Ekonomi

458 Ha Lahan Sawah Desa Semuli Raya Siap Panen


Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com– Sebanyak 458 hektar lahan sawah tanaman padi di desa Semuli raya kecamatan Abung Semuli siap panen. Ditargetkan dalam sepuluh hari kedepan seluruh tanaman padi yang ada telah rampung dipanen. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Lampung Utara, Sofyan dalam acara panen raya di desa Semuli raya kecamatan Abung Semuli (14/2).

Turut hadir dalam acara tersebut​, beberapa perwira dari markas besar TNI-AD, Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Lampung, Bhakti, Dandim 0412, Letkol. Inf. R.D. Bahtiar Kurniawan, Kepala Dinas Katahana Pangan Lampura, Rendra Yusfie, perwakilan Bulog, BRI, Gapoktan dan beberapa PPL pertanian.

Untuk hari ini, kata dia, akan dilakukan pemanenan sebanyak 10 (sepuluh) hektar lahan persawahan dengan menggunakan alat canggih yakni Transplanter Combine. ” Sepuluh hari kedepan kita akan terus melakukan pemanenan dengan alat canggih (Transplanter combine) dimana dengan alat ini hasil bisa lebih cepat dengan hasil yang baik dibandingkan cara manual. Harga gabah ini lebih mahal Rp. 200 perkilo (Rp. 5000) dibanding cara manual dengan harga Rp.4800 perkilo.Tetapi hasilnya lebih bersih. Saat ini harga jual ke pabrik berkisar Rp. 10.300 hingga Rp. 10.500. sedangkan harga jual di warung mencapai Rp. 11.000 perkilo,” terang Sofyan.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, RJ. Siahaan yang hadir dalam panen raya tersebut menyatakan keinginannya untuk menjadikan Lampura sebagai salah satu Daerah percontohan lumbung padi. Menurut dia, Indonesia adalah negara yang dikarunia oleh Tuhan sebagai negara agraris yang subur. Oleh sebab itu hendaklah kekuatan pangan negara harus bertumpu pada pertanian. ” Pada perinsipnya petani kuat maka negara akan kuat. Oleh sebab itu perlu support dan kemitraan (BRI, Bulog, TNI dan lainnya) untuk selalu mendukung perkembangan dan kemajuan pertanian. Indonesia punya visi menargetkan menjadi negara lumbung pangan dunia pada tahun 2045 mendatang. Jadi dari sekarang kita fokus kesana,” ujar Siahaan.(Khoiril)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top