Pendidikan

Book Review Oleh Dwi Ratna Fatmawati


REVIEW BUKU

 “MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK (HAYAT)”

Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Azaz-Azaz Manajemen

Dibina Oleh :

Hayat SAP, M.Si

Oleh:

Dwi Ratna Fatmawati ( 21701091163  )

Fakultas: Ilmu Administrasi Negara

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

2018

 

 

REVIEW BUKU “MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK (HAYAT)”

Kata pengantar

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Dosen saya yaitu Bapak Hayat S.AP.,M.Si.,selaku dosen pendamping atas mata kuliah azas-azas manajemen di kampus Universitas Islam Malang. Yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan. Sesuai dengan perintah untuk mereview buku yang berjudul “Manajemen Pelayanan Publik” yang ditulis oleh : Bapak Hayat dimana beliau seorang dosen Fakultas Ilmu Administrasi Publik di Universitas Islam Malang. Disini saya selaku mahasiswa yang telah diberikan tugas akan menyelesaikan tugas saya dengan sangat maksimal mungkin guna memenuhi tugas saya.

Dari buku yang berjudul Manajemen Pelayanan Publik ini berdasarkan buah pikiran dari Bapak Hayat sendiri agar Mahasiswa khususnya Fakultas Ilmu Administrasi Public dapat lebih memahami tentang arti teori dalam judul ini. Di dalam buku ini sangat jelas bagaimana seorang pelayanan public harus mampu mengatur manajemen dengan baik dan tepat agar tidak menjadi kesulitan atau tetjadi sebuah masalah dalam melakukan pelayanan public dalam dunia nyata. Di awal kata pengantar yang disampaikan oleh Rian Nugroho langsung ada penjelasan bahwa tugas pemerintah itu ada dua, membangun kebijakan public yang unggul dan memberikan pelayanan public yang berkulalitas.

Dua hal inilah yang menjadi tanggung jawab pemerintah yang harus dilaksanakan, dan buku ini lebih condong pada opsi kedua, yaitu memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Hal ini dianggap penting karna berkaitan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, dan disusul oleh Peraturan Pemerintah Nomor 96/2012, Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 15/2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan hingga Permenpan-RB No. 30/2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan.

 

Pembahasan ( Hasil Review )

Dalam pelayanan publik yang berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Bahwa pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Sudah sangat jelas bahwa pelayanan public ini harus dilakukan sesuai dengan undang-undang yang telah terpaparkan dan harus ditanggungjawabkan. Kesimpulannya bahwa pelayanan public ini merupakan hak dasar kepada warga Negara atau masyarakat sekalian dalam berbentuk pengabdian yang dilakukan dengan sangat professional, meskipun demikian juga ditekankan bagi masyarakat yang dilayani harus memiliki etika kepada pelayanan public karena sering kali dijumpai dimana masyarakat tidak memperhatikan dalam beretika pada pelayanan public.

Tidak akan ada kinerja yang baik tanpa adanya pengaruh dari seseorang yang menjalankan sistem pelayanan publik tersebut,karena tidak semua orang mampu memberikan pelayanan dengan baik karena seorang pelayan publik harus memiliki keahlian tersendiri yang harus dilatih terlebih dahulu dan melewati proses yang panjang terus berlarut.Maka dengan begitu pemerintah harus memilih seseorang yang benar-benar bisa menjalankan kinerja pelayanan public.Nah bagi seseorang yang jelas terpilih dalam mewujudkan pelayanan public ini harus memperlihatkan bahwa dia benar-benar dalam bidang pelayanan public ini,tidak hanya berbicara omong kosong tanpa ada bukti yang nyata.Dalam pelayanan public ini pemerintah juga melaksanakan reformasi birokrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,karena masyarakat sekarang tidak mudah percaya begitu saja kepada pemerintah. Konsep Good Governance adalah salah satu tujuan penting dalam penyelenggaraan pemerintah,menjalankan program kerja sesuai dengan visi dan misi pemerintah.Berbagai kebijakan yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat terus dibangun atas dasar kebutuhan dan kepentingan masyarakat.Tidak kalah penting adalah program-program kemasyarakatan juga terus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu,Safroni (2012) menyatakan bahwa pelaksanaan pemerintah yang baik-baik harus mengandung berbagai pronsip.Berikut macam-macam prinsip yang mengandung prinsip: 1).Dalam kolaborasi yang dibangun,Negara tetap bermain sebagai figure kunci,namun tidak mendominasi.2.) Kekuasaan yang dimiliki Negara harus ditransformasikan dari yang semula dipahami sebagai kekuasaan atas menjadi kekuasaan untuk menyelenggarakan kepentingan tentang public.3.)Negara, lemabaga nonpemerintah merupakan actor-aktor yang memiliki posisi dan peran yang saling menyeimbangkan,4.)Negara harus mampu mendesain ulang struktur dan kultur organisasinya.5.)Negara harus mampu meningkatkan kualitas responsivitas,adaptasi dan akuntabilitas public.

 

Daftar rujukan

Siswadi Edi. 2012, Birokrasi Masa Depan; Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif dan Prima. Bandung; Mutiara Press

https://news.detik.com/…/ini-171-daerah-yang-gelar-pilkada-sere…

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top