Pendidikan

Polda Lampung Ajak Mahasiswa Darmajaya Beretika Berlalu Lintas


Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memberikan penyuluhan Etika Tertib Berlalu Lintas kepada mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana Kampus Darmajaya ini diikuti 300 perwakilan organisasi kemahasiswaan dan mahasiswa IIB Darmajaya, kemarin (15/03).

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Ditlantas Polda Lampung, Kompol Entiyati mengatakan, etika berlalu lintas adalah tatakrama, sopan santun, saling menghormati, toleransi, menaati peraturan/undang-undang lalu lintas baik berjalan kaki maupun berkendara. Sehingga masyarakat merasakan nyaman serta tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelacaran berlalulintas (Kamseltibcarlantas).

Ia melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas diantaranya faktor pengemudi, faktor kondisi kendaraan, faktor kondisi jalanan, dan faktor cuaca/alam.

“Sebagian besar kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor pengemudi. Diantaranya tidak disiplin/melanggar peraturan, emosional/tidak sabar, daya konsentrasi kurang, kurang trampil, ngantuk/lelah, mabuk/pengaruh obat/minuman keras. Karena itu, penting pengemudi untuk menerapkan etika berlalu lintas,” ujarnya.

Kompol Entiyati menambahkan, untuk pengemudi kendaraan roda empat dan penumpang yang duduk disampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan. Dimana sabuk keselamatan bermanfaat untuk mengurangi resiko kecelakaan, resiko kepala pengemudi terbentur dasboard/kaca dan terlempar keluar.

“Sementara setiap orang yang mengendarai dan menumpang sepeda motor wajib mengenakan helm berstandar SNI. Manfaat menggunakan helm untuk melindungi kepala dari benturan/fatalitas jika terjadi kecelakaan, kaca helm melindungi mata dari debu, dan dapat membantu konsentrasi dalam berkendara,” paparnya.

Menanggapi kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pemasaran, dan Kerja Sama, Muprihan Thaib, S.Sos., MM mengucapkan terimakasih kepada Ditlantas Polda Lampung yang berkesempatan memberikan penyuluhan kepada para mahasiswa.

Menurutnya, kemacetan terjadi bukan hanya terjadi akibat jalan yang tidak lebar, atau padatnya jumlah kendaraan, tetapi indikator utama terjadinya kemacetan yakni tingkat ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas yang masih rendah.

“Kalaupun setiap 1 meter diawasi oleh 1 polisi, tetapi kita sebagai pengguna jalan tidak ada kesadaran untuk tertib, maka masalah lalu lintas tetap saja terjadi. Karena itu, semoga melalui kegiatan ini, mahasiswa Darmajaya dapat menjadi corong bagi aparat keamanan untuk menyampaikan kepada teman, keluarga, orang terdekat, dan masyarakat tentang pentingnya etika berlalu lintas,” harapnya.(Hum/Citra)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top