Geliat Lambar

Parosil Pinta OPD Akomodir Aspirasi Masyarakat


Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus  menghadiri  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Dihalaman Kantor  Kecamatan Lumbok Seminung. Sementara, wakil bupati Mad Hasnurin membuka Musrenbang di kecamatan Balik Bukit Rabu(07/02).
Dalam kegiatan yang digelar setahun sekali itu, Bupati Lambar  berharap kepada masyarakat di masing-masing pekon agar menyampaikan aspirasinya yang menyangkut pembangunan di pekonnya, baik yang sudah, sedang maupun yang akan datang.“Khusus untuk aspirasi yang disampaikan untuk pembangunan ke depan, yang disampaikan itu agar benar-benar yang mendesak kebutuhannya, sehingga bisa dipertimbangkan oleh masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” harapnya.
Parosil meminta,kepada masing-masing OPD lingkup Pemkab, dalam mengakomodir aspirasi masyarakat di masing-masing kecamatan agar diperhatikan dengan jeli dan cermat. Pasalnya, apa yang disampaikan oleh masyarakat kepada peratin dan  disampaikannya lagi ke Camat, belum tentu pas dengan maksudnya. Sehingga OPD yang menerima aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui Camat pada agenda Musrenbang nanti harus dijelaskan lagi kepada Camat atau masyarakatnya. “Sehingga agenda Musrenbang ini benar-benar sinergi dalam merekrut aspirasi dimaksud,” jelasnya.
Maksudnya, jangan sampai nantinya ada aspirasi masyarakat yang benar-benar kebutuhannya mendesak, tapi justru terpangkas atau tidak diprioritaskan menjadi program di tahun mendatang, atau sebaliknya ada kegiatan atau program yang sebenarnya tidak menjadi kebutuhan, namun tiba-tiba diprogramkan untuk di tahun mendatang. Terkait dengan Musrenbang dimaksud menurutnya, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun perencanaan pembangunan secara rutin yang selalu di laksanakan setiap tahunnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut  Bupati Lambar Parosil Mabsus , Anggota DPRD Kabupaten Lambar, Forkopinda, Muspida, Kepala OPD, Camat, Peratin, Tokoh Masyarakat  Serta Masyarakat.
Sementara itu, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Tahun 2019 yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Balik Bukit dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lampung  Barat Mad Hasnurin.
Dalam sambutannya, Mad Hasnurin Mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan Di Kecamatan Balik Bukit ini merupakan forum perencanaan pembangunan yang wajib dilaksanakan setiap tahun oleh masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat ini.
tujuan utamanya adalah untuk menjaring dan menampung semua aspirasi, keinginan dan harapan masyarakat di pekon-pekon dan kelurahan mengenai program, pelaksanaan dan kebijaksanaan pembangunan yang akan dilakukan oleh kabupaten lampung barat.
Disamping itu Musrenbang tingkat pekon ini juga berfungsi sebagai forum penjaringan aspirasi masyarakat untuk menampung semua masukan masyarakat dan stake holder, mulai dari pemangku/lingkungan yang ada di setiap pekon,  akhirnya dibahas secara lebih mendalam pada forum musrenbang tingkat kecamatan pada hari ini. dalam forum ini akan  dihasilkan kesepakatan-kesepakatan berupa program yang sangat prioritas dan mendesak.
Kemudian bagi kebutuhan masyarakat yang selanjutnya disampaikan kepada Bupati Lambar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) oleh kecamatan untuk dibahas lagi pada Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (MUSRENBANGDA) Kabupaten Lambar.”saya perlu ingatkan sekali lagi kepada seluruh peserta MUSRENBANG ini, untuk dapat bekerja keras dengan ikhlas tak kenal lelah dan tak kenal berhenti, serta tak kenal batas dalam membangun daerahnya agar kecamatan balik bukit ini akan semakin maju,”ungkapnya.
pihaknya mengharapkan saudara-saudara tidak lupa juga mengedepankan pelayanan publik (public service) yang berorientasi pada kualitas, hasil dan dampak dari kegiatan yang direncanakan serta lebih responsif terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat secara umum.
Dalam  musrenbang ini harus banyak diskusi dan kita dengarkan usulan dari peratin yang masuk sehingga didapat mana yang prioritas seperti contohnya infrasruktur jalan, mengingat dana  yang terbatas, adapun   tujuan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di kecamatan pengabuan ialah untuk menyamakan persepsi yang mana skala prioritas dan yang mana yang cadangan.
Sementara itu Dalam laporannya Camat  Balik Bukit  Drs. Junaidi  mengatakan musrenbang ada beberapa usulan yang sudah masuk diantaranya ada yang prioritas dan ada cadangan dan yang paling banyak kita infrastruktur jalan.
Kami minta ke peratin usulan pembangunan pemerintah kabupaten yang sifatnya tidak bisa tercapai menggunakan dana desa, kalau yang bisa dicafer menggunakan dana desa tidak usah lagi dimasukkan ke usulan pemerintah kabupaten karena yang kewenangan desa dikerjakan Desa, ujar Camat sembari berkata, Musrenbang kita tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini kita menggunakan sistem aplikasi e- musrenbang.
Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin,didampingi Anggota DPRD Kabupaten Lambar, Beberapa Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Peratin Dan Masyarakat.(trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top