Advetorial

Pendamping PKH merupakan pioner ,dalam menentukan keberhasilan program PKH.

Lampung Selatan,www.lampungmediaonline.com-Program Keluarga Harapan (PKH) Merupakan salah satu dari program Kementerian Sosial yang memberikan Bantuan Tunai Bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta PKH. Proses untuk mencapai tujuan dari program keluarga harapan tidak lepas dari pelaksana dilapangan khususnya Pendamping PKH.

Pendamping PKH merupakan pioner yang berperan penting dalam menentukan keberhasilan program PKH. selain memiliki tugas pokok dan fungsi berdasarkan surat ketetapan, pendamping juga memiliki Kekuatan Moral (moral force) untuk menjalankan tanggungjawabnya dalam mengentaskan kemiskinan bagi KPM peserta PKH.

Hal itu disampaikan oleh Korkab PKH Lampung Selatan,saat berkunjung ke kantor Lampung Media beberapa waktu lalu, Menurut Darsudin Selaku Korkab PKH , menjelaskan Pendamping sebagai agent perubahan mampu kemudian  meciptakan perubahan perspektif KPM menuju kemandirian hidup yang lebih elegant. Sebab Tujuan utama dari PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.

Diantaranya  meningkatkan kondisi sosial ekonomi KPM,  meningkatkan taraf pendidikan anak-anak KPM, Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun dari KPMdan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi KPM.

“ Pertemuan kelompok yang dijalankan secara rutin oleh pendamping disetiap bulannya merupakan tupoksi yang terus harus memilik dampak potensial, dan hal itu sudah kita lakukan di 17 Kecamatan di Lampung Selatan” Ujar Darsudin.

Pemanfaatan celah dari pertemuan kelompok ini dikemas dengan sebuah kegiatan yang disebut Familly Development Session (FDS). FDS adalah proses pembelajaran dengan menyampaikan dan membahas informasi praktis dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

“ kegiatan FDS ini dilaksanakan oleh pendamping masing-masing kecamatan bekerja sama dengan pemerintah Desa dan dilaksanakan dalam bentuk pertemuan kelompok di setiap” Kata Darsudin.

Yang bertujuan bermanfaat bagi orang sekitar terutama bagi KPM peserta PKH adalah sebuah mahzab penting yang dianut oleh para pendamping PKH Kabupaten Lampung Selatan. (zul/sior)

 

 

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top