Pendidikan

Book Review Oleh Nurul Agustina


MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Azaz-Azaz Manajemen yang dibina oleh Bapak Hayat S.AP,M.Si

Oleh :

Nurul Agustina                    (21701091088)

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

FAKULTAS ADMINISTRASI

JURUSAN NEGARA

MEI  2018

 

Di pelayanan publik sendiri memiliki indikator yang sangat penting untuk penilaian kinerja pada pemerintah yang baik di tingkat pusat maupun daerah, pelyan publik sendiri akan dilakukan secara berorintsi pada kepentingan masyarakat. Pada pelayanan yang dapat mengatur proses bagaimana tata cara pemberian pelayanan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional tersebut. Yang diterapkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2005 tentang pelayanan publik dengan pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan dalam rangka pemenuhuna untuk pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundang-undang bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pada pelayanan publik sendiri terdapat manajemen untuk pelayanan itu sendiri, setiap organisasi yaitu batang tubuhnya dan sementara manajemen sendiri adalah penggerak kan itu sendiri dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuan yang akan terus berkembang. Dengan ini organisasi merupakan tempat yang mengorganisir seluruh komponen organisasi untuk bekerja dengan sesuai tugas pokok dan fungsinya, dalam manajemen pelayanan dengan pemimpin yang dapat mengatur dan mengakomodasi seluruh sel-sel organisasi untuk berjalan sesuai dengan aturan dan yujan yang diharapkan dan bersandar pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen pelayan publik mempunyai struktur pembagian seperti pemberian kerja, struktur hierarki, aturan formal,impersonalitas, karir berdasarkan prestasi, rasionalitas.

Pada manajemen pelayanan publik sendiri dengan adanya konsep, fungsi dan tujuan pelayanan publik tersebut. Konsep pelayanan publik yang diamanatkan yang berada di Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 akan menjadikan acuan bagi yang mengadakan penyelenggaraan negara dan memberikan pelayanan secara optimal dan maksimal. Di konsep pelayanan publik sendiri terdapat kepemimpinan atau juga di sebut dengan istilah leadership, seorang pemimpin salah satu penggerakan utama untuk organisasi dan menjadi kunci untuk keberhasilan sebagai seorang pemimpin tersebut. Seorang pemimpin yang berada di organisasi sendiri memerlukan rahan yang akan lebih baik yaitu, membangun rasa tentang pentingnya perubahan, melakukan mobilisasi komitmen melalui diagnosis persoalan, akan menciptakan koalisi terarah, dapat mengembangkan visi secara bersama, dapat berkomunikasikan visinya, akan membantu pegawai dalam melakukan perubahan, dapat membangkitkan pemenang dengan jangka yng pendek, mengkonsolidasikan pencapaian dan keberhasilan lebih banyak perubahan,, menetapkan cara yang baru, dan mengawasi kemajuan dan penyesuaian terdapat visi sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Dengan adanya faktor kelembagaan tersebut seoarang pemimpin dapat menjamin kualitas pelayanan publik tersebut, faktor kelembagaan akan menyangkut pada hak kewenangan dan berorganisasi dengan adanya hak kewenangan akan mudah dalam pengambilan kebijak pada sebuah lembaga yang mempunyai peran yang sangat penting untuk peningkatkan kualitas pada pelayanan publik tersebut. Dengan  adanya tata kerja untuk media utama pada sebuah organisasi dan sebagai aspek yang penting dan akan memberikan tata kerja secara semaksimal mungkin. Dengan standar pelayana akan menjadi bagian yang tidak akan bisa diabaikan pada aspek pelayanan publik tersebut, dengan pehaman dasar hukum dalam aspek pemberian pelayanan sangat penting sebagai edukasi bagi masyarakat sekitar. Dalam pengelolaan pengaduan masyarakat yang dapat diharapkan dari pengelolaan tersebut pada tindak lanjut atau respon yang harus dilakukan, dan agar menjadi sebagai keluahan atau saran maupunkritik yang tidak formalitas belaka. Dan pada pengendalian dan evaluasi dengan tujuan untuk memperbaiki dengan segala bentuk kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang terjadi begitu saja, pada rapat yang diadakan secra berkala sangant mempunyai peran penting untuk menjamin terselenggaranya pada pelayanan publik yang baik sendiri.

