Geliat Waykanan

Pemda Way Kanan Gelar Operasi Pasar


Way Kanan, www.lampungmediaonline.com – Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan menggelar Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Pasar Rakyat Kilo Meter 02 Kecamatan Blambangan Umpu, Rabu (24/01/2018).

Dalam acara operasi pasar tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul,S.Sos.,M.I.P., mengatakan bahwa sejak terjadinya kenaikkan harga beras telah menjadi beban dan membuat masyarakat khususnya di Kabupaten Way Kanan menjadi resah. Untuk itu Pemerintah Daerah berupaya mengurangi keresahan masyarakat terkait dengan bahan pokok tersebut.

“ini merupakan jawaban dari Pemerintah Daerah atas kekhawatiran yang terjadi dimasyarakat sejak melonjaknya harga beras yang mencapai Rp13.000/Kg. Melalui operasi pasar ini semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat khususnya Kecamatan Blambangan Umpu dan utamanya adalah masyarakat kurang mampu”, Ujar Saipul.

Saipul juga mengatakan bahwa sekitar minggu depan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) sudah dapat dibagikan untuk 34.792 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Way Kanan.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Yunada Atik,S.E., Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah di Pasar Rakyat Kilo Meterr 02 merupakan yang kedua kalinya setelah operasi pasar di Kecamatan Baradatu sebelumnya.

“berdasarkan Surat Bupati tanggal 16 Januari 2018 maka diselenggarakanlah operasi pasar di Kecamatan Baradatu beberapa waktu lalu dan di Pasar Rakyat Kilo Meter 02 pada hari ini. Tujuan diselenggarakannya operasi pasar ini adalah karena melihat keresahan masyarakat terkait dengan melonjaknya harga beras sampai Rp 13.000/Kg”, ujar Yunada Atik.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, masih lanjut Yunada Atik, bahwa telah ditetapkan harga eceran beras tertinggi yaitu Rp 9.450,-/Kg, untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung melalui Pemerintah Daerah Kabupaten telah megambil keputusan agar masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Gubernur Lampung juga telah mengeluarkan kebijakan untuk harga beres di Provinsi Lampung yaitu Rp 8.500/Kg yang akan dilaksanakan selama Operasi Pasar berlangsung sampai tanggal 31 Maret 2018 mendatang, dengan kemasan 5 Kg seharga Rp42.500,- dan kemasan 15 Kg dengan harga Rp127.000,-”, lanjut Yunada Atik dalam Operasi Pasar yang juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Firdaus, S.E., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Ir.Kussarwono,M.T., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H.Bakhril,S.H.,M.M., Kepala Dinas Sosial, S.H.,M.M., unsur Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, unsur Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Kepala Bagian Administrasi dan Ekonomi, Andika Saputra,S.E.,M.M., Camat Blambangan Umpu, Yustian Umri Sangon,S.STP dan Lurah Blambangan Umpu, Sotri.(lis)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top