Pendidikan

Book Review Oleh Redra Indah Hana Gunawan


Judul Buku: manajemen pelayanan public

Penulis: Hayat, S.AP.,M.Si.

Penerbit : pt raja grafindo jakarta

Biodata penulis

Hayat, S.AP.,M.Si., adalah salah satu dosen Universitas Islam Malang. Beliau menempuh pendidikan S1 pada bidang ilmu administrasi Negara di Universitas Islam Malang pada tahun 2002-2004 .lalu dilanjutkan pendidikan S2 pada bidang administrasi public/kebijakan public di Universitas Merdeka Malang pada tahun 2009-2012 ,kesibukan beliau sekarang ini adalah mengajar di salah satu kampus swasta di malang ,tidak hanya itu beliau juga aktif melakukan sebuah penelitian. Sdah ada beberapa judul penelitian yang dilakukan beliau beberapa tahun terakhir ini yang telah didanai oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat unisma, beliau juga menyibukkan dirinya dengan giat didalam bidang tulis menulis. Beberapa karya tulis beliau dijabarkan melalui jurnal maupun buku. Beberapa judul buku yang sudah dimuat seperti “Otonomi Daerah: problematika dan solusi alternatifnya” (pelopor: jurnal pemikiran ilmu administrasi public dan bisnis, social dan politik, ISSN: 1854-1302, volume V no 1, Tahun 2013, hlm 128-137. Sedangkan buku manajemen pelayanan public ini ialah buku yang diterbitkan perama kalinya pada januari 2017. Isi didalam buku ini terdiri dari 6bab dan didalam setiap bab-babnya terdapat banyak sekali pendapat dari beberapa ahli yang menjelaskan pengertian yang lebih mendalam dalam sebuah karya tulisannya. Didalam buku ini juga dijelaskan tentang prinsip-prinsip dalam menciptaka suatu kualitas pelayanan yang prima, berkualitas dan profesional. Proses manajemen pelayanan public tidaklah berpisah dari kegiatan merancang oleh sebab itu penulis juga membahas tentang bagaimana merancang dan melakukan evaluasi terhadap aparatur dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayanan terhadap masyarakat.

 

Pelayanan public merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintah. Dapat diartikan pelayan public sebagai indicator penting dalam penilaian kinerja pemerintah mulai ditingkatkan mulai dari pusat sampai daerah dalam mencapai tujuan pelayanan yang optimal. Pelayanan pemerintah dapat dikatakan baik apabila pelayan public mampu mengedepankan atau mengutamakan kepentingan masyarakat. Menurut Lewis dan Gilman(2005) bahwa pelayanan public adalah kepercayaan public. Sedangkan pelayanan public tersebut dilaksanakan secara bertangung jawab dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada. Tujuan dari pelayanan public itu sendiri dijelaskan dalam Undang-Undang No 25 tahun 2009 pasal 3 yang menyebutkan bahwa : terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajibandan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaranan pelayanan public

Pemerintah sebagai jembatan masyarakat terhadap tujuan yang diinginkan, maka dari itu dibutuhkan pelayanan mengatur proses dan tata cara pemberian pelayanan yang baik. Pada umumnya pelayanan berpaku pada aspek-aspek kepentingan masyarakat tersebut. Dalam proses pelayanan tentunya akan mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap kinerja yang dilakukan pemerintah. Lembaga pemerintah harus memberikan pelayanan yang baik dan detail dalam pelaksanaanya mengacu pada pada suatu aspek-aspek pemerintahan yang memuaskan. Masyarakat sebagi penerima pelayanan harus ikut serta mendukung segala program pelayanan pemerintahan.

Sesuai dengan sifat dan bentuknya pelayanan public haruslah berjalan sesuai sifat kinerjanya, pada dasarnya pelayanan public memiliki prinsip sifat kinerjanya dalah membantu masyarakat dalam menerima hak dan kewajibannya. Yaitu menerima pelayanan yang dibutuhkan secara baik. Reformasi pelayanan public sanagt dibutuhkan untuk kesejahteraan masyarakat, reformasi ini diperlukan untuk merubah system pemerintahan kepada system yang lebih baik lagi untuk menciptakan suatu pemerintahan yang baik. Good governance juga sangatlah dibutukan untuk mengatasi masalah pada politik, ekonomi dan administrasi pada suatu bangsa. Supaya segala kepentingan bangsa itu bias terealisasi dengan adanya pelayanan public tersebut.

 

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top