Geliat Lambar

Parosil:Implementasi RPJMD Hakikatnya Untuk Pembangunan Terarah


 

Lampung Barat.www.lampungmediaonline.com-Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017-2022 hendaklah dijadikan sebagai payung yang dapat memberikan arahan pembangunan. Oleh karena itu, RPJM harus dapat di implementasikan baik dalam penyusunan renstra OPD maupun sebagai arah perencanaan program pembangunan, sehingga dapat mencapai visi misi maupun arah pembangunan dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Hal ini dikatakan oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus ketika membuka secara resmi Musrembang RPJMD Kabupaten lampung barat, Di Gedung Serba Guna Ratu Piekulun RSUD Alimudin Umar,Kamis(01/03/2018).

Bupati juga mengatakan keberhasilan implementasi RPJMD pada hakekatnya ditentukan oleh kemauan baik dan kerja keras aparatur Pemerintah Kabupaten maupun dukungan partisipasi aktif masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna. Dengan demikian Musrembang RPJMD harus mendapatkan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategis, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Ini permasalahan kita, permasalahan kabupaten Pemerintah Kabupaten Lambar untuk merencanakan pembangunan tidak terarah sebab data yang dimiliki belum optimal, jika ingin merencanakan pembangunan yang diarahkan pada perwujudan masyarakat Kabupaten lambar yang sejahtera, berbudi pekerti luhur, dan berbudaya berbasis potensi ekonomi local, maka setiap OPD harus memiliki data yang akurat, bagus dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga kedepan dapat menjadi bahan informasi bagi rencana penyusunan perencanaan daerah.” Kata bupati.

Untuk itu, Bupati Lambar mengharapkan agar lewat Musrenbang RPJMD dapat menjadi motivasi bagi seluruh OPD agar dapat mewujudkan proses perencaan pembangunan yang bertumbuh pada kapasitas dan potensi local yang membutuhkan sentuhan penguatan dan pengembangan pembangunan, guna mengakselerasi perubahan-perubahan yang fungsional dalam rangka mewujudkan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat yang maju dan berkualitas dan suasana kehidupan yang berkeadilan dan demokratis secara berkelanjutan, harap Bupati.

Selanjutnya forum musrenbang RPJMD ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan, dengan tujuan agar aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan khususnya masyarakat tersebut dapat di formulasikan dan dirumuskan dalam program pembangunan lima tahun ke depan sesuai dengan visi dan misi yang telah kami sampaikan. visi misi yang kami pilih dan rumuskan tentunya sudah melalui pemikiran, perenungan serta proses diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Lambar yang kita cintai ini.

Untuk itu, perlu ada suatu rencana makro yang sinergis dan selaras dengan rencana pemerintah provinsi dan nasional dalam rangka mewujudkan kualitas pembangunan dan pelayanan untuk kesejahteran masyarakat. beberapa hal yang menjadi perhatian seperti upaya peningkatan indeks pembangunan manusia Kabupaten Lambar juga akan terus dilakukan diantaranya dengan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan tentunya kesejahteraan masyarakat khususnya petani yang merupakan mata pencaharian utama masyarakat Lambar.

Infrastruktur yang mantap seperti jalan, jembatan dan listrik serta air bersih juga akan diwujudkan dalam rangka mendukung peningkatan kualitas dan pengembangan beberapa sektor seperti perkebunan, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan pelayanan publik. percepatan pembangunan ini dilakukan hingga ke wilayah desa-desa sehingga beberapa program yang menjadi prioritas diharapkan dapat mempercepat terciptanya kondisi lampung barat yang lebih baik. sehingga pada akhirnya saya berharap pada tahun 2020 seluruh desa di wilayah Kabupaten Lambar sudah teraliri listrik dan sudah terlepas dari kategori desa tertinggal.

”dalam kepemimpinnya lima tahun kedepan ada tiga program unggulan yang ingin dicapai yaitu mewujudkan kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten Konservasi, mengingat lebih dari 60 persen wilayah terdiri dari kawasan hutan. Kemudian menjadikan kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten Literasi, program tersebut sejalan dengan program pemerintah provinsi. Selain itu sebagai daerah yang memiliki tingkat kerawanan bemcana, pemerintah Kabupaten ingin menjadikan Lampung Barat sebagai Kabupaten Siaga Bencana”,kata Bupati.

Dalam acara tersebut selain Bupati Lambar Parosil Mabsus juga di hadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat MM.MEP., Wakil Bupati Lambar Drs.Mad Hasnurin, Wakil Ketua 1 DPRD Lambar Sutikno, Asisten Bidang Pemrintahan dan Kesra drs.Adi Utama., Fokompinda,Muspida, Camat , Peratin , tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, Lsm Dan Rekan-Rekan Media Massa.(*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top