Pendidikan

Book Review Oleh Elsa Maharani


Nama : Elsa Maharani (21701091154)

Kelas : FIA Negara 2E

Tugas : Membuat review buku “Manajeria Pelayanan Publik“ penulis hayat 2017

 

  1. Judul : MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Penulis : hayat

Penerbit : PT.RajaGrafindo Persada

Di terbitkan tahun : 2017

 

Tulisan ini berisi hasil review saya terhadap buku “MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK” di halaman pertama yaitu pendahuluan yang isinya terdapat latar belakang yang ada pada halaman depan memiliki dua macam bagian yang pertama pengertin pelayanan publik dan yang kedua manajemen dan pelayanan. Yang dapat saya ambil setelah membaca latar belakang ni bahwa pelayanan publik ada atau dilakukan untuk berorientasi pada kepentingan masyarakat tujuannya untuk masyarakat juga. Pelayanan publik yang diberikan untuk masyarakat harus selalu yang terbaik agar masyarakat puas karena indikator kepuasan masyarakat itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaran program-program pemerintahan.

Hal ini juga sudah ada dalam UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dalam pasal 1 ayat (1) bahwa pelayanan publik adalah kegiatan dalam rangka pemenuh kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan pelayanan administratif yang disedakan oleh penyelnggaran pelayanan publik. Inti dari latar belakang ini adalah bahwa pelayanan publik harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang sebaik-baiknya sebagaimana telah tercantum di dalam perundang-undangan.

Di bagian kedua dari latar belakang yang dapat saya ambil dari manajemen dan pelayanan yaitu organisasi publik erat kaitannya dengan proses manajemen publik, baik secara teori maumpun praktik. Organisasi publik harus dikelola dengan manajemne publik, karena orientasi yng dibangun adalah publik service atau untuk kepentingan publik dan masyarakat. Walaupun secara prinsip tidak ada bedanya dengan manajemen lainnya, tetapi manajemen publik mempunyai kerangka konsep yang berbeda. Karena orientasinya jelas berbeda.

Masuk ke bab 2 saya mencermati konsep,fungsi dan tujuan pelayanan publik bahwa fungsi pelayanan publik yaitu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuh kebutuhan pelayanan yang sesuai dengan peratungan perundang-undangan bagi setiap warga maupun penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pelayanan publik harus mampu memberikan pelayanan secara profesional dan berkualitas yang mempunyai implikasi positif terhadap kepuasan masyarakat. Profesinalitas pelayanan ditunjang oleh sikap dan perilaku dalam pemberi layanan. Sumber daya manusia menjadi indikator penting dalam layanan publik. Dalam konsep pelayanan publik, masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan jika pelayanan yang lakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Prinsip layanan publik menjadi rentetan birokrasi dalam pelaksanaannya. Pelayanan publik tergantung seperti apa budaya organisasi yang di bangun di dalam organisasi itu sendiri.  Budaya organisasi berjalan seiring dengan sistem yang di bangun dengan visi misi, tujuan atau strategi yang ada, sehingga membentuk karakter organisasi.

Standar pelayanan menjadi hal utama dalam aspek pelayanan publik. Oleh karena itu, penting untuk dibangun budaya inovasi dan kreatifitas dalam sebuah organisasi atau lembaga publik yang merupakan penyedia pelayanan publik.

Sarana dan prasarana adalah bagian penting dalam pemberian pelayanan. Gedung yang memadai misalnya akan memberikan keleluasaan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan meminta pelayanan. Selain itu, bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus perlu di berikan tempat khusus, misalnya penyandang cacat harus diberikan ruang pelayanan yang khusus pula. Hal itu merupakan bentuk pemberian pelayanan yang prima.

Tujuan layanan publik melayani masyarakat sebaik-baiknya dalam rangka membantu terkait dengan urusan administrasi pemerintahan atau kebutuhan barang atau jasa publik. Tujuan pelayanan publik semata-mata untuk kepentingan masyarakat yang menerima pelayanan. Jika layanannya baik, maka masyarakat akan merasa puas akan pelayanan yang diberikan.

Dalam bab 3 terdapat kinerja pelayanan publik. Kinerja publik adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dnegan wewenang dan tanggung jawab yang melekat dalam diri masing-masing, dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika yang ada. Di bab 3 terdapat banyak sekali macam-macam hal dalam kinerja pelayanan publik antara lain sifat dan bentuk kinerja pelayanan publik, kualitas kinerja pelayanan publik, indikator pelayanan publik. indikator dari pelayanan publik yaitu tujuan, standar,umpan balik, alat/sarana, kompetensi, peluang, dan motif.

Dalam bab 4 saya mencermati isi dari sumber daya aparatur pelayanan publik ini merupakan aspek utama dalam mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran strategis terhadap tujuan organisasi, bahkan menjadi sentral terhadap keberadaan organisasi. Begitupula sumber daya-sumber daya lain, dikelola dan dikembangkan melalui sumber daya manusia organisasi. Dalam mencari sumber daya manusia atau kriteria yang di inginkan biasanya diadakan rekrutmen dan promosi menjadi aspek yang paling mendasar dalam penerimaan dan pengembangan aparatur negara. Untuk memilih calon kandidat yang baik haruslah menyeleksi setiap kandidat harus sesuai dengan kriteria agar menjadi pelayanan yang sangat profesional. Karena profesionalisme sebagai hal utama dama sumber daya aparatur pelayanan publik yang baik.

Dalam bab 5 saya mencermati bahwa reformasi birokrasi pelayanan publik merupakan perubahan terhadap sistem pemerintahan menuj pemerinrahan yang baik. Gelombang dan gerakan refirmasi muncul pasca turunnya era Orde Baru pada tahun 1998 yang dimulai dari pemilihan umum tahun 1997. Konsep reformasi pelaksanaan reformasi birokrasi adalah dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaran pemerintahan.

Dalam bab 6 ini merupakan bab yang paling menjadi favorit saya karena membahas good governance, good governance merupakan pengertian dari pemerintahan yang baik . Setelah membaca dan mencermati bahwa sistem pemerintahan yang dibangun harus berdasarkan pada kebutuhan masyarakat dan kepentingan umum. Aspek kebutuhan masyarakat adalah orientasi dari penyelenggaraan pemerintah sebagai penerima pelayanan.

 

 

Kesimpulan : bahwa pelayanan publik sangat penting bagi masyarakat terutama kualitas pelayanannya harus secara profesional sehingga mampu membuat masyarakat menjadi puas dan merasa kebutuhannya terpenuhi. Karena tujuan pelayanan publik yang paling utama yaitu kepuasaan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top