Geliat Lamsel

Investor Kecewa, Dua Bulan Mengurus Izin di Lamsel Tak Kunjung Terbit


Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com – Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) sepertinya masih jauh dari harapan investor.

Sebab, meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Lamsel menggembor-gemborkan bahwa mengurus izin di Lamsel maksimal satu jam, namun sepertinya belum mulus. Dimana, masih ada pemohon yang merasa kecewa mengurus izin di Lamsel.

Yakni, pemohon yang mengurusi izin perumahan di Kecamatan Natar. Para investor tersebut kecewa lantaran mengurus izin di Lamsel hingga kurun waktu 2 bulan tak kunjung terbit. Padahal, mereka mengaku seluruh persyaratan telah dilengkapi dan dipenuhi.

“Semuanya sudah lengkap, tapi hingga lebih dari hitungan 2 bulan izinnya belum terbit juga. Ini namnya menghambat investasi di Lamsel,” ujar Amin Suminta, selaku perwakilan perusahaan pengembang perumahan itu, kepada lampungmediaonline.com saat bertemu di DPMPPTSP Lamsel, Kamis (7/6/18).

Lebih dari pada itu, Amin yang didampingi rekannya Ainul Fajri juga mengaku telah memenuhi retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya. “Sudah kita penuhi semua termasuk untuk retribusi juga sudah. Apalagi yang kurang,” kata Amin.

Bahkan, mereka juga sempat meradang. Penyebabnya, saat mereka hendak mempertanyakan kesulitan membuat izin namun Kepala DPMPPTSP Lamsel, Martoni, tidak berada ditempat.

“Semestinya gak perlu dipersulit dan diperlambat seperti ini. Sebab, selain dari meningkatkan inflasi perusahaan, ini juga dapat mengurangi nilai pengangguran di Lamsel. Selain itu, juga membantu menekan tingkat kemiskinan di daerah ini. Karna perumahan ini rumah bersubsidi untuk masyarakat,” sambung Amin yang juga merupakan Ketua Gerakan Anti Korupsi (GAK) dan Sekretaris TAMPIL Lampung.

Kelang beberapa menit kemudian, mereka mengkonfirmasi masalah tersebut kepada Sekretaris DPMPPTSP, Syaiful Anwar, diruang kerjanya. Namun Syaiful beralasan, OPD ini tidak mungkin menghambat proses pembuatan izin apabila syaratnya sudah lengkap. “Kalau syarat sudah lengkap, pasti langsung diproses dan hanya butuh waktu maksimal satu jam untjk menerbitkan izinnya,” kilahnya.

Senada juga dikatakan Kepala DPMPPTSP Lamsel, Martoni saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp. Menurut Martoni, jika syarat tidak lengkap, perizinan juga enggan memprosesnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Perizinan, Pramudya Wardhana menegaskan, besok Jum’at (8/6/18) izin perumahan tersebut bakal siap diterbitkan. Apabila tidak, pihaknya siap menanggung dampaknya.

“Saya janji. Kalau emang gak terbit besok, bolehlah tuliskan di media massa kalau saya tukang bohong,” tegasnya seraya menenangkan pemohon yang tengah meradang tersebut. (doy/sior)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top