Geliat Tanggamus

Bupati Tanggamus Mendapat Gelar Adat Dari Kerajaan Paksi Pak Skala Brak


Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I,menghadiri kegiatan Adat Angkon Muakhi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, pada hari Jumat tanggal 29 Desember 2017 sekira pukul 14.30 Wib, bertempat di Lapangan Merdeka Kecamatan Kota Agung Pusat.
Pemberin Gelar Kepada H. Samsul Hadi M.Pd.i (Bupati Tanggamus), Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.Ip (Dandim 0424/Tanggamus), Andi Wijaya, ST. MM (Sekda Kab Tanggamus), diakui sebagai saudara dimasukkan sebagai kerakat Dalom  Edward Syah Pernong  sebagai pembesar adat di Kab. Tanggamus.
Dalam sambutannya Bupati Tanggamus menyampaikan,Shalawat serta salam akan selalu senantiasa kita panjatkan ke junjungan kita Nabi Besar Muhammmad SAW yang memberikan Petuahnya sehingga kita termasuk ke dalam golongan orang yang beruntung.
Dalam kesempatan ini atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dan Masyarakat Tanggamus mengucapkan Selamat Datang kepada yang Mulia Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak yang dipertuan Ke-23 (Dua Puluh Tiga) Hadirin sekalian yang berbahagia.
Jika kita mengkaji dijaman sekarang ditengah tengah kehidupan yang dinamis tanpa disadari perkembangan adat istiadat selalu mengiringi kebudayaan melalui seangkonan bukan semata mata mengangkat persaudaraan dan pemberian gelar, akan tetapi hal tersebut untuk mencegah budaya-budaya asing yang akan mengganti budaya nusantara yang kita cintai, maka dengan semangat Seangkonan Muakhi akan membawa perubahan yang akan dilakukan generasi muda yang menjaga keberlangsungan adat istiadat secara terus menerus melekat pada kehidupan bermasyarakat. Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dari Iubuk yang paling dalam menghaturkan ucapan beribu-ribu terima kasih kepada Kerajaan Adat Paksi Pak Segala Berak yang berkenan hadir dan mengangkon Muakhi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Bumi Begawai Jejama, semoga dengan adanya acara Angkon Muakhi ini ikatan persaudaraan dan kekeluargaan antara Kerajaan Adat Paksi Pak Segala Berak dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus akan terjalin ikatan persaudaraan yang abadi dan tercatat menjadi saksi sejarah untuk anak  cucu kita kelak di kemudian hari.
Dilanjutkan sambutan dari Pangeran Edwar Syah Pernong yang dipertuan ke-23,beliau mengatakan bahwa,Hi. Samsul Hadi M.Pd.i (Bupati Tanggamus), Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.Ip (Dandim 0424/Tanggamus), Andi Wijaya, ST. MM (Sekda Kab Tanggamus), diakui sebagai saudara dimasukkan sebagai kerakat Dalom  Edward Syah Pernong  sebagai pembesar adat.
Di Tanggamus dulu ada 13 Kebandaran dan ditahun 1926 muncul 4 kemargaan yang berasal dari Skala Brak, dan ada juga kesumbayan-kesumbayan dengan pergeseran pergeseran perubahan masyarakat yang semuanya kristal.
Turut Hadir.  Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Brak yang dipertuan ke-23, H. Syamsul Hadi M.Pd.I (Bupati Kab. Tanggamus) Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.Ip. (Dandim 0424/Tanggamus), Akbp Alfis Suhaili diwakili Akp S. Lubis (Kapolsek Kotaagung),Andi Wijaya,ST.MM (Sekda Kab.Tanggamus), H.Burdani,SH (Staf Ahli Bupati), Drs,Hamid H.Lubis,M.Si, (Staf Ahli Bupati), Drs,Hi.Firman (Asisten I), Paksi Marga,SE (Asisten II), Robin Sadek,S.STP (Kabag Tata Pemerintahan) Nuripin,S.Sos, MM (Kabag Hukum), Para Camat se Kab.Tanggamus Tokoh Adat Kepaksian, Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat,  dan Tokoh Pemuda se Kab. Tanggamus, tamu undangan lebih kurang 400 orang.
Kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar dan selesai sekira pukul 17.00 WIB.(man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top