Pendidikan

Book Review Oleh Jumharani Ramdan


REVIEW BUKU “MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK (HAYAT)”

Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Azaz-Azaz Manajemen Yang Dibina

Oleh Hayat SAP, M.Si

Oleh :

Jumharani Ramdan     21701091166

Negara 2E

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

2018

            Pelayanan publik adalah pelayanan dalam penyelengaraan pemerintahan. Pelayanan juga merupakan indikator penting dalam penilaian kinerja pemrintah. Pelayanan publik yang baik dan berkualitas dapat memberikan implikasi kepuasan terhadap masyarakat, karena masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik adalah kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, dan jasa atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Dalam manajemen dan pelayanan tidak luput dari oragnisasi, setiap organisasi memilik kerangka dasar untuk melakukan kegiatan organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Organisasi merupakan wadah yang mengorganisisr seluruh komponen organisasi untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok da juga fungsinya. Organisasi publik erat kaitannya dengan manajemen publik. Organisasi harus dikelola dengan manajemen publik, karena organisasi yang dibangun adalah public service atau untuk kepentingan publik dan masyarakat.

Dalam konsep pelayanan publik, pelayanan yang maksimal dan optimal menjadi salah satu rujukan bagi masyarkat dalam menerima pelayanan. Masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan jika pelayanan yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dasarnya adalah tergantung dari bagaimana dilayani, seperti apa pelayanannnya, dan bagaimana pelayanan yang diberikan.

Optimalisasi pelayanan publik adalah keniscayaan bagi pemerintah dan menjadi cita-cita masyarakat. Tercapainya reformasi birokrasi dan good govermance salah satunya adalah dipengaruhi oleh kualitas dan pelayanan publik yang diberikan secara optimal. Adapula beberapa faktor dalam mengoptimalkan pelayanan publik, yaitu kepemimpinan (leadership), budaya organisasi (organizational culture), kelembagaan, tata kerja (standar operating procedural), standar pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi, sarana prasaran, penggunaan  teknologi informasi, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh faktor kelembagaan. Faktor kelembagaan dalam hal ini adalah menyangkut kewenangan organisasi. Kewenangan dara para pengambil kebijakan dalam sebuah  lembaga  mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dasar hukum dalam pelayanan publik juga menjadi penting sebagai pengetahuan bagi masyarakat. Dasar hukum pelayanan minimal harus mudah ditemui oleh masyarakat dititik sentral pelayanan. Pemahaman dasar hukum dalam aspek pemberian pelayanan adalah penting sebagai edukasi bagi masyarakat.

Sebagai bentuk penguatan terhadap aspek pelayanan publik dan bentuk kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah, pengaduan masyarakat harus difasilitasi secara baik. Hasil yang diharapkan dari penelolaan pengaduan masyarakat tidak hanya tersedianya fasilitas pengaduan itu sendiri, tetapi tidak lanjut dan respons harus dilakukan, agar apa yang dijadikan sebagai keluhan atau saran maupun kritik tidak hanya menjadi formslitas belaka, tetapi ada tindakan konkret untuk sebuah perbaikan atau perubahan yang lebih baik.

Pelayanan publik tidak serta merta yang berkaitan dengan apa yang diberikan oleh aparatur kepada masyarakat yang menerima pelayanan. Sarana dan prasana merupakan salah satu bagian penting dalam pemberian pelayanan. Tekonologi informasi saat ini juga menjadi kebutuhan masyarakat secara umum, perkembangan teknologi juga semakin pesat dan terus mengalami peningkatan. Tekonologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Penggunaan teknologi juga dapatmembantu penyelesaian berbagi tuga administrasi maupun kpnektivitas antar instansi, sehingga memberikan  kemudahan bagi aparatur dalam mengatur dan mengelola data base maupun administratif.

Selain itu sumber daya manusia dalam instansi pemerintahan menajdi aktor utama dalam pemeberian pelayanan. Kompetensi dan kulitas sumber daya manusia menjadi taruhannya. Aspek pendidikan menjadi salah satu indikator  dan kualitas itu sendiri. Kompetensi yang dimiliki berdampak pada pemberian pelayanan. Sumber daya manusia yang berkompeten akan memberikan pelayanan secara baik dan sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditentukan setiap instansi pemerintah yang menerapkan pelayanan publik secara baik dan berkuliatas dipengaruhi oleh konsepsi dasar yang dibangun dengan reformasi birokrasi menuju tatanan dan sistempengelolaan yang professional.

Profesioanlitas kinerja dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, mempunyai implikasi yang positif terhadap kulalitas kinerja. Kualitas kinerja dengan kemampuan dan soft skill yang dimiliki setiap aparatur, berpengaruh secara komprehensif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Aspek yang menjadi dasar pelayanan publik adalah melayani masyarakat sebaik-baiknya dalam rangka membantu terkait dengan urusan administrasi kepemerintahan dan/atau kebutuhan barang atau jasa publik. Pelayanan publik yang baik, tentunya menjadi harapan dari setiap masyarakat.

Unsur yang paling penting dalam mewujudkan  pelayanan publik yang baik dan berkualitas adalah kompetensia sumber daya alam aparatur yang ditopang oleh intelektualitas yang tinggi serta perilaku yang baik. Pemberian pelayanan bukan terletak kepada apa yang diberikan dan apa yang diterima, tetapi lebih kepada bagaimana cara memeberikan pelayanan tersebut. Bentuk pemberian yang dilakukan oleh aparatur pelayanan kepada masyarakat sebagai pengguna pelayanan adalah bagian dari pelayanan publik.

Kinerja pelayanan publik sejatinya memang harus berjalan sesuai dengan sifat dan bentuknya. Secara prinsip sifat kinerja pelayanan publik adalah membantu masyarakat dalam menerima hak dan kewajibannya, yaitu menerima pelayanan yang dibutuhkan secara baik. Kualitas pelayanan publik yang merupakan inti dari sebuah kinerja pelayanan. Kinerja pelayanan menjadi poin penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Jika kualitas pelayanan publiknya baik, maka dapat dipastikan bahwa kinerja pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pelayanan dalam menjalankan tugas.

Selain kinerja sumber daya aparatur pelayanan publik merupakan aspek utama dalam menacapai tujuan organisasi. Sebagai aspek utama yang mengatur dan menajalankan sistem atau manajemen dalam organisasi menjadi tumpuan utama organisasi terhadap produktivitas atau output yang diharapkan bersama. Organisasi akan berjalan secara baik apabila sumber daya manusia didalamnya mempunyai kompetensi dan kualitas yang memadai untuk menjalankan tugas dan fungsinya.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top