Pendidikan

Book Review Oleh Febryana Bella Pratiwi


REVIEW BUKU

“MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK”

Mata Kuliah : Azaz-Azaz Manajemen

Dosen : Hayat, SAP., M.Si

 Oleh:

FEBRYANA BELLA PRATIWI (21701091175)

2E

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

2018

 

 

 

Judul Buku           : Manajemen Pelayanan Publik
Nama Penulis       : Hayat, SAP., M.Si
Penerbit                : PT Raja Grafindo, Jakarta
Kota Terbit          : Jakarta

Tahun Terbit        : 2017

Teks Bahasa                  : Indonesia

 

Buku berjudul “Manajemen Pelayanan Publik” ini dikarang atau ditulis oleh Bapak Hayat, S.AP., M.Si, yang sampai saat ini merupakan Dosen di Universitas Islam Malang.

Buku ini berisikan tentang suatu layanan publik yang menguntungkan serta berkualitas pula tentunya, karena dapat kita ketahui bahwa pelayanan publik saat ini banyak yang tidak sesuai aturan dikarenakan kurangnya pengetahuan atau bahkan ketidaktahuan cara memanage (mengatur) pelayanan publik dengan baik dan membuat masyarakat merasa puas.

Pada isi buku yang pertama dan yang sangat mendasar terdapat bagaimana cara memahami manajemen pelayanan publik dalam organisasi yang tentunya berbentuk pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan publik harus diberikan dengan sebaik-baiknya karena sangat menguntungkan bagi masyarakat dan menguntungkan juga bagi suatu organisasi pelayanan publik tersebut.

Pada pembahasan selanjutnya penulis membahas mengenai pengertian pelayanan publik yang mencakup konsep, fungsi pelayanan publik serta tujuannya. Pelayanan publik sudah seharusnya memberikan layanan yang berkualitas, profesional serta membuat masyarakat merasa puas dengan pelayanan tersebut. Pelayanan publik akan menjadi baik jika suatu organisasi tersebut membangunnya dengan sisi positif yang memang bertujuan untuk melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga masyarakat mendapatkan serta merasakan kepuasan dari pelayanan suatu organisasi yang melayani.

Bab ketiga penulis membahas mengenai kinerja pelayanan publik seperti sifat dan bentuknya. Dalam bab ini kinerja pelayanan publik sangat amat diperhatikan untuk membangun suatu organisasi yang lebih berkualitas agar dapat berjalan dengan lebih baik.

Dalam bab selanjutnya yaitu penulis membahas tentang sumber daya aparatur pelayanan publik yang merupakan puncak atau inti utama dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Konsep dari pelayanan publik sudah pasti akan mensejahterakan masyarakat dengan hak hak atau Undang Undang yang telah berlaku agar segala tujuan organisasi dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya reformasi birokrasi pelayanan publik yang secara umum merupakan perubahan sistem pemerintah menuju pemerintahan yang lebih baik lagi, perubahan dalam setiap organisasi sangat dibutuhkan untuk kenyamanan, keamanan serta kepercayaan masyarakat agar masyarakat tidak terganggu dengan segala pelayanan yang kurang baik.

Pada bab terakhir yaitu ke-enam penulis membahas tentang pengertian good governance. Pengertian good governance sendiri yaitu pemerintah yang baik, good governance sangat dibutuhkan untuk kepentingan negara terlebih untuk masyarakat.

Saya dapat mengambil kesimpulan bahwa buku “Manajemen Pelayanan Publik” adalah buku yang sangat membantu mahasiswa Administasi Publik untuk mengetahui bagaimana layaknya menyikapi segala sesuatu yang seharusnya sudah kita ketahui, karena manajemen pelayanan publik sangat mempengaruhi berlangsungnya peningkatan pelayanan publik. Dengan berlangsungnya peningkatan pelayanan publik yang lebih baik akan membuat masyarakat menjadi puas dengan pelayan publik dan pelayanan publik juga akan menjadi lebih berkualitas.

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top