Geliat Waykanan

Bulan Februari Ini Musrenbang Way Kanan Targetkan Selesai


Way Kanan, www.lampungmediaonline.com – Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul,S.Sos.,M.I.P, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs.Achmad Gantha,LNg,M.M, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.Abu Kori, Asisten Bidang Pereonomian dan Pembangunan, Ir.Kussarwono.,M.T, memimpin rapat koordinasi persiapan musrenbang Kecamatan di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kamis (08/02/2018).

Menyampaikan arahannya, Saipul mengatakan bahwa semua Satuan Kerja Perangkat Daerah harus bekerjasama, bersinegi dan berperan aktif dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang akan dilaksanakan di tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2018.

Kepala SKPD yang bertugas dalam musrenbang harus ikut hadir dan pro aktif, bukan hanya hadir untuk menyelesaikan seremoninya saja tetapi datang membawa bahan-bahan musrenbang dan mengikuti kegiatan hingga selesai. Agar saat masyarakat ada pertanyaan dapat langsung dijawab dan diselesaikan secara bersama, Ujar Saipul.

Alumni Strata Dua Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung itu juga meminta agar pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan dapat terselesaikan bulan Februari, sehingga dapat menyelenggarakan musrenbang untuk tingkat selanjutnya pada jadwal yang telah direncanakan.

Dari jadwal yang telah diuraikan oleh Kepala Bappeda untuk musrenbang diminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah dapat bersinergi dengan baik sehingga dapat terselesaikan dengan tepat waktu, Ujar Saipul.

Selanjutnya, terkait dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI, Pria Kelahiran 26 Juli 1971 itu juga mengingatkan kembali kepada seluruh SKPD agar dapat bekerjasama membantu BPK RI selama pemeriksaan agar dapat terselesaikan dengan baik.

Berkas laporan pertanggung jawaban yang diminta oleh BPK guna pemeriksaan agar segera diberikan, dan jangan sampai mempersulit proses pemeriksaan, karena akan berdampak tidak baik bagi Kabupaten Way Kanan, Lanjut Saipul.

Pada kesempatan itu juga, Ayah dari tiga anak itu menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang berhasil memperoleh peringkat keenam.

Terima kasih dan selamat kepada Tim RKPD yang berhasil meraih peringkat keenam penyusunan RKPD semoga kedepan dapat ditingkatkan lagi hingga peringkat yang diharapkan, kemudian untuk SKPD dalam penyusunan Renstra jangan terkesan mengcopy paste kegiatan, agar fokus, sasaran dan target benar-benar mengarah kepada yang bersifat rasional, Ujar Saipul.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs.Rudi Joko Kurnianto,S.H dalam paparannya mengatakan bahwa sesuai dengan sesuai dengan agenda perencanaan Nasional bahwa Musrenbang tingkat Kampung dilaksanakan pada Bulan Januari, untuk Musrenbang tingkat Kecamatan dilaksanakan pada Bulan Februari, Musrenbang tingkat Kabupaten pada bulan Maret, Musrenbang tingkat Provinsi dilaksanakan pada Bulan April dan Musrenbang tingkat Nasional dilaksnakan pada Bulan Mei.

RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomi Daerah, prioritas pembangunan Daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis nasional serta pedoman penyusunan RKPD yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Ujar Rudi Joko.

Kepala Bappeda itu juga mengatakan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan sebagai refleksi atas apa yang sudah dicapai pada Satuan Kerja Perangkat Daerah dan rencana kedepan.

Untuk realisasi dan taget indokator pembangunan Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih perlu kerja keras, karena pada tahun 2016 dari target 65,56% realisasinya 65,74%, dan di tahun 2018 kita memiliki preyeksi 68,03% dari target 66,99% ditahun 2017, ujar Rudi Joko.

Selanjutnya yang masih masuk dalam kategori perlu kerja keras yaitu pada indikator pembangunan pertumbuhan ekonomi, Pendapatan Domestik Regional Bruto adhb, PDRB perkapita adhb, dan tingkat kemiskinan.

Memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan, analisis permasalahan dan isu pembangunan, mengacu pada tema Nasional dan tema Provinsi maka tema RKPD Kabupaten Way Kanan 2019 yaitu membangun keunggulan daerah dan sumber daya manusia yang didukung pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar.

Dengan memprioritaskan 6 pembangunan yaitu Revitalisasi Pertanian, Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Kualitas dan jangkauan insfrastruktur dasar, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, mewujudkan keamanan dan ketertiban yang kondusifn kerukunan hidup antar umat beragama, penanggulangan bencana dan menjaga kelestarian lingkungan hidup, Ujar Rudi Joko. (kmf/hadi)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top