Geliat Lamsel

Warga Keluhkan Adanya Biaya Pelayanan Mobil Ambulan Gratis,DPRD Lamsel Minta KUPT Di Copot

Keterangan Foto:Sejumlah warga mengungkapkan adanya pungutan biaya dihadapan Bupati Lamsel Zainudin Hasan pada acara Musrenbang Kecamatan Katibung,selasa(06/02).

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com-Terkait pelayanan kesehatan di Kabupaten Lampung Selatan yang di Programkan oleh Bupati Lampung Selatan Dr. H.Zainudin Hasan S.H.M.H yang memprioritaskan pelayanan kesehatan bagi warga miskin secara gratis,dalam menyediakan mobil Ambulan disetiap Puskesmas di 17 Kecamatan di Lampung Selatan ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya.

Itu terbukti dari pengaduan warga Kecamatan Katibung yang mengungkapkan dihadapan orang nomor satu di Lamsel pada acara Musrenbang Kecamatan Katibung tahun 2018 di Lapangan SMP N 1Kecamatan Katibung Desa Tanjung Agung,selasa(06/02/2018).

Dimana sejumlah warga mengungkapkan bahwa adanya pungutan biaya di Puskesmas Rawat Inap Katibung yang terletak di Dusun Umbul Kidul Desa Pardasuka Kecamatan setempat.Apa yang diungkapkan warga tersebut mencidrai perkataan bupati yang memprogramkan pelayanan mobil Ambulan disetiap Puskesmas untuk melayani warga Lampung Selatan dalam pelayanan kesehatan secara gratis.

Namun sayang pada acara Musrenbang yang dihadiri seluruh Kepala OPD Lampung Selatan,tak terkecuali Kepala Dinas Kesehatan Jimy Hutapea itu,tidak nampak terlihat (tak hadir red)Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Puskesmas Rawat Inap Katibung pada acara yang dihadiri oleh orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan itu.

Dihadapan ratusan masyarakat Kecamatan Katibung ,sejumlah warga yang awalnya dipanggil pak bupati untuk menayakan langsung program Pemerintah Daerah Lampung Selatan seputar pelayanan pembuatan KTP gratis,pelayanan mobil ambulan gratis dan pembuatan izin keliling yang ada di Kecamatan Katibung.

Sejumlah warga yang merupakan ibu -ibu itu secara mengejutkan mengatakan kepada bupati bahwa adanya sejumlah pungutan biaya oleh pihak Puskesmas rawat inap dalam pelayanan mobil ambulan yang diminta secara berfariasi ,berkisar Rp.150 ribu rupiah hingga Rp.250 ribu rupiah.

Sotak mendengar hal itu,Bupati Zainudin Hasan mengatakan di depan ratusan warga Kecamatan Katibung dengan tegas,bahwa program pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu tidak dipungut biaya alias gratis,seperti Ambulan Gratis yang di siapkan oleh Pemerintah Daerah Lampung Selatan dalam melayani pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Lamsel.

Menanggapi hal tersebut,salah satu anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan dari komisi D ,Akbar Gemilang mengatakan sangat menyesalkan tindakan pihak Puskesmas Rawat Inap Katibung yang masih melakukan pemungutan biaya untuk pelayanan mobil Ambulan yang diprogramkan oleh Bupati Lampung Selatan untuk pelayanan warga secara gratis.

“Masih saja ada oknum pegawai kesehatan yang tidak mengindahkan program pak bupati,apa lagi pengakuan sejumlah warga itu diungkapkan pada acara Musrenbang Kecamatan”kata Akbar.

Menidaklanjuti hal itu,tolak ukur untuk di kategorikan sebagai sejahtera pada suatu masyarakat adalah ketika masyarakat itu sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang layak atau terpenuhi, namun dalam perilaku masyarakat setiap hari dua komponen ini belumlah sepenuhnya di nikmati oleh masyarakat.

“Kami akan berkordinasi ke dinas terkait terkait tindakan medis terhadap pasien gawat yang berujung pada lambatnya penanganannya dan kita akan sikapi pengakuan warga,jika perlu kita usulkan KUPT nya untuk di ganti oleh bupati”terang Akbar saat menghadiri acara Musrenbang Kecamatan Katibung.

Namun jika mengacu pada standar pelayanan minimal bidang kesehatan kabupaten/kota maka fungsi Puskesmas Rawat Inap sebagai tempat rujukan pertama bagi kasus tertentu yang perlu dirujuk, mempunyai beberapa fungsi pokok, antara lain Fungsi sesuai dengan tugasnya yaitu pelayanan,pembinaan dan pengembangan, dengan penekanan pada fungsi pada kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan fungsi rehabilitative, kemudian Fungsi yang berorientasi pada kegiatan teknis terkait instalasi perawatan pasien sakit, instalasi oba, instalasi gizi, dan instalasi umum. Juga fungsi yang lebih berorientasi pada kegiatan yang bersifat kuratif.(sior)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top