Pendidikan

Book Review Oleh Ilham Satrio Aji


REVIEW MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Azas-Azas Manajemen

Yang Dibina Oleh Hayat, S.Ap., M.Si.

Oleh:

Ilham Satrio Aji        21701091097

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

2018

 

 

REVIEW MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

 

UU mo 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan Publik. Menurut Lewis dan Gilman 2005 bahwa pelayanan publik adalah kepercayaan publik. Bahwa pelayanan adalah pemberian hak dasar kepada warga negara atau masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya yang diatur oleh peraturan perundang-undangan. Sementara itu konteks dalam pelayanan publik adalah melayani yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Amanat UU No 25 th.2009 menjadi sebuah acuan penting bagi penyelenggaraan untuk memberikan pelayanan secara optimal dan maksimal. Masyarakat sendiri akan merasakan kepuasan bilamana pelayanan yang diberikan sesuai denga peruturan perundang-undangan. Pasal 5 UU No.25/2009 menyebutkan, ruang lingkup pelayanan publik adalah maliputi pelayanan barang publik dan jasa serta pelayanan administratif yang diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ruang lingkup pelayanan publik dalam bidang jasa seperti dalam ayat 2 pasal 5 menyebutkan. Optimalisasi pelayanan publik adalah keniscayaan bagi pemerintah dan menjadi cita-cita masyarakat. Tercapainya reformasi birokrasi dan good governance salah satunya adalah dipengaruhi oleh kualitas yang begitu optimal.

Pemimpin merupakan motor penggerak dari sebiuah organisasi dimana gerak keseluruhan organisasi tentunya dipengaruh oleh seorang motor penggerak yaitu pemimpin atau atasan. Pemimpin juga merupakan kunci keberhasilan dari kinerja organisasi dalam mencapai tujuannya. begitupun sebuah kegagalan, kegagalan muncul itu juga karena seperti apa bentuk kepimpinan yang lakukan oleh seorang pemimpin. Ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemipin yaitu meliputi ketrampilan konseptual, kemanusiaan, administrasi dan teknis. Dan tentunya seorang pemimpin harus memiliki jiwa perubahan yang besar yaitu perubahan ke arah yang ke lebih baik tentunya.

Sebuah keberhasilan  pelaksananaan pelayanan publik juga sangat tergantung pada budaya pelayanan yang ada didalamnya. Hal ini bukanlah sebuah struktur namun sebuah kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh wadah organisasi dalam mencapai tujuannya. dan semua yang ada didalam organisasi pelyanan tersebut harus memiliki persepsi yang sama dalam menjalankan budayanya agar terbentulah kedisiplinan, kesopanan, akuntanbel, berkarakter, transparan dan profesional. Budaya ini sangat berkaitan erat dengan etika dalam bekerja, etika pribadipun menjadi cermin bagi etika organisasi. Etika organisasi pun menjadi sebuah bentuk pantulan bagi etika pribadi untuk membentuk karakter.

Kualitas pelayanan publik juga dipengaruhi oleh faktor kelembagaan  aspek pelayanan yang diberikan oleh lembaga akan mempengaruhi aspek pelayanan yang diberikan. Faktor kelembagaan dlam hal ini menyangkut tentang kewenangan dan oraganisasi. Kewenangan dari para pengambil kebijakan dalam sebuah lembaga mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Jika lembaga mempunyai sistem dan tata kelola dengan baik serta pengaturan terhadap manageman organisasi dikelola secara profesional, maka pelayanan yang diberikan juga akan baik.

Standar Operasional Procedur (SOP) adalah media utama dalam sebuah organisasi. Tata kerja adalah rel sebagai keseluruhan kegiatan pada organisasi. Dimana tata kerja ini yang akan menentukan tujuan organisasi ini tercapai tujuannya dengan baik atau menympang dari tujuannya. Disini organisasi pemerintah sangat membutuhkan suara mayarakat dalam pembangunan disemua aspek. Karena sebenarnya masyarakatlah yang menetukan perbaikan yang telah ditentykan, jadi pemerintah membutuhkan masyarkat dalam hal pembangunan. Pemerintah sebagai pelayanan publik tentunya harus melakukan pelayanannya secara optimal sesuai kebutuhan masyarakat.

Bila pemerintah berhasil memuaskan keinginan dan kebutuhan masyarakatnya maka pemerintah dikatakan telah capai tujuannya dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Masyarakat tersebut adalah sebuah pendukung secara penuh dalam keberhasilan pemerintah untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakatnya. Ini menjadi titik pusat tentang perhatian tentang apa yang dibangun titik pusat perhatian dari pemerintah adalah apa yang dikeluhkan oleh masyarakatnya. Alat dalam pemenuhan pelayanan terhadap masyarakat ialah birokrasi. Birokrasi inilah yang jadi sebuah tonggak serta senjata utama disetiap daerah dalam pemenuhan pelyanan terhadap masyarkatnya. Perlu dicondongkan tentang birokrasi ini dalam pemenuhan pelayanan terhadap masyrakat dari berbagai daerah.

Daerah perdaerah sangat dibutuhkan kemandiriannya, kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam hal ini. Kemandirian setiap daerah dalam hal kerjasama antara daerah dengan masyarakatnya disini menjadi sorotan utama dalam hal pembangunan. Pembangunan yamg merata adalah sebuah harapan bagi semua untuk capai kata kesejahteraan bangsa.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top