Geliat Tanggamus

Tahun 2019, RSUD Batin Mangunang Targetkan Raih Akreditasi Paripurna


Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – RSUD Batin Mangunang, Kota Agung Targetkan pada 2019 mendatang mendapat Akreditasi Paripurna. Menurut Yudi Indarto, Dirut RSUD Batin Mangunang, hal itu sebagai upaya lanjutan peningkatan akreditasi dasar yang sudah didapatkan tahun ini.

“Untuk rumah sakit akreditasinya hanya dua, tingkat dasar dan paripurna. Beda dengan puskesmas yang ada empat klasifikasi akreditasi,” terangnya, Jumat (4/5).

Lebih lanjut ia mengatan meskipun tipe rumah sakit yang dikelolanya hanya tipe C, namun target paripurna akan tetap jadi incaran.

Sebab selain akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit, hal itu pun mengangkat nama daerah. Tentu sebagai daerah yang berstatus kabupaten harus ada rumah sakit yang baik.

“Kami memang menargetkan lulus penilaian Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) jadwalnya disurvei akhir tahun ini. Jika lulus dari penilaian maka masuk 2019 akreditasi sudah naik jadi paripurna,” ujar Yudi.

Ia mengaku memang tidak mudah agar lulus dalam penilaian SNARS tingkat paripurna.

Namun belajar dari pengalaman penilaian akreditasi dasar lalu, maka target paripurna dicoba bisa diraih tahun depan.

“Sebab akreditasi rumah sakit merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh rumah sakit, khususnya berstatus negeri,” ungkapnya.

“Untuk persiapan sudah dilakukan sejak sekarang, saya sekarang tegas kepada personal rumah sakit, baik tim medis atau non medis, sebab ini demi kepentingan kita juga,” jelasnya

Masih menurutnya, persiapan besar adalah adanya ruang isolasi untuk pasien dengan penyakit yang berbahaya. Saat ini bangunan untuk bakal ruang isolasi memang sudah ada, namun belum tergarap.

“Untuk pembuatan ruangan seperti itu memang butuh dana besar, dan tetap kami buat, sebab saat penilaian nanti pasti ditanyakan,” kata dia.

Selain itu tersedianya pelayanan antimirkoba dan pelayanan geriatri. Untuk antimirkoba adalah pelayanan berbentuk penelitian apa penyebab pasien masih alami sakit meski selama ini sudah berobat berulang-ulang.

Nanti ada pelayanan penelitian faktor apa penyebab pasien ini tidak sembuh-sembuh dari sakitnya.

Yudi mengaku masalah itu akan dipecahkan di laboratorium, maka pelayanan labolatorium dimaksimalkan. Harapannya ke depan setelah pelayanan ini ada pasien yang selama ini tidak sembuh-sembuh bisa disembuhkan.

Selanjutnya untuk pelayanan geriatri adalah pelayanan bagi lanjut usia. Gambaran teknis pelayanan memberikan terapi kepada lansia.

Pelayanan ini seperti posyandu lansia tapi lebih ke penanganan medis. Sedangkan dokter-dokter spesialis, sudah tersedia.

“Itu pula yang mendasari supaya RSUD Batin Mangunang bisa mendapatkan akreditasi paripurna,” jelasnya.

Di luar itu, ke depan bakal ada enam unit mobil ambulans, setelah disetujuinya tambahan bantuan dua unit ambulans. Selama ini ada empat unit, dan akhir tahun ini ada dua unit ambulans lagi.

“Ambulans itu dari pusat, di sini hanya mengajukan yang disetujui pemkab dan DPRD, hasilnya di pusat sudah disetujui,” katanya.

Sifat pelayanan mobil ambulans hanya untuk rujukan dan mengantarkan jenazah. Untuk rujukan selama ini terjauh mengantarkan ke RSUD Abdul Moeloek, Bandar Lampung.

Dengan estimasi ongkos hampir Rp1 juta. Itu untuk menanggung bahan bakar, makan minum sopir dan satu perawat, dan setoran ambulans.

“Untuk ambulans memang tidak gratis sebab sudah diatur dalam perda. Apabila ingin gratis maka hapuskan dulu perda biaya ambulans, maka kami akan gratiskan ambulans,” ungkapnya. (Man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top