Geliat Lambar

Bupati Lambar Buka RPJMD 2017-2022

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Bappeda Lambar menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lampung Barat Tahun 2017-2022 , Di Aula Ratu Piekulun RSUD Alimuddin Umar Lambar Rabu 17/01.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lambar Parosil Mabsus, Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Hj. Elvira Umihanni,SP.MT., Asisten  Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Natadjudin Amran ,Staf Ahli Bupati, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung, Kepala OPD Lambar, Forkompinda,Muspida dan Camat, Pimpinan BUMN, BUMD dan Perbankan serta undangan lainya.

Dalam sambutanya Bupati Lambar sekaligus membuka kegiatan secara resmi menyampaikan selamat datang di Bumi Sekala Brak, Negeri Para Saibathin, surganya penikmat kopi, negeri berbudaya dan penuh kenangan Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Hj. Elvira Umihanni,SP.MT., beserta tim dari lembaga penelitian unila,  selaku tenaga ahli penyusun rancangan RPJMD Lambar 2017-2022.

Pertemuan ini sangatlah penting, karena bukan semata-mata memenuhi persyaratan teknis penyusunan rancangan RPJMD sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, akan tetapi inilah momentum untuk menyusun sinergitas, sinkronisasi dan menyempurnakan tujuan serta sasaran dari visi dan misi yang telah menjadi kompanye politik kami. Dengan demikian RPJMD dapat menjadi landasan konstitusional dan operasional bagi penyelenggaraan pembangunan daerah yang tepat sasaran, dapat dijadikan referensi pembangunan mulai dari tingkat kabupaten hingga ke pekon, dan dapat menjadi panduan didalam menyatukan langkah bersama yang harmonis, konsisten, dan berkesinambungan mewujudkan Lampung Barat Hebat dan sejahtera.

Selanjutnya pada kesempatan yang baik ini, tak bosan-bosannya kami sampaikan hakekat Lambar hebat itu, agar kita dapat terus memahami kenapa kita harus optimis untuk menjadi lebih hebat. hebat sumberdaya alamnya, hebat masyarakatnya, hebat tata kelola pemerintahan daerahnya, dengan nafas trisakti dan nawacita kita dengungkan semangat hebat yang terus bergema di tanah Lambar, menjadi hebat adalah berdaulat secara politik, menjadi hebat adalah mandiri secara ekonomi dan menjadi hebat adalah berkepribadian dalam kebudayaan. Ada tiga hal tujuan dari cita-cita kepemimpinan kami untuk kelak diwariskan dan diteruskan kepada para generasi muda Lampung Barat yaitu Lampung Barat sebagai kabupaten yang tangguh bencana, kabupaten literasi, dan kabupaten konservasi yang sejahtera.   

“Tentu saja ini harus bisa dibuktikan dengan ukuran-ukuran dan dipertanggungjawabkan diakhir periode kepemimpinan kami nantinya. karena saya yakin sebagus apapun konsep dan rencana yang disusun, kalaulah itu tidak bisa dijalankan, dan masyarakat tidak mendapat tempat dalam berpartisipasi serta berkontribusi, akanlah menjadi hal yang sia-sia, dan kita akan semakin sulit mencapai dan menikmati kemajuan tersebut”,Ujarnya.

Kemudian untuk menuju Lampung Barat Hebat dan sejahtera, kami telah merumuskan lima misi strategis, yang dituangkan kedalam tujuh program unggulan yang disebut sebagai pitu program, yang menjadi janji politis kepada segenap masyarakat Lampung Barat dan juga menjadi arah kepemimpinan kami dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan Lambar untuk kurun waktu 2017-2022.

“Melalui lima misi dan pitu program unggulan tersebut, saya Parosil Mabsus Selaku Bupati Lampung Barat Dan Mad Hasnurin Selaku Wakil Bupati Lampung beserta para organisasi perangkat daerah, dan jajaran dibawah saya, kiranya dapat membuktikan kepada masyarakat lampung barat bahwa  lampung barat hebat dan sejahtera itu  ditandai dengan terbangunnya infrastruktur yang layak, berkualitas dan berkeadilan, lestarinya kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat lampung baratterbentuknya pekon-pekon yang hebat dan tangguh terhadap bencana, tersedianya sumberdaya masyarakat yang sehat, cerdas, kreatif   dan    berdaya   saing,  terciptanya   akses pelayanan publik yang cepat, dan mudah, serta lampung barat harus menjadi tujuan destinasi wisata utama sekaligus produsen kopi robusta di propinsi lampung”,Ujarnya

Sementara itu dalam Laporan Ketua Panitia Ir. Okmal menyampaikan dasar Pelaksanaan Forum Konsultasi public dilaksanakan Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan daerah , tata cara Evaluasi Rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah daerah , serta Tata  cara Perubahan Rencana pembangunan Jangka panjang daerah , rencana Pembangunan Jangka menengah daerah dan rencana kerja pemda pasal 48 ayat 1 disebutkan bahwa ranncangan awal RPJMD di bahas dengan para pemangku kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik.

Selanjutnya tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJMD kabupaten Lambar 2017-2022. “ Narasumber kegiatan ini berasal dari  bappeda Prov Lampung dan Tim LPPM Unila dengan peserta sebanyak 150 orang yang berasal Anggota DPRD Lambar, Forkompinda, OPD,Camat Peratin,ORganisasi Wanita, BUMN , BUMD, Media Masa serta Stakeholder lainnya”, paparnya.(yuli)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top