Geliat Waykanan

Tahun 2018, Pemkab Way Kanan Bangun Sembilan Ruas Jalan


 

Way Kanan, www.lampungmediaonline.com – Bertempat di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Way Kanan, Bupati H Raden Adipati Surya, S.H., M.M didampingi Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M menghadiri dan mengikuti Rapat Paripurna sekaligus menyampaikan Tiga Rancangan Peraturan Daerah Tahun 2018, Selasa (06/02/2018).

Menyampaikan sambutan tertulisnya,Raden Adipati Surya, pada kesempatan itu menyampaikan  bahwa prioritas Pemerintah Kabupaten Way Kanan adalah pembangunan infrastruktur sebagaimana diamandatkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Periode 2016-2021. Sebagai perwujudan amanat RPJMD Kabupaten Way Kanan, maka Pemerintah Daerah Kabupaten berinisiatif untuk melakukan peminjaman daerah sebesar Rp 100 Miliyar yang telah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Way Kanan Tahun Aanggaran 2018

.

“Dana pinjaman daerah tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan sembilan ruas jalan dan dua jembatan, yang merupakan prioritas daerah dalam rangka peningkatan aksebilitas dan akselasi perekonomian di Kabupaten Way Kanan”, Ujar Bupati Raden Adipati Surya.

Kesembilan ruas jalan tersebut adalah ruas jalan Negeri Besar – Negara Batin, ruas jalan Banjit – Kasui, ruas jalan Simpang Setia – Simpang Asam, ruas jalan ruas jalan Negeri Agung – Gedung Harapan, ruas jalan Negeri Baru – Simpang Tiga, ruas jalan Mesir Ilir – Gedung Harapan, ruas jalan Kayu Batu – Sukarame – Gedung Batin, ruas jalan Bandar Dalam batas Lampung Utara dan ruas Simpang Asam – Bandar Agung.

“Pinjaman tersebut juga akan dipakai untuk membangun jembatan Way Tahmi Kecamatan Rebang Tangkas yaitu Ruas Gunung Sari – Air Ringkih, dan jembatan Gantung Bumi Agung Cunar – Kampung Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung”, Ujar Bupati Raden Adipati.

Sumber dana pinjaman daerah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Way Kanan adalah dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang merupakan perusahaan pembiayaan infrastruktur, yang sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI. Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah mengajukan surat penawaran (itensi) untuk Pengajuan Pinjaman Daerah dan telah memperoleh Surat Penawaran Fasilitas Pembiayaan.

 

“Berdasarkan Ketentuan PP 30 Tahun 2011 paal 15 ayat (3), perlu adanya persetujuan DPRD yang tertuang dalam Peraturan Daerah tentang Pinjaman Daerah, karenanya Pinjaman yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Way Kanan merupakan Pinjaman Jangka Menengah karena melebihi jangka waktu satu tahun”, Lanjut Bupati 39 tahun itu.

Diketahui pada sidang paripurna tersebut merupakan Sidang Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Kampung dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Badan Permusyawaratan Kampung. Serta berdasarkan ketentuan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, dan Permendagri Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Kampung, maka perlu penyempurnaan terhadap Perda Kabupaten Way Kanan Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Kampung serta menindaklanjuti ketentuan Pasal 65 ayat (2) UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa, maka perlu dilakukan penyesuaian kembali terhadap Perda Kabupaten Way Kanan Nomor 2 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Kampung.

“Saya berharap, setelah Peraturan Daerah tersebut ditetapkan, akan dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Way Kanan ini”, ujar Raden Adipati pada Sidang Paripurna yang dipimpin  oleh Ketua DPRD, Nikman Karim,SH., serta dihadiri oleh  para Wakil Ketua, dan 30 anggota DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul,S.Sos.,M.I.P., anggota Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan para camat se-Kabupaten Way Kanan.(kmfwk)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top