Pendidikan

Book Review Oleh Faisal Munif


Judul              : Manajemen Pelayanan Publik

Penulis            : Hayat, S.AP.,M.Si.

Penerbit          : PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Cetakan          : I, 2017

Tebal              : xviii, 226 halaman, 21 cm

ISBN               : 978-602-425-080-5

 

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

 

Buku ini membahas tentang teori-teori serta pengertian pelayanan publik yang merupakan suatu langkah dasar bagi mahasiswa ataupun masyarakat dalam memahami sutau pelayanan publik yang berada dalam pemerintahan. Dalam buku ini menjelaskan tentang karakter serta tata cara dalam memanajemen sistem pelayanan publik.

Pelayanan public merupakan pelayanan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah sebagai tolak ukur dalam penilaian kinerja suatu pemerintahan. Pelayanan yang baik dapat diukur dengan tingkat kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan. Terdapat keterkaitan antara pemerintah dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Pemerintah sebagai pelaksana teknis pelayanan publik harus mengatur proses tata cara dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat dengan baik yang sesuai dengan tujuan dari pemerintahan tersebut. Pelayanan publik tidak akan berhasil jika tidak terdapat sarana dan prasarana yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu meningkat, Seperti SDM yang berkualitas, karena SDM merupakan suatu hal yang paling utama untuk mencapai tujuan orgnaisasi, pemilihan aparatur yang baik serta memiliki kemampuan yang mumpuni, tekhnologi yang canggih guna memamngkas birokrasi yang ada. Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang baik dan lengkap maka hal itu dapat menunjang meningkatnya pelayanan public yang ada menjadi lebih baik. Dan pemerintah harus memberikan pelayanan public sebaik-baiknya kepada seluruh masyarakat tanpa adanya permbeda-bedaan Ras, Suku, Agama, Dll.

Dalam buku ini juga memberi suatu gambaran tentang suatu pelayanan publik yang berada di Indonesia, yakni Dalam penyelenggaraan pelayanan public di Indonesia masih banyak terdapat pengaruh politik dan apek lebih memilh mengutamakan keluarga atau orang-orang terdekat mereka atausering disebut sebagai aspek nepotisme. Dalam hal ini politik seringkali ikut campur dalam penyelenggaraan pelayanan public sehingga hal itu seringkali menjadi hambatan dalam pelaksanaan kebijakan public. Sehingga hal ituberdampak pada kecemburuan sosial yang ada didalam masyarakat, karena mereka merasa dibeda-bedakan antara masyarakat satu dengan yang lainnya. Dan pemerintah pun telah menegaskan hal itu dala UU no. 25 Tahun 2009, yang menegaskan bahwa aparatur negara harus melayani masyarakat dengan sebaik mungkin dan juga yang sesuai dengan apa yang mereka utuhkan tanpa ada pembedaan antara yang satu dengan yang lain. Memang dapata disadari bahwa birokrasi di Indonesia masih sangat rendah dan dapat dikatakan kurang baik. Masih sering pula dijumpai kejadian-kejadian korupsi birokrasi dan hal itu menjdi masalah besar dalam birokrasi Indonesia. Hal ini juga dipicu oleh lemahnya SDM dan sarana prasarana yang ada belum memadai.

Suatu pemerintahan merupakan suatu kelompok organisasi yang mana organisasi tersebutmerupakan suatu krangka dasar dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam organisasi pemerintahan dibutuhkan suatu manajemen yang baik agar terwujudnya kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan public.

Dalam suatu organisasi terdapat budaya-budaya yang mana hal itu adala faktor pembentuk karakter pada organisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Untuk membentuk suatu karakter organisasi yang baik, maka diperlukan suatau presepsi yang sama antar anggota organisasi dalam mewujudkan budaya organisasi yang baik. Contohnya seperti budaya bekerja, disiplin, tertib, sopan, akuntabel, berkarakter, ransparan, fungsional, serta menjunjung tinggi etika kerja yang mana semua hal itu dapat membentuk karakter aparatur yang baik dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Dalam buku ini bahasnya mudah dipahami oleh mahasiswa atau masyaraka. Dalam buku ini juga terdapat banyak gambaran-gambaran suatu pemerintahan yang terdapat di negara tertentu sehingga hal itu memudahkan pembaca dalam memahami isi setiap bab dalam buku tersebut. Namun sub bab yang dimiliki kurang lengkap, sehingga para pembaca tidak dapat membuat buku ini sebagai suatu acuan satu-satunya untuk mengerjakan tugasnya.

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top