Pendidikan

Book Review Oleh Jumriati


Nama : Jumriati

Kelas : 2.A NEGARA

Mata Kuliah : Asas-Asas Manajemen

 

Identitas buku :

Judul: Manajemen Pelayanan Publik

Penulis: Hayat, S.AP., M.Si.

Penerbit: Rajawali Pers

Cetakan/hal: 2017/225

 

Buku ini mengupas secara komprehensif tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik yang baik dan berkualitas yang berorientasi pada masyarakat. Pelayanan yang baik akan berimplikasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga partisipasi aktif dan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dapat terjalin dengan baik. Jika konektifitas dan partisipatif sudah terbangun secara sistematis, maka tujuan good governance semakin nyata. Masyarakat semakin sejahtera, pemerintah semakin mendapat trust public. Namun dalam melakukan manajemen pelayanan publik harus di ikuti dengan instrumen pencapaian, yaitu reformasi birokrasi sebagai alat untuk melakukan berbagai perbaikan dan pembenahan dalam berbagai sektor pelayanan publik.

Pelayanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penylenggaraan pemerintahan. Pelayanan merupakan bentuk konkret pemerintah dalam melayani masyarakatnya. Pada nyatanya dapat kita ketahui masih ada pelayan publik yang belum menerapkan pelayanan yang baik kepada masyarakat selaku penerima pelayanan publik, tidak jarang masyarakat dibuat kebingungan dengan sistem pelayanan yang diterapkan. Hal ini yang menjadi penyebab masyarakat enggan untuk mengurus kewajiban mereka jika hal tersebut berhubungan dengan pelayanan aparat pemerintahan. Kebutuhan masyarakat terhadap pemerintah bersifat administatif baik pemenuhan terhadap barang atau jasa.

Pemerintah sebagai penyedia pelayanan tentunya harus melakukan pelayanan publik secara optimal untuk menghasilkan pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun demikian, pelayanan publik yang baik harus didukung oleh tingkat partisipasi yang baik juga. Masyarakat sebagai penerima pelayanan juga harus bersifat aktif dan partisipatif dalam penerimaan pelayanan, mendukung program-program pelayanan. Pemenuhan pelayanan yang baik adalah dengan tidak ada ketimpangan antara penerima dan pemberi pelayanan.

Tujuan pelayan telah ditetapkan dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 memberikan definisi pelayanan publik adalah kegitan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggaraan pelayanan publik.

Dalam buku ini dijelaskan Indikator kinerja pelayanan harus memenuhi sarat menurut Bastian (2006) yakni spesiik, jelas, dan tidak ada kemungknan kesalahan interpretasi, pengukuran dilakukan secara objektif, relevan, dapat di capai, fleksibel dan sensistif dan efektif. Indikator kerja kedua terdiri dari tujuan, standar, umpan balik, alat dan sarana, kompetensi, peluang, motif. Penilaian kinerja pelayanan publik dapat di lakukan dengan berfokus pada antara strategi pelangan dan tujuan dengan tindakan.

Secara umum, “Buku Manajemen Pelayanan Publik” salah satu buku yang didalamnya terdapat pengetahuan yang mendalam tentang pelayanan publik, buku ini dapat dijadikan referensi untuk kalangan mahasiswa S1, S2, dan S3 atau pengajar pada Fakultas Administrasi terutama jurusan Administrasi publik, juga dapat di baca oleh praktisi pelayanan publik dan para birokrat.

 

Kelebihan :

Isi buku yang komunikatif dan pembahasan yang mudah ditangkap membuat para pembaca awam mengenai pelayanan public dapat memahami secara keseluruhan mengenai pelayanan public yang baik.

Kelemahan :

Dari keseluruhan isi buku yang telah dibaca maka kelemahan dalam buku manejemen pelayanan publik yakni tidak adanya contoh berupa praktik-praktik yang menjurus pada penjelasan.

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top