Geliat Pesisir Barat

Lamban Gedung Karya Kartadilaga Dibangun Kembali


Pesisir Barat, www.lampungmediaonline.com – Bupati Kabupaten Pesisir Barat Lampung Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. menghadiri  acara peletakan batu pertama pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat. Dalam kesempatan tersebut, peletakan batu pertama dilaksanakan secara simbolis oleh bupati Pesisir Barat Sabtu (24/2).

Menurut Agus Istiqlal, setiap daerah di Indonesia Memiliki Rumah Adat Yang Menjadi Ciri Khas Dan Kebanggaan Masyarakat Daerahnya. Tidak Terkecuali Di Kabupaten Pesisir Barat Ini, Dimana Rumah Adat Para Suntan Yang Disebut Sebagai Lamban Gedung Sebagai Pusat Bermulanya Tatanan Adat Yang Kemudian Dipakai Dan Diwujudkan Dalam Tradisi Masyarakat, Seperti Halnya Tatanan Semenjak Kelahiran, Keseharian, Hingga Kematian. Apabila Kita Umpamakan Seperti Tubuh Manusia, Maka Lamban Gedung Adalah Diumpamakan Sebagai Jantung Yang Memiliki Peranan Penting. Sedangkan Para Sai Batin Sebagai Empunya Diumpamakan Sebagai Jasad Yang Melaksanakan Aktifitas Didalam Suatu Kehidupan Masyarakat. Kemudian Masyarakat Pada Adat Sai Batin Merupakan Ruh Yang Selalu Menyatu Dengan Tatanan Adat Istiadat.

Mengingat Pentingnya Pelestarian Adat Dan Kebudayaan Daerah, Maka Lamban Gedung Tidak Hanya Sekedar Simbol Adat Atau Hanya Sebagai Tempat Bersemayamnya Pusaka-Pusaka Adat, Akan Tetapi Juga Sebagai Muara Penggerak Adat Itu Sendiri.

Agus juga Jelaskan, Bahwa Masyarakat Adat Lampung Bertumpu Pada 4 (Empat) Hal Yaitu: 1) Keberanian (Bani); 2) Kemapanan (Pawakh); 3) Memiliki Ilmu Pengetahuan (Nalom); 4) Mengedepankan Kebersamaan (Kemuakhian). 4 (Empat) Hal Tersebut Merupakan Pilar Utama Yang Dimiliki Oleh Masyarakat Sai Batin Dalam Menegakkan Lamban Gedung Yang Merupakan Kebanggaan Kita Bersama.

“Pada Kesempatan Ini Saya Atas Nama Pribadi Dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Menyampaikan Apresiasi Yang Setinggi-Tingginya Kepada Ketua Umum Panitia Pembangunan Dan Keluarga Besar Karya Kartadilaga Atas Terlaksananya Proses Pembangunan Kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Di Kecamatan Pulau Pisang Ini”, ujar bupati mantan jaksa itu.

Agus Berharap, Agar Lamban Gedung Yang Akan Segera Dibangun Agar Dapat Menjadi Tempat Untuk Melestarikan Adat Istiadat Dan Budaya Yang Merupakan Salah Satu Kekayaan Dan Yang Akan Menjadikan Pulau Pisang Ini Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Budaya Yang Ada Di Kabupaten Pesisir Barat.

Sekedar untuk diketahui, acara peletakan batu pertama pembangunan kembali rumah adatb tersebut dihadiri oleh Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang Suntan Hidayatullah Kartadilaga (Gelar Demung Tinggi Laksana X),

Ketua Umum Panitia Pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga

Dr. Drs. H. Reza Achmad Maulana Tanwir, Para Sesepuh Keluarga Besar Karya Kartadilaga, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator,  Pejabat Pengawas Dan Pelaksana Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat

Saudara Camat Pulau Pisang Beserta Jajaran, Para Peratin Dan Ketua Lhp Se-Kecamatan Pulau Pisang, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Pulau Pisang.(trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top