Pendidikan

Book Review Oleh Febriyani Habib Susetyawati


Judul MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK
Penulis Hayat
Tebal Xviii + 226 halaman
Cetakan Ke-1
Tahun 2017
Reviewer Febriyani Habib Susetyawati

 

 

Abstrak Pelayanan Publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan Publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah.Organisasi adalah batang tubuhnya, sementara menejemen adalah penggerak dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan terus berkembang serta semakin baik.Fungsi Pelayanan Publik adalah memberikan pelayanan kepastiuan hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik.Sifat dan Bentuk Kinerja Pelayanan Publik, sifat pelayanan publik yaitu membantu masyarakat dalam menerima haqk dan kewajibannya untuk menerima pelayanan dengan baik. Reformasi Birokrasi dapat disimpulkan sebagai perubahan terhadap sistem, pemerintahan menuju pemerintahan yang baik. Karakteristik Good governance adalah participation, rule of law, transparency, responsiviness, concensus orientation, equity, effectiveness dan efficiency, accountability, dan stategic vision.
Pendahuluan Pelayanan Publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan Publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Ada korelasi dan kohesi yang saling berkaitan antara penyelenggaraan pemerintahan dengan pelayanan yang diberikan. Pemerintah sebagai penyedia pelayanan mengatur proses dan tata cara pemberian pelayanan yang baik sesuai dengan  standar yang ditentukan, dalam hal ini adalah maklumat pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Pengaturan atau menejemen Aparatur Negara (ASN) yang mencakup Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) seperti disebutkan dalam pasal (2) berasaskan pada kepastian hukum, profesionalitas, proporsionalitas, keterpaduan, delegasi, netralitas, akuntabilitas, efektif dan efisien, keterbukaan, nondiskriminasi, persatuan dan kesatuan, keadilan dan kesetaraan, dan kesejahteraan. Kompetensi dan kualitas ASN mempunyai dampak perubahan yang signifikan terhadap sistem birokrasi pemerintahan serta mengahsilkan output yang diharapkan, yaitu tata pemerintahan yang baik dan penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas, sehingga aspek internal dalam pemerintahan juga mengalami perubahan yanvg lebih baik, yaitu pola pikir atau mindset, karakter, manajemen dan sistem yang ada dalam birokrasi. Orientasi kualitas kinerja sumber daya aparatur masih terlihat lemah, seharusnya orientasi pelayanan bertumpu pada aspek kepentingan umum atau kebutuhan masyarakat. Reformasi birokrasi sudah mengamanatkan bahwa kinerja pelayanan publik harus mementingkan kebutuhan masyarakat banyak dan menghindari nilai-nilai nepotisme.
Pembahasan Manajemen dan Pelayanan

Setiap organisasi mempunyai kerangka dasar untuk melakukan kegiatan organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Organisasi adalah batang tubuhnya, sementara menejemen adalah penggerak dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan terus berkembang serta semakin baik. Organisasi publik harus dikelola dengan menejemen publik, karena orientasi yang dibangun adalah public service atau kepentingan publik dan masyarakat. Orgtanisasi mempunyai karakteristik dasar yang diformulasikan yaitu : (1) Pembagian Kerja (2) Struktur Hierarki  (3) Aturan dan Prosedur Formal (4) Impersonalitas (5) Karir berdasarkan Prestasi (6) Rasionalitas. Hal pokok dalam merancang pemberian pelayanan secara prima yaitu : Regulasi layanan (service regulation), Fasilitas-fasilitas lainnya (service fasilities), Peranan tim pengarah (advisory team), Mudah, murah, cepat dan manfaat (simple, cheap,fast, and benefit).

Konsep, Fungsi dan Tujuan Pelayanan Publik

Menurut UU No 25 Th 2009 Pengertian Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Sementara itu, Konteks pelayanan publik yaitu melayani kebutuhan yang berkaitan dengan kepentingan publik. Konsep Pelayanan Publik dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam mengoptimalkan pelayanan publik yaitu : Kepemimpinan (leadership), Budaya Organisasi (organizational culture), Kelembagaan, Tata Kerja (standar voperating procedural), standar pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi, sarana prasarana, penggunaan teknologi informasi, dan pengelolaan SDM. Fungsi Pelayanan Publik adalah memberikan pelayanan kepastiuan hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik. Tujuan Pelayanan Publik menurut UU No 25 Th 2009 yaitu a) terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak,kewajiban,tanggung jawab,kewenangan. b) Terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai. c) Terpenuhnya penyelenggaraan peklayanan publik. d) Terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum.

Kinerja Pelayanan Publik

Pengertian kinerja adalah pelaksanaan suatu pekerjaan dan penyempurnaan pekerjaan tersebut sesuai dengan  tanggung jawabnya, sehingga dapat mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sifat dan Bentuk Kinerja Pelayanan Publik, sifat pelayanan publik yaitu membantu masyarakat dalam menerima haqk dan kewajibannya untuk menerima pelayanan dengan baik. Kinerja adalah bersifat deskriptif jabatan dalam kinerja menjadi penting sebagai pemahaman terhadap tugas dan pokok serta tanggung jawab aparatur pelayanan publik. Kualitas kinerja pelayanan publik merupakan inti dari sebuah kinerja pelayanan menjadi poin penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik menjadi indikator keberhasilan pelayanan yang diberikan. Indikator kinerja menjadi bagian dari suatu kontrol terhadap kinerja yang dilakuksn oleh aparatur dan ada unsur-unsur yang harus terpenuhi. Indikatror manajemen kerja menurut para ahli yaitu : Tujuan, Standar, Umpan balik, Alat atau Sarana, Kompetensi, Peluang, Motiv.

