Pendidikan

Dinas Pendidikan Tanggamus Melalui Bidang Dikmas Mengadakan UN Kesetaraan Paket C


Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Dinas pendidikan kabupaten Tanggamus melalui bidang pendidikan Masyarakat (Dikmas), menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Kesetaraan paket C atau setingkat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Tanggamus. Acara tersebut berlansung selama empat hari dimulai pada hari Jum’at (27/4) diakhiri pada hari Senin (30/4), dan diikuti oleh 446 peserta ujian paket C yang dibagi delapan PKBM se-kabupaten Tanggamus.

Menurut keterangan Kasi Dikmas Dinas Pendidikan, Juwita Putri,SE.MM. mewakili kabid Paud, Dikmas, PKLK,Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus,Hi.M.Saipudin Juhri,M.Pd.I, menjelaskan pada dasarnya keberadaan Ujian Nasional Kesetaraan paket C ini memiliki sisi positif  tergantung dari sudut pandang yang diambil. Dari segi positifnya UN dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yang penyelenggara paket C. adapun tujuan dari penyelenggaraan Ujian Nasional Kesetaraan paket C ini adalah untuk menentukan kelulusan peserta didik yang mengikuti program kesetaraan paket C.

“Untuk mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam mendidik, salah satu cara yang bisa dilakukan melalui ujian. Namun dalam pembuatan naskah soal ujian harus ada standardisasi dari pemerintah,  dan tahun 2018 ini ujian kesetaraan paket C dilaksanakan secara mandiri tidak ada bantuan  dari pusat,”kata Juwita Jum’at (27/4).

Selanjutnya Juwita menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan di delapan PKBM yang tersebar di Kabupaten Tanggamus.

PKBM tersebut adalah:

  1. PKBM Sejahtera Ujian di selenggarakan di SMA Negeri 1 Wonosobo Kecamatan Wonosobo yang diikuti oleh 17 peserta.
  2. PKBM Martini lokasi ujian di selenggarakan di SMA Negeri 1 Kotaagung yang diikuti oleh 74 peserta.
  3. PKBM Prima lokasi ujian diselenggarakan di SMA negeri 1 Talangpadang Kecamatan Talang Padang diikuti 35 peserta.
  4. PKBM Pertiwi lokasi ujian diselenggarakan di SMA negeri 1 Cukuhbalak Kecamatan Cukuh Balak diikuti oleh 36 peserta.
  5. PKBM Sejati lokasi ujian Dilaksanakan di SMK Ma’arif Kecamatan Semaka diikuti oleh 50 peserta.
  6. PKBM Langit Bumi lokasi ujian dilaksanakan di SMKN 1 Kecamatan Kotaagung Barat diikuti oleh 65 peserta.
  7. PKBM Endukasi Centre lokasi ujian dilaksanakan di SMK Al-Barokah Kecamatan Gisting diikuti oleh 109 peserta.
  8. PKBM Cahaya Ilmu lokasi ujian dilaksanakan di SMK Bumi Nusantara Kecamatan Wonosobo yang diikuti oleh 60 peserta.

Adapun Mata pelajaran yang akan di ujikan adalah, untuk hari pertama Jum’at (27/4),  jam 07.30-10.30, untuk jurusan IPS dan IPA mata pelajaran Bahasa Indonesia, jam  13.30-15.30, untuk jurusan IPS mata pelajaran Giografi, sedangkan jurusan IPA mata pelajaran Kimia.

Untuk hari kedua Sabtu(28/4) jam yang sama untuk jurusan IPS dan IPA mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, sedangkan jam kedua untuk jurusan IPS mata pelajaran Sosiologi dan jurusan IPA mata pelajaran Biologi.

Hari ketiga Minggu (29/4) jam pertama untuk jurusan IPS dan IPA mata pelajaran Bahasa Inggris. Jam kedua untuk jurusan IPS mata pelajaran Ekonomi sedangkan jurusan IPA mata pelajaran Fisika.

Pada hari terakhir Senin (30/4) hanya satu mata pelajaran yang di ujikan yaitu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Kasi Dikmas, Juwita  menjelaskan melihat sejumlah persiapan yang telah dilaksanakan, Ia optimis siswa tidak mengalami kendala, hal itu karena jauh sebelum dilaksanakan Ujian Nasional Kesetaraan Paket C, sejumlah persiapan telah silakukan baik oleh PKBM pelaksana ujian maupun oleh peserta ujian.

“Adapun kendala lainnya, yang mungkin terjadi seperti kendala faktor umur karna banyak peserta ujian ini yang umurnya sudah tua sudah otomatis daya tangkap dan ingatan pun  berkurang, tapi saya opsimis masing-masing sekolah sudah mensiasatinya dengan baik bagaimana caranya dan kita harapkan penyelenggaraan Ujian Nasional Kesetaraan Paket C ini berjalan lancar dan dengan hasil yang memuaskan, adapun keputusan yang diambil pemerintah terkait Ujian Nasional kesetaraan paket C,kami yang dilapangan siap untuk melaksanakan, jadi tidak ada masalah untuk Ujian Nasional kesetaraan paket C ini ”ujarnya.

Lanjutnya, sejak awal sebagian besar penyelenggara atau PKBM sudah melakukan persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional kesetaraan paket C, baik dengan mengadakan kegiatan tambahan jam pelajaran maupun menyelenggarakan ujicoba ujian nasional, soal yang akan dikerjakan oleh siswa akan dikirim langsung oleh pusat, dan siswa dalam hal ini harus tepat waktu menyesuaikan jadwal yang ditentukan, UN sendiri lanjutnya mempermudah siswa, resiko bocornya materi yang akan diuji juga tidak ada.

“Waktu pelaksana tetap seperti biasa dalam sehari dibagi dua termin, termin pertama mulai pukul 08.30-10.30, termin kedua dari pukul 10.30-12.30 Wib,”terang Juwita.

Hal senada juga disampaikan Adi Sucipto ketua PKBM Martini Pekon Kanyangan    Kotaagung Barat,penyelenggara ujian nasional kesetaraan paket C mengatakan, lembaganya siap mengikuti kebijakan yang diambil pemerintah terkait keberadaan ujian nasional kesetaraan paket C. Apalagi pemerintah pasti sudah mempertimbangkan secara matang ketika akan mengambil sebuah keputusan.”Kami selaku pelaksana dilapangan akan mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah,”jelasnya.

Menurut dia, sejak awal pihaknya telah mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi ujian nasional ini. Persiapan tersebut adalah dengan melakukan penambahan jam pelajaran bagi peserta didik, untuk diketahui PKBM Martini tahun ini terdata ada 74 orang yang mengikuti ujian ini,meningkat dari tahun yang lalu yang mengikuti Ujian Nasional kesetaraan paket C,”pungkasnya.(man)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top