organisasi. Sumber  daya manusia adalah yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Sumber daya mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan organisasi, suatu organisasi akan berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan harapan jika sudah memenuhi unsur ketiganya tersebut. Rutmen promosi salah satu aspek yang mendasar dalam menerima dan pengembangan sebuah aparatur negara. Reformasi pelayanan publik menjadi salah satu sistem yang dijalankan  pemerintah berdasarkan pelayanan berdasarkan kebutuhan yang diperlukan masyarakat.

Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik

Dalam pembahasan bab sebelumnya membahas tentang dasar-dasar dalam pelayanan publik. Disini akan membahas tentang sistem yang digunakan dalam pelayanan publik yaitu reformasi birokrasi pelayanan publik. Reformasi merupakan perubahan dalam perbaikan suatu masyarakat dan pemerintah, sedangkan birokrasi merupakan suatu sistem pemerintah yang dijalankan oleh pegawai pemerintah yang berpegang pada hierarki. Kedua hal tersebut saling berhubunganan dan berkaitan mengarah pada sebuah pemerintah yang akan memberikan sebuah perubahan negara kearah yang lebih baik. Hal tersebuat membuat reformasi birokrasi  menuju penataan kembali sistem informasi dan birokrasi yang lebih baik

GOOD GOVERMANCE

Dalam pembahasan sebelumnya reformasi dan birokrasi dipelayanan publik diharapkan agar tercapai pemerintahan yang baik (good govermance). Good govermance sebagai tujuan utama dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Efektivitas dan efesien itulah  yang menjadi titik penting dari good govermance melalui sebuah proses yang baik, mudah, cepat, dan terjangkau, yang dilakukan secara akuntabel dan professional. Good governance merupakan tatanan pemerintah yang menyangkut berbagai aspek secara keseluruhan, termasuk pemerintahan ( good Govermance ) serta aspek lain seperti politik , sosial dan ekonomi. Tujuan good govermance: tujuannya ,menjadi salah satu harapan masyarakat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintah harus didukung secara penuh dari semua stakeholders yang bekerjasama dalam tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Kelebihan  buku

Keseluruhan isi buku yang telah dibaca memiliki kelebihan isi dalam buku manajemen pelayanan publik, yaitu pengunaan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Mempermudah pembaca untuk memehami maksud materi yang ada didalam buku,  ada aspek pendukung dalam menjelaskan dan menjabarkan menurut para ahli dan undang-undang pelayanan publik mendukung dalam penjelasan yang ada didalam buku ini. Isi buku yang mudah ditangkap membuat pembaca dalam memahami pelayanan publik dan dapat memahami secara keseluruhan mengenai isi buku.

Kelemahan buku

Di dalam keseluruhan isi buku ini yang telah dibaca maka kelemahan dalam buku manajemen pelayanan publik  yakni terlalu fokus pada pembahasan atau penjabaran-penjabaran secara umum yang di ambil dari pendapat para ahli maupun dari undang-undang. Pembahasannya tidak mendalam harus mencari sumber-sumber referensi untuk lebih memahami pelayanan publik.

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top