Pendidikan

Book Review Oleh Ifa Imroatul Islamiyah


REVIEW BUKU MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

DOSEN :

Hayat,SAP.,M.Si

Oleh :

Ifa Imroatul Islamiyah            ( 21710191136 )

Kelas :

2 D

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

      UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 Membedah Manajemen Pelayanan Publik

Penulis : Hayat

Tahun : 2017

Dalam buku ini dapat lebih membantu saya untuk lebih memahami tentang pelayanan publik. Dalam buku ini pengertian pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peratuaran peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggraan pelayanan publik. Dalam buku ini juga terdapat konsep, fungsi dan tujuan pelayanan publik yang dapat membantu kita lebih mengenal pelayanan publik. Pelayan publik dalam penyelenggra Negara harus memberikan pelayan secara optimal dan maksimal.

Optimalnya pelayanan publik adalah keniscayaan bagi pemerintah serta menjadi cita-cita semua masyarakat. Tujuan pelayanan publik hanya untuk kepentingan masyarakat, jika pelayananya baik maka masyarakat akan merasa puas atas diberikanya pelayanan tersebut. Dalam buku ini juga dijelaskanya kinerja pelayanan publik dimana kinerja tersebut menjadi media control masyarakat terhadap penyelenggraan pelayanan, control untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Baik buruknya penilaian terhadap pelayanan publik tergantung sejauh mana pelayanan itu diberikan untuk masyarakat. Kinerja merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi.

Dalam kinerja pelayanan publik yang kita amati selama ini, masih ada yang kurang baik. Misalnya di desa-desa terpencil masih kurang dalam melaksanakan manajemen pelayanan publik. Karena di daerah-daerah terpencil fasilitas masih sederhana dan tidak dapat menandingi kota-kota besar. Pencapain yang di raih kurang memuaskan, maka dari itu terkadang di daerah-daerah terpencil masih kurangnya kesejahteraan dan kemakmuran.

Seperti aparatur Negara misalnya, mereka harus mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat agar terciptanya kesejahteraan untuk masyarakat dan harus bersikap adil tidak pandang bulu. Namun sumber daya aparatur pada saat ini kurang dalam melakukan tugas-tugasnya. Mereka susah dalam mencapai keinginan bersama karena kebanyakan dari mereka hanya mementingkan diri sendiri dan mengabaikan orang lain khususnya masyarakat. Manajemen pelayanan publik ini harus bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, Karena tugas mereka adalah memberikan keadilan serta kesejahteraan dan kemakmuran terhadap masyarakat.

Pelayan publik adalah tugas dan tanggung jawab dari pemerintah maka dari itu manajemen harus dilakukan dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan. Masih banyak kekurangan terhadap pelayanan publik hingga kita sering melihat ketidak makmuran masyarakat dan kesejahteraan masyakat bahkan keadilan dalam masyarakatpun jarang kita jumpai.

Manajemen juga ada kaitannya dengan pelayan publik, dimana pelayanan publik ini bisa melakukan tugasnya dengan baik dan dapat melayani masyarakat dengan baik juga membutuhkan manajemen. Pelayanan publik harus dapat mencapai target yang telah disepakati dari awal pengorganisasian. Didalam manajemen juga terdapat pengarahan dimana seorang pelayan publik sangat membutuhkan itu. Pengarahan disini berfungsi untuk melakukan suatu kerjasama atau tindakan bersama agar dapat mencapai keinginan bersama dalam mensejahterkan masyarakat .

Organisasi sangat erat kaitanya dengan manajemen baik secara teori maupun praktik. Organisasi harus diatur dengan manajemen publik. Dalam buku menjelaskan proses manajemen menurut Safroni (2012) adalah suatu siklus, apabila prosesnya berkualitas maka akan menghasilkan perbaikan.

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top