Geliat Waykanan

Pemkab Way Kanan Siapkan Pembangunan Sentra IKM


Way Kanan, www.lampungmediaonline.com – Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul,S.Sos.,M.I.P memimpin rapat Focus Discussion Group pembahasan Draf Perencanaan Pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 di Aula Bappeda setempat, Rabu (22/05/2018).

Didampingi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yunada Atiek, S.E., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Imanto, S.H.,M.M dan Kepala Bidang Subdirektorat Pengembangan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah Dirjen Pusat Pertumbuhan Industri Wilayah Dua Kementerian Perindustrian, Syahresmita, Sekda Saipul mengatakan Pemerintah Daerah mempunyai program pembangunan terkait dengan pengembangan koperasi dan industri mikro kecil menengah yang terfokus, namun kurang optimal dalam pelaksanaannya.

“Penurunan tersebut dikarenakan Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2017 lalu mengalami penurunan yaitu 65,74% dan pada tahun 2018 ini Pemerintah Daerah memiliki target pencapaian 68% dengan sektor penjunjang dari pendidikan dan kesehatan yang telah berjalan dengan baik”, ujar Saipul pada rapat yang juga dihadiri oleh Kepala dan Unsur Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perkebunan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pendapatan Daerah dan Camat Way Tuba.

Sekda lulusan Strata Dua Ilmu Pemerintahan Universitas  Lampung itu juga mengatakan pada penunjang sektor ekonomi masih lemah. Hal ini dikarenakan pada pertengahan tahun 2017 lalu terjadi penurunan harga singkong serta komoditif yang masuk mengalami keterlambatan.

“Terkait dengan lapangan pekerjaan juga menjadi fokus dan target Pemerintah Daerah dalam mengurangi angka pengangguran. Jika Industri Kecil Menengah dapat terbangun di Kabupaten Way Kanan, maka akan sangat membantu”, lanjut Saipul.

Ditempat yang sama, Kabid Subdirektoral Pengambangan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah, Syahresmita menjelaskan bahwa syarat untuk pembentukan Industri Kecil dan Menengah yaitu kesiapan Pemerintah Daerah untuk menyediakan lahan sesuai dengan RT-RW minimal 5.000.m2 dan layak secara topografi untuk pembangunan fisik dilengkapi dengan dokumen legalitas kepemilikan lahan oleh Pemda serta mempunyai insfrastruktur penunjang menuju lokasi sentra.

“Memiliki pola pengembangan sentra IKM, memiliki dokumen DED pembangunan sentra IKM dan instalasi pengelola air limbah, menyusun AMDAL,UKL, dan UPL, produk IKMnya mempunyai prospek untuk dikembangkan yang dilihat dari potensi dasar, ketersediaan bahan baku dan ketersediaan tenaga kerja”, ujar Syahresmita.

Selanjutnya, Surat pernyataan ketersdiaan dari minimal 10 IKM untuk direlokasi atau IKM yang baru berdiri ke sentra IKM yang baru. Surat pernyataan Pemdabersedia untuk membentuk kelembagaan pengelola yang disahkan oleh Instansi terkait atau notaris serta terdapat IKM sejenis yang tersebar dan tidak tertata dengan baik sehingga sulit dikembangkan untuk meningkatkan daya saingnya.

Dan Berikutnya, dilakukan pemaparaan materi oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Promosi Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah, John Henry yang menjelaskan bahwa Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah yaitu lokasi pemusatan sekelompok IKM yang terpisah dari tempat tinggal, menghasilkan produk sejenis dan atau beberapa produk, berlokasi di Kawasan Peruntukan Industri atau di wilayah yang direncanakan menjadi Kawasan Peuntukan Industri baik berada di dalam atau luar KPI, dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, serta dikelola oleh suatu lembaga pengelola yang profesional.

“Tujuan dari Sentra IKM yaitu memberikan gambaran mengenai analisis kondisi eksisting IKM yang ada dan analisis potensi pengembangan Sentra IKM, serta gambaran mengenai strategi pengembangan yang dapat digunakan Pemerintah baik pusat maupun daerah dan stakeholder terkait sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Sentra IKM di Kabupaten Way Kanan”, Ujat John Henry.

“Dengan sasaran tersusunnya pola pengembangan sentra IKM untuk Kabupaten Way Kanan yang memuat analisis IKM, kebijakan pengembangan sentra IKM, infrastruktur, dan analisis lingkungan, analisis kelayakan, rencana bisnis, analisis pengelola Sentra IKM, rencana strategis dan rencana aksi, site plan dan tahapan pembangunan sentra IKM”, tutup John Henry yang juga dilakukan pemaparan lanjutan serta diskusi tentang perencanaan pembangunan sentra IKM di Kabupaten Way Kanan yang direncanakan akan dibangun di Kampung Bandar Sari Kecamatan Way Tuba.(hum/Hadi)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top