Geliat Lamsel

Diduga Akibat Angkutan Perusahaan,Kerusakan Jalan di Katibung “Pemerintah-Perusahaan” Dikumpulkan

Foto:Pihak Kecamatan Katibung memanggil Perwakilan Perusahaan Pertambangan Galian C di Kecamatan Katibung,Jumat(16/03/2018) di Aula Kecamatan Setempat.Foto sior

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com-Setelah sebelumnya diberitakan,warga Kecamatan Katibung Lampung Selatan merasa kecewa terhadap pembangunan proyek rigit beton senilai Rp.4,9 miliar yang saat ini berantakan.

Proyek yang bersumber dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah(APBD) di ruas jalan penghubung Umbulbayur-Babatan itu dirampungkan pada akhir Desember tahun 2017 lalu.

Selain itu juga,kerusakan jalan bukan saja terjadi di ruas jalan Umbulbayur -Babatan namun hampir diseluruh jalan di Kecamatan Katibung yakni di Desa Tanjung Agung dan Desa Tanjungan.

Diduga,kerusakan Jalan tersebut diakibatkan dari Armada Angkutan Penambangan Batu Andesit yang berasal dari salah satu Perusahaan Galian C yang berada di Desa Neglasari tepatnya di kawasan register 45 dan tiga perusahaan tambang lainnya di Desa Tanjung Agung.

Armada angkutan yang kerap melintas setiap harinya itu,diduga melebihi Tonase muatan,akibatnya jalan dibeberapa titik di Kecamatan Katibung seperti di Umbul Bayur dan desa Induk Tanjungan ,Tanjung Agung mengalami kerusakan Serius.

Menanggapi hal itu,Pemerintah Kecamatan Katibung,Jumat(16/03/2018) kemarin memanggil seluruh Perusahaan pertambangan galian C .

Pemanggilan itu diketahui merupakan Sosialisasi Pemerintah Kecamatan terhadap perusahaan pertambangan batu yang kerap melintas disimpang Babatan dan ruas jalan katibung raya.

Namun sayangnya,dari keseluruhan Perusahaan pertambangan galian C yang berada di Kecamatan Katibung itu,tidak semua hadir dalam kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kecamatan Katibung.Dari pantauan dilapangan hanya ada 10 perwakilan Perusahaan yang hadir diantaranya:

1.CV.Anugerah Batu Cakrawala
2.PT.Batu Makmur
3.PT.Nipindo Berkah Alam
4.PT.NBA
5.PT.SBN
6.PT.SJPK/SN
7.PT.Batu Alam
8.PT.BAT
9.PT.INP
10.SBL

Menurut Agus salah satu perwakilan Perusahaan dari PT.ABC mengatakan,pemanggilan tersebut merupakan sosialisasi Pemerintah terhadap aktifitas perusahaan Pertambangan Galian C di Kecamatan Katibung.

“Hanya himbauan dari pihak Kecamatan untuk mengurangi muatan (angkutan) dan Blasting,rencananya sih akan ada Pemanggilan lagi dari pihak Kecamatan”kata Agus.

Diberitakan sebelumnya,Camat Katibung Sabilal menjelaskan penyelesaian kerusakan jalan ini mesti disikapi serius. Apalagi kata dia kerusakan juga melibatkan truk-truk pengangkut batu dari pertambangan.

“Ya, soal rekanan itu tanggungjawab dinas terkait. Kecamatan dalam hal ini hanya menyampaikan aspirasi masyarakat saja. Namun perlu ada sinergi juga dari truk pengangkut batu yang juga menyebabkan kerusakan jalan ini,” terangnya.

Dalam waktu dekat mantan Camat Rajabasa ini bakal kembali memanggil perwakilan pertambangan batu yang kerap melintas disimpang Babatan itu. “Secepatnya kami upayakan pertemuan itu supaya ada solusi, apakah perusahaan bersedia memperebaiki bersama rekanan atau tidak,” imbuhnya.(sior/zul)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top