Geliat Lamsel

Berikan Pelayanan Prima, Keberadaan Ambulans Puskesmas Katibung Sebagai Fasilitas Pusling

Keterangan Foto:Kegiatan jumat berkah oleh Puskemas Rawat Inap Katibung yang dilakukan sebelum dan sesudah sholat jumat di masjid.

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com-Bantuan mobil Ambulans di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan diharapkan bisa membantu untuk pelayanan masyarakat .

Dimana keberadaan ambulans sebagai fasilitas puskesmas keliling ini bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat secara gratis dan telah berjalan hingga saat ini.

Program Pemerintah Daerah yang canangkan oleh Bupati Lampung Selatan H.Zainudin Hasan ini diluncurkan pada bulan Maret tahun 2016 ,dimana pada saat itu di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)Kecamatan Katibung Bupati Zainudin secara simbolis memberi bantuan mobil Ambulans.

“Penggunaannya secara gratis untuk membantu masyarakat,tetapi kalaw kendaraan itu digunakan untuk menghantar jenazah ke luar kota,setidaknya membantu biaya ongkos dan biaya supir”ujar Zainudin kamis(03/03/2016) lalu.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT)Puskesmas Rawat Inap Katibung,Farida mengatakan,program bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan atas keberadaan ambulans sebagai fasilitas puskesmas keliling,sudah berjalan sesuai prosedur.

Dimana dalam penggunaan pelayanan ambulans ,pihak Puskesmas Rawat Inap dalam penggunaannya telah membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima.

“Warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan di puskesmas kami berikan pelayanan kesehatan yang prima,dengan menunjukan foto copy KTPP dan KK”kata Farida saat ditemui diruanganya,rabu(07/02/2018) kemarin.

Puskesmas Rawat Inap Katibung yang telah mengacu sebagai tempat rujukan pertama bagi kasus tertentu yang perlu dirujuk, dan telah mempunyai beberapa fungsi pokok, antara lain Fungsi sesuai dengan tugasnya yaitu pelayanan,pembinaan dan pengembangan, dengan penekanan pada fungsi pada kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan fungsi rehabilitative.

“kemudian Fungsi yang berorientasi pada kegiatan teknis terkait instalasi perawatan pasien sakit, instalasi oba, instalasi gizi, dan instalasi umum. Juga fungsi yang lebih berorientasi pada kegiatan yang bersifat kuratif”terangnya.

Sementara saat disinggung terkait pengaduan warga adanya pemungutan biaya Ambulans yang disampaikan warga di acara Musrenbang Kecamatan Katibung tahun 2018,senin (06/02/2018) di SMP N 1 Katibung Desa Tanjung Agung lalu.

Farida mengatakan,pihaknya telah menemui dan menayakan langsung kepada keluarga pasien guna mengklarifikasi hal itu.Dan dari penjelasan keluarga pasien terdapat kesalahpahaman.

“Kami sudah menemui dan menayakan kepada pihak keluarga,mereka mengakui telah memberikan sejumlah uang secara sukarela kepada petugas kami untuk membeli bensin”terangnya.

Kasmin (48) salah seorang warga Kecamatan Katibung mengaku pelayanan Puskesmas Rawat Inap Katibung mengaku pelayanan mobil ambulans yang ada di Puskesmas rawat inap Katibung telah melakukan pelayanan gratis kepada masyarakat.

“Keluarga kami pernah melakukan rujukan kerumah sakit di Bandar Lampung pada tahun 2017 ini, saat itu pihak keluarga menggunakan mobil ambulans puskesmas untuk rujuk,tidak ada biaya kok bang,sukarela saja sih bang”tuturnya. (Sior)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top