Geliat Pringsewu

Diduga SMP N 1 Sukoharjo, Lakukan Pungli Berkedok Infaq


Pringsewu, www.lampungmediaonline.com Dugaan pungli berkedok infaq masih marak terjadi tak terkecuali di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Setempat.

Hal itu disampaikan oleh Salah seorang wali murid yang enggan namanya disebutkan, mengatakan dirinya merasa keberatan dengan sumbangan atau infaq yang jumlahnya di tentukan dan wajib. Hal ini dikemas dalam bentuk musyawarah komite tetapi terkesan sudah dikondisikan dengan pihak sekolah.

“Kami keberatan mas katanya infaq tapi jumlahnya ditentukan, dan jumlah nya besar mas kalau bagi kami yang masyarakat tidak mampu” katanya.

Lebih lanjut pria ini menjelaskan bahwa besaran yang dibayar wali murid adalah bervariasi. “Untuk kelas tujuh ditetapkan harus membayar infaq Rp. 150.000 dan untuk kelas delapan Rp 200.000 ini wajib mas katanya bulan Juni 2018 harus lunas” tambahnya

Hal senada dikatakan salah satu wali murit yang anaknya duduk di kelas delapan SMPN 1 Sukoharjo menuturkan. “Iya saya bayar Rp 200.000 mas kalau keberatan saya keberatan apalagi saya orang ngak mampu. Yang anehnya pembangunan musolla nya sudah berjalan dari 2017 dan sudah hampir selesai. Aneh kok ngumpulin wali murid dan minta iuran pembangunan nya di Tahun 2018” ujarnya.

Saat di konfirmasi Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Sukoharjo, Eko membenarkan bahwa di sekolahnya masih berlangsung pembangunan musolla ketika di konfirmasi terkait iuran wali murid,  Eko membantah tidak ada iuran melaikan infaq.

“Itu Infaq mas, tidak kita patok, itupun komite yang mengadaknya” kata Eko. Selasa,(22/2/18)

Namum sayangnya Kepala Sekolah SMPN 1 Sukoharjo belum dapat dikomfirmasi.

Untuk diketahui mengacu kepada peraturan dan perundangan sudah tidak sesuai dengan Permendikbud No 75 Tahun 2016 Tentang Komite serta Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016 Tentang Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) dan UU No 31 Tahun 1999 Junto No 20 Tahun 2001.  

Sumbangan sangat berbeda dengan pungutan sumbangan bersifat sukarela tidak memaksa,  tidak mengikat dan ditentukan oleh pihak sekolah baik jumlah maupun jangka waktu pemberiannya. (mega)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top