Sumber Daya Aparatur Pelayanan Publik

Sumber Daya Manusia atau Sumber Daya Aparatur merupakann aspek utama dalam mencapai organisasi (Aspek mengatur bdan menjalankan sistem atau manajemen dalam organisasi). Pengertian lainnya yaitu manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha tersebut. Rekrutmen da promosi menjadi aspek yang paling mendasar dalam penerimaan dan pengembangan aparatur negara. Menurut Holidin (2013) untuk merealisasikan birokrasi terbuka dengan langkah-langkah : 1) Evaluasi kondisi terkini 2) Pembentukan tim rekruitmen dan promosi 3)Membuat rekapitulasi dan klasifikasi 4) Publikasi perekrutan dan promosi 5) Melakukan seleksi kandidat. Profesionaliotas dan Akuntabilitas, Profesionalitas adalah berkaitan dengan profesi atau pekerjaan yang dilakukan secara profesional (Suatu hal yang harus diselesaikan atau dikerjakan sesuai dengan ketentuan penyelesaian pekerjaan tersebut). Sedangkan Akuntabilitas yaitu kewajiban untuk membrikan pertanggung jawaban tentang kinerja dan tindakan seseorang, badan hukum, pimpinan suatu organisasi kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk meminta pertanggung jawaban.

Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik

Menurut KBI (2008) Reformasi adalah perubahan untuk perbaikan suatu masyarakat atau pemerintahan (bidang politik, agama, sosial, dan lainnya). Sedangkan birokrasi adalah Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan. Reformasi Birokrasi dapat disimpulkan sebagai perubahan terhadap sistem, pemerintahan menuju pemerintahan yang baik. Langkah pelaksanaan zona integritas secara efektif yaitu : a) Sepakat nilai-nilai bersama(Brainstorming, Pakta integritas, Sosialisasi pakta integritas, Publikasi komitmen) b) Mengembangkan menejemen integritas c) membangun  kerja sama pelaksanaan integritas.

Good Governance

Pengertian Good governance menurut UNDP yaitu penerapan kekuasaan polituik, ekonomi dan administratif untuk mengelola urusan suatu bangsa pada semua tingkat, sedangkan menurut Bank Dunia yaitu Cara kewenangan pemerintah digunakan dalam mengelola sumber daya ekonomi dan sosial untuk pembangunan masyarakat. Konsep Good governance adalh salah satu untuk mencapai tujuan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Karakteristik Good governance adalah participation, rule of law, transparency, responsiviness, concensus orientation, equity, effectiveness dan efficiency, accountability, dan stategic vision. Ada 7 aspek mendasar pelayanan publik yang diterapkan yaitu function, confirmance, reliability, serviceability, adanya assurance. Good governance sebagai Goals dalam penyelenggaraan pemerintahan membutuhkan berbagai konsepsi dasar dalam pengembangan sistem manajerial instansi pemerintahan, pengelolaan sumber daya manusia yang komprehensif, kualitas sarana prasarana yang vmemadai sebagai penunjang terhadap kinerja aparatur serta aspek kepemimpinan yang visioner. Pencapaian Good governance tentang asas-asas yaitu : asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan pemerintahan, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asas profesionalitas, asas akuntabilitas, asas efisiensi dan efektifitas,

Kesimpulan Pelayanan Publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan Publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Organisasi adalah batang tubuhnya, sementara menejemen adalah penggerak dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan terus berkembang serta semakin baik. Organisasi publik harus dikelola dengan menejemen publik, karena orientasi yang dibangun adalah public service atau kepentingan publik dan masyarakat. Konsep Pelayanan Publik dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam mengoptimalkan pelayanan publik yaitu : Kepemimpinan (leadership), Budaya Organisasi (organizational culture), Kelembagaan, Tata Kerja (standar voperating procedural), standar pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi, sarana prasarana, penggunaan teknologi informasi, dan pengelolaan SDM. Pengertian kinerja adalah pelaksanaan suatu pekerjaan dan penyempurnaan pekerjaan tersebut sesuai dengan  tanggung jawabnya, sehingga dapat mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sifat dan Bentuk Kinerja Pelayanan Publik, sifat pelayanan publik yaitu membantu masyarakat dalam menerima haqk dan kewajibannya untuk menerima pelayanan dengan baik. Sumber Daya Manusia atau Sumber Daya Aparatur merupakann aspek utama dalam mencapai organisasi (Aspek mengatur bdan menjalankan sistem atau manajemen dalam organisasi). Reformasi Birokrasi dapat disimpulkan sebagai perubahan terhadap sistem, pemerintahan menuju pemerintahan yang baik. Pencapaian Good governance tentang asas-asas yaitu : asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan pemerintahan, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asas profesionalitas, asas akuntabilitas, asas efisiensi dan efektifitas,
Kelebihan 1.      Kertas yang dipakai bagus sehingga penulisannya dapat terbaca dengan baik karna tidak ada yang tulisan yang tidak dapat dibaca

2.      Judulnya menarik karna tidak terlalu panjang dan rumit sehingga para pembaca jadi tertarik untuk membeli dan lainnya.

3.      Bahasa yang dipakai tidak terlalu rumit dipahami dan tiap kata yang kiranya ada penjelasannya akan dijelaskan

Kekurangan ·         Sayang cover kurang menarik sehingga ada yang tidak minat karena merasa kovernya tidak menarik maka bisa jadi kisinya juga.

·         Terlalu banyak halaman dan juga menurutku harganya cukup mahal tidak terjangkau untuk mahasiswa.

·         Dan lain-lainnya

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top