Geliat Lamsel

Tata Pengelolahan Anggaran Desa,Siskeudes di Lamsel Belum Diterapkan

Foto:ilustrasi

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com– Sistim pengelolaan serta pertangungjawaban Dana Desa (DD) berbasis daring melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) desa dimasing-masing Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan diduga masih belum berjalan dengan maksimal.

Hal itu yang menyebabkan rekomendasi APBDes desa maupun pelaporan – pelaporan disetiap desa di Lamsel masih menggunakan sistem manual.

Seperti dituturkan Camat Sidomulyo Eko Irawan, baginya aplikasi Siskeudes sangat bagus. Pasalnya, setiap proses perencanan, pencairan, sampai pertanggungjawaban pengunaan DD dapat di pantau secara online.Namun,minimnya tingkat pengetahuan sebagian perangkat Desa dirasa masih menjadi kendala.

“Tahun ini aplikasi Siskeudes di 16 Desa di Kecamatan Sidomulyo masih belum bisa digunakan. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya masih mengunakan cara manual. Aplikasi Siskeudes sangat bagus, karena mempermudah pemantauan pengunaan anggaran DD” ujarnya kepada lampungmediaonline melalui pesan Whats Apps,Jumat (08/06/2018).

Kendati begitu, dalam waktu dekat ini akan diadakan pelatihan di setiap desa terkait Aplikasi Siskeudes di setiap desa di Kecamatan sidomulyo.

“Infonya kedepan akan diadakan pelatihan oleh Dinas PMD dengan menggandeng BPKP ,Tapi pada prinsipnya saya mendukung siskeudes karena dapat mempermudah desa dan aman dalam penggunaan anggaran DD di 16 desa di Kecamatan Sidomulyo”katanya.

Selain di Kecamatan Sidomulyo,Hal yang sama juga terjadi di setiap desa di Kecamatan Merbau Mataram ,diungkapkan camat Merbau Mataram Yusmiati ,dirinya mengatakan,bahwa hingga saat ini Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) desa di Kecamatan Merbau Mataram belum ada penerapan.

“Memang belum semua menerapkannya,namun pada tahun 2017 lalu marak sudah desa yang ikut pelatihan di Bandar Lampung”ucapnya.

Seperti di Desa Neglasari Kecamatan Katibung,dikatakan Jamaludin Kades Neglasari mengatakan,pada tahun 2017 sudah pernah diadakan Pelatihan Siskeudes yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan.

“Sudah pernah ada pelatihan Siskeudes tahun 2017 lalu,namun untuk pelaporan DD masih menggunakan cara manual,hampir semua desa masih manual”kata jamal.

Diketahui Untuk anggaran yang berasal dari Dana Desa serta Alokasi Dana Desa (DD) saja, besarannya mencapai lebih dari Rp 1 miliar per tahun. Besarnya anggaran yang dipegang tentu membutuhkan pengelolaan yang baik, salah satunya dengan penerapan Siskeudes.(Sior)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top