Geliat Tanggamus

Bupati Buka Musrenbang Kecamatan Kobar


Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Musawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)Tingkat Kecamatan Tahun 2018 Tanggamus berlangsung di Aula Kecamatan Kotaagung Barat, Rabu (7/2/2018).

Bupati Tanggamus Hi Samsul Hadi mengatakan, secara umum penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ditujukan untuk menampung aspirasi dan masukan kegiatan pembangunan dari masyarakat di tingkat wilayah, yang diselaraskan dengan rencana-rencana pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah daerah, baik yang bersifat sektoral maupun kewilayahan.

“Hasil Musrenbang Kecamatan ini dijadikan bahan penyusunan rencana kerja perangkat daerah (Renja-PD) yang merupakan tahapan awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kebijakan Umum APBD (KUA ) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Dimana mekanisme tersebut dilaksanakan dengan maksud untuk mengidentifikasi perkembangan kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ucapnya.

Dalam tataran nasional, saat ini, pemerintah pusat telah menetapkan rancangan tema RKP Tahun 2018 yaitu “Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Hal ini berlandaskan 3 Dimensi Pembangunan Kabinet Kerja dan Kondisi Perlu dari Strategi Pembangunan yang memuat sektor-sektor prioritas dalam Nawa Cita (Agenda Pembangunan Nasional-RPJMN 2015-2019).

“Di antaranya, Dimensi Pembangunan Manusia, Dimensi Pembangunan Sektor Unggulan, Dimensi Pembangunan Pemerataan dan kewilayahan,” jelasnya.

Selanjutnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas berani mengambil keputusan untuk memangkas prioritas nasional agar lebih fokus menjadi 5 prioritas nasional dengan menerapkan Money Follow Program yaitu.

– Pembangunan Manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

– Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.

– Peningakatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian industri dan jasa produktif.

– Pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air.

– Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilu.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Tanggamus Hi Hendra Wijaya Mega, anggota DPRD Irwandi Suralaga, Sekretaris Bappeda Doni Sengaji Berisang, Sekcam Kobar Yusef SE, para Kepala Pekon se-Kecamatan Kotaagung Barat, anggota BHP Pekon, Uspika, UPT Kotaagung Barat, dan Puskesma. (man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top