Nasional

KPPIP APRESIASI GUBERNUR AWANG FAROEK DALAM MENGAWAL PROYEK JALAN TOL BALIKPAPAN – SAMARINDA


www.lampungmediaonline.com – Pengerjaan proyek jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) sepanjang 99 KM terus memperlihatkan kemajuan yang siginifikan. Ditarget selesai pada akhir Desember 2018, seluruh pihak bekerja keras dalam mewujudkan mimpi masyarakat Kalimantan Timur. Salah satu pihak yang sangat menampakan keseriusannya dalam mengawal pengerjaan proyek jalan tol adalah Gubernur Kalimatan Timur Awang Faroek.

Direktur Sektor Jalan dan Jembatan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Max Antameng sangat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang dinahkodai Gubernur Awang Faroek dalam menyelesaikan segala bentuk hambatan yang merintangi proses pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda.

Hal-hal ini yang menyebabkan kenapa Max memuji atensi Gubernur Awang selaku kepala daerah menjadi salah satu faktor kunci sukses pembangunan tol Balsam dapat selesai tepat pada waktunya. “Proyek tol ini tidak akan selesai tanpa model kepemimpinan champion seperti Pak Awang. Atasi masalah dan terus mengawal,” ujar Max saat ditemui di kantor KPPIP, Jakarta, Rabu (13/10/2017)

Lebih lanjut Max mengakui bahwa tol Balikpapan – Samarinda berbeda dengan tol lain yang juga masuk dalam list proyek prioritas. Menurutnya, Tol Balsam memiliki keunikan tersendiri. Pertama, pengadaan tanah dibiayai oleh pemerintah daerah. Kedua, pemerintah daerah ikut memberikan Dana Dukungan Tunai (VGF) melalui APBD, dimana ini tidak ditemui dalam proyek tol lainnya. Dan yang paling utama adalah peran Gubernur yang begitu luar biasa.

“Gubernurnya jadi penggerak, dan untuk menggerakan memang harus dari atas bukan dari bawah” tambah Max

Namun, hal tersebut bukan berarti pemimpin daerah lain tidak menaruh perhatian terhadap pembangunan yang ada di wilayahnya masing-masing. Max berharap semangat yang dimiliki oleh Gubernur Awang bisa menular ke daerah lain. Pemimpin daerah diharapkan untuk meninjau langsung progres proyek di lapangan. “Seperti arahan Presiden, jangan mudah percaya laporan bawahan. Dan kroscek ke lapangan selalu dilakukan Pak Awang.” Kata Max

Diinformasikan, sebelumnya KPPIP bersama stakeholders proyek Jalan Tol Balikpapan – Samarinda yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek meninjau langsung progress pengerjaan tol Balikapapan – Samarinda, Selasa (5/12/2017). Meskipun diguyur hujan deras, rombongan yang berjumlah 40 mobil tetap menyusuri ruas tol Balsam dengan kondisi jalanan licin dan terjal. Bahkan mobil yang ditumpangi oleh Gubernur Kaltim sempat terjebak lumpur saat memasuki tanjakan Seksi IV Tol Balikpapan-Samarinda. Mobil sempat terhenti selama 10 menit. Perjalanan dimulai sekitar pukul 09.00 WITA di Kota Samarinda dan berakhir pukul 18.00 WITA di Kota Balikpapan.

Diketahui, ruas tol ini akan menghubungkan dua kota besar di Kaltim, yakni Balikpapan dan Samarinda. Keberadaan jalan tol ini diharapkan bisa mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri berbasis kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian di kedua kota, selain di daerah yang dilalui oleh jalan tol. Keberadaan ruas tol ini diproyeksi akan meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top