Nasional

Begini Kemeriahan HUT RI di Kroasia

Kroasia, www.lampungmediaonline.com Meskipun jauh dari tanah air, masyarakat Indonesia yang bermukim di Kroasia masih bisa menikmati meriahnya Peringatan HUT Ke-72 Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Keduataan Besar Republik Indonesia di Zagreb, Kroasia.

Staf KBRI Zagreb, Arie Fitria mengabarkan dari Zagreb, Jumat (18/8), KBRI Zagreb menyelenggarakan berbagai perlombaan yang berlangsung selama sepekan, sejak Sabtu (12/8) hingga Kamis (17/8) yang diikuti oleh ratusan peserta dari WNI, warga Kroasia dan sejumlah pegawai kedutaan negara sahabat di kota itu.

Lomba atau permainan tradisional yang diadakan pun tidak jauh beda dengan kebiasaan di tanah air, seperti lomba balap karung, balap kelereng, makan donat, musical chairs, memasukan paku dalam botol,serta didukung dengan newspaper stand, baloon dance, berbagai hiasan dan anjang-panjangan, gunting & kertas, sponge & botol dan lomba tari Maumere serta Poco-poco.

Menjelang Peringatan HUT RI di Jarun Park, Kota Zagreb, diadakan perlombaan 12 permainan tradisional yang dikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari para warga Indonesia Di Kroasia, para sahabat staff KBRI Zagreb serta puluhan anak-anak mereka.

Gelak tawa para penonton pun pecah menyaksikan wajah para peserta lomba makan donat berlapis coklat yang membuat peserta celemongan dengan cokelat. Begitu juga dengan melihat para peserta yang terguling-guling mengikuti lomba balap karung.

Riuh tawa para peserta lomba dan hebohnya supporter menarik antusiasme warga Kroasia yang kebetulan sedang bersantai di Jarun Park Zagreb. Sebagian dari mereka “kesetrum” untuk ikut mencoba Tari Maumere dan Poco-poco yang hanya ada di tanah air.

Kegembiraan perlombaan semakin lengkap dengan total hadiah yang dibagikan senilai 25.000 Kuna atau sekitar Rp50 juta. Para peserta harap-harap cemas ketika pengundian doorprice sumbangan dari sponsor berupa dua voucer menginap di Hotel Sahid Indonesia.

Fungsi Sosbud KBRI Zagreb, Marisa, berharap tahun depan dapat memberikan hadiah juga berupa tiket pesawat Zagreb-Jakarta pulang-pergi (PP) yang disambut tepuk tangan meriah para peserta.

Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kroasia, Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP, dalam sambutannya saat upacara menyampaikan bahwa peringatan HUT RI adalah untuk mengenang bagaimana para pejuang telah mengorbankan jiwa raga dan harta mereka untuk mencapai kemerdekaan. Kemudian tugas kita kini untuk mengisi kemerdekaan tersebut, diantara dengan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Warga Indonesia yang ada di luar negeri, khususnya Kroasia memainkan peran penting Dalam menjaga NKRI yakni sebagai duta bangsa. Berada digaris depan yang berhubungan langsung dengan warga Kroasia, WNI dan KBRI menjadi cermin bagaimana Indonesia. Inilah yang akan menarik simpati orang Kroasia untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia.

“Dukungan dari negara sahabat termasuk Kroasia menjadi salah satu modal penting bagi politik luar negeri Indonesia,” jelasnya.


Kemudian, mengambil pelajaran dari Yugoslavia yang pecah menjadi 6 negara diantaranya Kroasia, Sjachroedin ZP juga berpesan agar warga Indonesia tidak terpancing oleh isu-isu yang berpotensi merusak nilai-nilai toleransi dalam keaneka ragaman budaya Indonesia.

Pada peringatan HUT RI itu, Sjachroedin ZP juga memberikan contoh dengan kebebasan warga dalam menggunakan pakaian adat sebagaimana ditujukan oleh Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat dari Sumatera Barat.

Acara peringatan HUT RI Di KBRI Zagreb ditutup dengan peniupan lilin berangka 72 diatas tumpeng yang disiapkan untuk makan siang. Hadirnya warga Indonesia pada upacara detik2 proklamasi menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan pada tanah air tidak luntur meskipun mereka telah bermukim di luar negeri.

Yudhistira, yang telah lebih dari 36 Tahun tinggal Di New York, USA, sengaja menyempatkan diri datang ke KBRI Zagreb untuk ikut upacara disela-sela kunjungannya ke Kroasia. Demikian juga dengan Dian dan Nancy beserta WNI lainnya yang menempuh jarak 700 Km dari kota tempat tinggal mereka Di Kota Dubrovnik dan Zadar untuk menghadiri upacara.

Rasa Kangen dengan Indonesia dan kebanggaan sebagai warga Indonesia menjadi motivasi untuk menghadiri upacara Di KBRI. “KBRI Zagreb menjadi rumah Indonesia bagi kami” ungkap Nancy. (lis)

Berita Terpopuler

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top