Advetorial

Nanda Indira Dendi:Posyantek Salah Satu Pendorong Perubahan Ekonomi Maupun Sosial Budaya Masyarakat

Pesawaran.www.lampungmediaonline.com-Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ny.Nanda Indira Dendi SE hadiri Acara Pelatihan Kader Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEK) Kabupaten Pesawaran Tahun 2017,rabu (29/11/2017).

 

Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) adalah lembaga kemasyarakatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).
Dalam acara tersebut,Ny Nanda Indira Dendi menyampaikan,Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) ini merupakan salah satu faktor pendorong perubahan baik perubahan dibidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat.

 

Oleh karena itu,Salah satu upaya memperkuat pemberdayaan TTG yaitu melalui pemberian keterampilan dan kapasitas kelompok perempuan yang terorganisir dalam Tim Penggerak PKK di setiap tingkatannya.

 

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga.

 

Menurut Nanda,dirinya menjelaskan,bahwa PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

 

“Perlu saya sampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran berkomitmen untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat Desa agar memiliki pemahaman, kesadaran dan kreatifitas penggunaan sumber daya lokal dalam meningkatkan kualitas hidup dengan dikembangkannya pemanfaatan TTG”paparnya.
Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat memiliki kemampuan dalam mengorganisasi para pegiat TTG untuk mengelola kelembagaan TTG secara baik sehingga berhasil menggali ragam potensi TTG, meningkatkan implementasi TTG serta menyebarluaskannya kepada masyarakat.

 
Diungkapkan Nanda,Untuk mencapai kualitas pemberdayaan TTG di Kabupaten Pesawaran, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan fokus melakukan Peningkatan kapasitas keterampilan bagi Peminat, Pemerhati, dan Pelaku TTG,Peningkatan pemahaman peran mendasar Perempuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui TTG,Peningkatan pembinaan Kelompok TTG,Memperkuat koordinasi dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD),Memperkuat kerjasama pembinaan dan peningkatan kualitas serta kapasitas pemanfaatan TTG dengan Perguruan Tinggi.
” Untuk itulah kegiatan Pelatihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG yang dilaksanakan berdasarkan prinsip Meningkatkan usaha ekonomi,Mengembangkan kewirausahaan, Memberikan manfaat secara berkelanjutan; dan sederhana”terang Nanda.
Dirinya pun berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti Pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan menjadi modal penting dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat.(Sior/hidar)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top