Pada sarana dan prasaran sendiri merupakan salah satu bgian yang sangat penting pada pemberian pelayanan, dengan berkaitan pelayanan yang diadakan tersebut kebersihan dan tata ruang yang dapat memadai dengan bagian yang tidak akan terpisahkanuntuk melayani masyarakatsekitar. Dengan ruang pelayanan publik yang sediakan tersebut untuk menjadikan pelayanan masyarakat sebagai penerima pelayanan tersebut. Untuk penggunaan tektologi informasi pada teknologi tersebut akan memberikan informasi kepada mayarakat sekitar untuk mendapatkan pelayanan publik sendiri dari masyarakat dan oleh masyarakat untuk negara dengan proses tersebut pelayanan adalah sebuah keharsusan atau kewajiban. Dan pengelolaan sumber daya manusia sendiri sangatlah instansi untuk pemerinth akan menjadikan aktor uutama dalam pelayanan tersebut. Pada pengelolan sumber daya manusia sendiri sudah diterapkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dengan Aparatur Sipil Negara akan menjadikan dasar untuk meningkatkan kualitas pada kuliatas sumber daya manusia aparatur, dan terdapat juga pada Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang terdapat pada pasal 6 dan 7. Pada fungsi pelayanan tersebut secara instansi untuk pelayanan publik secara baik dan berkualitas pada reformasi birokrasi dalam tujuan tatanan dan sistem pengelolaan yang secara profesional. Pada reformasi pelayanan publik ada aspek aspek yang meliputi konsep reformasi birokrasi yang sudah diatur pada peraturan preside bahwasannya sebagian dari perubahan bangsa menuju abad ke-25 menjadi lebih baik. Pada aspek selanjutnya yaitu kebijakan reformasi birokrasi merupakan suatu unsur di pemerintahan yang mempunyai karakter dasar birokrasi meliputi birokrasi lebih mengutamakan sifat pendekatan, birokrasi perlu melakukan penyempurnaan organisasi,  birokrasi harus mampu melakukan perubahan yang lebih berorientasi, birokrasi sebagai fasilitator pelayanan publik. Birokrasi harus melakukan trasformasi yang menjadi pelaksanan reformasi birokrasi. Perkembangan organisasi yang saat ini berkembang lebih menekankan pada aspek organisasi organik dari pada mekanik oleh karena itu untuk menunjukkan gagasan terhadap pembaruan pelayanan publik yang harus didorong dan dikembangkan melalui penyelenggaraan reformasi pelayanan publik tidak harus membutuhkan dana yang besar akan tetapi mereka juga memeperhatikan masyarakat miskin, adanya konvergengsi gagasan, adanya kesinambungan terutama pada masyarakat yang tidak punya dapat mengontrol secara penuh dengan berbagai kebijakan pemerintahan, terbukanya media memberikan penghargaan kepada pemerintahan daerah yang mendorong efektivitas dan efesinsi dalam melaksanankan otonomi daerah.

Good Governance hak kewenangan pemerintah yang digunakan sebagai mengelola sumber daya ekonomi dan sosial untuk membangun masyarakat agar mempunyai kaidah dasar agar tujuan utamanya untuk tata pemerintah, dengan salah satu aspek untuk kebutuhan masyarakat ialah sebagai orientasi dari penyelenggaraan pemerintahan sebagai penerima pelayanan agar dapat fokus pada pola untuk kebutuhn yang diinginkan oleh masyarakat sekitar. Dengan konsep tersebut agar memberikan pengertian jelas antara goverment  dan governance  dengan kedua tersebut mempunyai arti yang sama dan mempunyai subtasi yang sangat berbeda. Good Governance salah satu tata pemerintah yang dapat menyangkut pada aspek dengan lembagaan dan dengan keseluruhn yang termasuk pemerintah tersebut ialah lembaga politik sosial dan ekonomi. Dengan konsep ini dapat di ideal kan oleh negeri yang akan diarahkan untuk mencapai tujuan yang di rasional kan oleh pemerintah dan berfungsi secara efektif dan efisien dengan mencapai tujuan untuk membangun secara nasional olrh pemerintah sendiri.

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top